Pengaruh Strategi Digital Marketing Tiktok Terhadap Peningkatan Penjualan Produk Yamara Fashion
DOI:
https://doi.org/10.54914/jit.v11i2.2699Kata Kunci:
Digital Marketing, Fashion, Peningkatan Penjualan, TikTok, Toko YamaraAbstrak
TikTok telah menjadi platform utama dalam strategi pemasaran digital berkat konten video pendek yang interaktif dan algoritma distribusi berbasis preferensi pengguna. Di Indonesia, pengguna TikTok mencapai 157,6 juta per Juli 2024, menjadikannya platform dengan pertumbuhan tercepat di Asia Tenggara dan potensial tinggi untuk meningkatkan visibilitas serta penjualan produk fashion. Toko Yamara, pelaku usaha lokal yang memasarkan pakaian sejak 2020, aktif memanfaatkan TikTok, namun fluktuasi penjualan dari April hingga Agustus 2024 menunjukkan inkonsistensi strategi pemasaran. Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh strategi digital marketing melalui TikTok terhadap peningkatan penjualan di Toko Yamara, dengan fokus pada indikator accessibility, interactivity, entertainment, dan informativeness, serta metrik engagement rate (likes, comments, shares, saves) yang mencerminkan keterlibatan audiens. Dengan menerapkan pendekatan kuantitatif eksplanatif, penelitian ini melibatkan 116 responden konsumen yang terpapar konten TikTok Toko Yamara dan dipilih melalui purposive sampling. Data didapatkan via kuesioner skala Likert dan dianalisis dengan uji validitas, reliabilitas, regresi linier sederhana, uji t, serta koefisien determinasi. Hasil menunjukkan pengaruh signifikan strategi digital marketing TikTok terhadap peningkatan penjualan, dengan koefisien determinasi 49,6%. Temuan ini merekomendasikan optimalisasi konten informatif dan menarik bagi pelaku usaha, guna memperkuat promosi berbasis media sosial dan mendukung keputusan pembelian konsumen secara empiris.
Unduhan
Referensi
R. A. Ananda and D. Husrizalsyah, “Penerapan Content Marketing Melalui Social Media Tiktok Pada UMKM MAECHA . ID,” J. Stud. Islam dan Hum., vol. 5, no. 2, pp. 219–237, 2025, doi: //doi.org/10.37680/almikraj.v5i2.6768.
P. A. Cahyani Gita, “Pengaruh Konten Marketing Media Sosial Tiktok terhadap Keputusan Pembelian Produk Masker Camille Beauty (Studi Kasus Pada Konsumen Camille Beauty di Kota Bandung),” J. Mirai Manag., vol. 08, no. 01, pp. 495–501, 2023, [Online]. Available: https://ejournal.insuriponorogo.ac.id/
M. Santosa and Z. Vanel, “Strategi Digital Marketing Mg Setos Hotel Semarang Dalam Meningkatkan Revenue Di Masa Pandemi,” J. Penelit. dan Pengemb. Sains dan Hum., vol. 6, no. 2, pp. 234–242, 2022, doi: 10.23887/jppsh.v6i2.50088.
G. A. Setiawan, A. C. Nugroho, and B. Harnadi, “Digital Marketing Effectiveness Through Social Media (Facebook, TikTok, Instagram) Against Te Boo Boo,” J. Bus. Technol., vol. 3, no. 3, pp. 136–142, 2023, doi: 10.24167/jbt.v3i3.11242.
H. Harizahayu, K. Hermanto, and R. Ratna Yuniarti, “Analisis Viral Marketing Pada Online Customer Terhadap Minat Pembelian Melalui Tiktok Shop dengan Regresi Linier Sederhana,” J. Sains Mat. dan Stat., vol. 9, no. 2, p. 31, 2023, doi: 10.24014/jsms.v9i2.20652.
F. R. M. Simanjuntak, A. Safirah, U. Rahma, and W. Wafi, “Pengaruh Konten Marketing Tiktok Grab Indonesia terhadap Customer Engagement Mahasiswa Universitas Sumatera Utara Cantaka : Jurnal Ilmu Ekonomi dan Manajemen,” J. Ilmu Ekon. dan Manaj., vol. 2, pp. 114–125, 2024.
P. Tanoyo, S. Sumardjijati, and R. P. Tutiasri, “Hubungan Digital Story Telling dengan Perilaku Impulsive Buying Remaja,” JIIP - J. Ilm. Ilmu Pendidik., vol. 6, no. 8, pp. 5668–5676, 2023, doi: 10.54371/jiip.v6i8.2557.
H. Humairoh, N. Febriani, and M. Annas, “Determinasi Minat Beli Ulang Konsumen Pada Aplikasi Tiktok,” Dyn. Manag. J., vol. 7, no. 1, pp. 71–88, 2023, doi: 10.31000/dmj.v7i1.7440.
A. Viona, E. Susanti, S. Hanifa, T. Ibnu Ridho, and F. Ayu Nofirda, “Analisis Pengaruh Penggunaan Tiktok Shop terhadap Peningkatan Omset Penjualan UMKM di Pekanbaru,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 7, no. 3, pp. 31021–31029, 2023.
I. H. Ramadhan, R. Priatama, A. Akalili, F. Kulau, and -Az Zhuaida, “Analisis Teknik Digital Marketing pada Aplikasi Tiktok (Studi Kasus Akun Tiktok @jogjafoodhunterofficial),” Socia J. Ilmu-ilmu Sos., vol. 18, no. 1, pp. 49–60, 2021.
F. Nada, A. Ramadhayanti, and U. Masahere, “Pengaruh Content Marketing dan Live Shopping terhadap Keputusan Pembelian Produk Fashion pada Pengguna Tiktok Shop,” J. Ekon. Bisnis Antart., vol. 1, no. 1, pp. 9–16, 2023.
K. Trenggalek and M. Perwitasari, “Pengaruh Pemasaran Media TikTok terhadap Purchase Intention Produk Fashion Shopee (Studi Kasus pada Pegawai Dinas Pendidikan , Pemuda dan Olahraga, Kabupaten Trenggalek),” J. Mhs. Manajemen, Bisnis, Entrep., vol. 2, no. 2, pp. 23–39, 2023.
F. N. Annisa and N. Apriyana, “Pengaruh Fitur TikTok Affiliate terhadap Pembelian Impulsif pada Produk Fast Fashion,” J. Bisnis Mhs., vol. 5, no. 2, 2025, doi: https://doi.org/10.60036/jbm.598.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Fadila Adelia Putri Santosa, Nurul Janah, Laisa Nurin Mentari

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.









