Pengaruh Sales Promotion dan Live Streaming terhadap Impulse Buying: Studi Kasus Produk Febtatto di Shopee
DOI:
https://doi.org/10.54914/jit.v11i1.1772Kata Kunci:
Sales Promotion, Live Streaming, Impulse Buying, SOR, E-commerceAbstrak
Perkembangan teknologi membuat belanja online semakin populer di Indonesia. Shopee, sebagai salah satu platform belanja online terbesar, terus mencari cara untuk menarik pembeli dengan menggunakan sales promotion dan live streaming. Penelitian ini menganalisis efektivitas strategi tersebut melalui studi kasus pada merek Febtatto, menggunakan model Stimulus-Organism-Response (SOR) untuk memahami mekanisme psikologis di balik perilaku impulse buying. Dengan pendekatan kuantitatif, data dikumpulkan dari 100 pelanggan Febtatto di Shopee menggunakan survei daring dan dianalisis dengan teknik PLS-SEM. Hasil menunjukkan bahwa sales promotion (β = 0.39) dan live streaming (β = 0.312) secara signifikan memengaruhi impulse buying (p < 0.05). Live streaming terbukti menjadi stimulus yang lebih kuat dalam mendorong respons Impulse Buying dibandingkan sales promotion. Temuan ini memberikan wawasan berharga bagi pelaku bisnis dalam mengoptimalkan strategi pemasaran digital, khususnya dalam mengintegrasikan elemen interaktif seperti live streaming dengan sales promotion untuk meningkatkan efektivitas penjualan.
Unduhan
Referensi
[1] Riska Anggraeni and I. E. Maulani, “Pengaruh Teknologi Informasi Terhadap Perkembangan Bisnis Modern,” Jurnal Sosial dan Teknologi (SOSTECH), vol. 3, no. 2, 2023.
[2] Nisaputra R., “Nilai transaksi e-commerce Indonesia diperkirakan capai US$137,5 miliar pada 2025,” Databoks Katadata. Accessed: Sep. 25, 2024. [Online]. Available: https://databoks.katadata.co.id/statistik/578053fb8bceef8/nilai-transaksi-e-commerce-indonesia-diperkirakan-capai-us1375-miliar-pada-2025
[3] A. Ahdiat, “5 E-Commerce dengan Pengunjung Terbanyak Sepanjang 2023,” Databoks Katadata. Accessed: Sep. 25, 2024. [Online]. Available: https://databoks.katadata.co.id/infografik/2024/01/15/5-e-commerce-dengan-pengunjung-terbanyak-sepanjang-2023
[4] I. P. Sukma and S. Siregar, “Pengaruh Sales Promotion dan Live Streaming ShoppingTerhadapImpulse Buying (Studi Pada Generasi Z Pengguna Shopee di Kabupaten Bekasi),” Innovative: Journal Of Social Science Research, vol. 4, pp. 11426–11439, 2024.
[5] V. Hochreiter, C. Benedetto, and M. Loesch, “The Stimulus-Organism-Response (S-O-R) Paradigm as a Guiding Principle in Environmental Psychology: Comparison of its Usage in Consumer Behavior and Organizational Culture and Leadership Theory 1,” Journal of Entrepreneurship and Business Development, vol. 3, no. 1, pp. 7–16, 2023, doi: 10.18775/jebd.2806-8661.2021.31.5001.
[6] M. Apif, “Strategi Pemasaran Melalui Media Sosial dan E-Commerce Serta Perilaku Generasi Z dalam Pembelian Produk Skincare,” Jul. 2024. [Online]. Available: https://www.researchgate.net/publication/382523809
[7] E. S. Sulistiyawati and A. Widayani, “Marketplace Shopee Sebagai Media Promosi Penjualan UMKM di Kota Blitar,” Jurnal Pemasaran Kompetitif, vol. 4, no. 1, p. 133, Oct. 2020, doi: 10.32493/jpkpk.v4i1.7087.
[8] J. Bisnis Kolega, W. Julitawaty, F. Willy, D. Thomas, and S. Goh, “Pengaruh Personal Selling dan Promosi Penjualan Terhadap Efektivitas Penjualan Ban Sepeda Motor PT. Mega Anugrah Mandiri,” vol. 6, no. 1, 2020.
[9] S. Primadewi, W. Fitriasari, K. Adhysti, J. Sosial, and D. Teknologi, “Analisis Faktor yang Mempengaruhi Pembelian Impuls Pada Live Streaming E-Commerce Berdasarkan S-O-R (Stimulus-Organism-Response) Framework,” vol. 2, no. 10, 2022.
[10] A. R. Putranto and G. C. Nirmala, “The Influence of Brand Personification Mascot, Ad Engagement, and Attitude Toward Brand Mediated by Positive Emotion and Their Influence on Purchase Intention at Tiket.Com,” Formosa Journal of Applied Sciences, vol. 3, no. 1, pp. 141–160, Jan. 2024, doi: 10.55927/fjas.v3i1.7679.
[11] N. T. Wulandari and A. E. Prihatini, “Pengaruh Emosi Positif dan Promosi Penjualan Terhadap Perilaku Pembelian Impulsif pada Konsumen Shopee (Studi Kasus pada Mahasiswa Universitas Diponegoro),” Jurnal Ilmu Administrasi Bisnis, vol. 11, 2022.
[12] D. Andina Wulandari and P. Edastama, “Pengaruh Gratis Ongkir, Flash Sale, dan Cashback atas Pembelian Impulsif yang Dimediasi Emosi Positif.”
[13] A. Wongkitrungrueng and N. Assarut, “The role of live streaming in building consumer trust and engagement with social commerce sellers,” J Bus Res, vol. 117, pp. 543–556, 2020, doi: https://doi.org/10.1016/j.jbusres.2018.08.032.
[14] L. F. Lina and L. Ahluwalia, “Customers’ impulse buying in social commerce: The role of flow experience in personalized advertising,” Jurnal Manajemen Maranatha, vol. 21, no. 1, pp. 1–8, Nov. 2021, doi: 10.28932/jmm.v21i1.3837.
[15] N. Rahmawati, “Pengaruh Customer Experience Terhadap Electronic Word of Mouth dengan Brand Image sebagai Variabel Intervening,” 2024.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Mega Agustin Azzahra, Salman Fathy Shiroth, Edi Wibowo

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.