Pengaruh Iklan Shopee terhadap Keputusan Pembelian di Toko Obayito Group

Penulis

  • Devi Amalia STT Terpadu Nurul Fikri
  • Ishom Muhammad Dherem STT Terpadu Nurul Fikri

DOI:

https://doi.org/10.54914/jit.v10i2.1434

Kata Kunci:

Keputusan Pembelian, Pemasaran, Promosi Produk, Shopee Ads, Toko Obayito Group

Abstrak

Jurnal ini membahas tentang pengaruh iklan Shopee terhadap keputusan pembelian di Toko Obayito Group. Sebagai layanan periklanan digital yang disediakan oleh Shopee, Iklan Shopee memungkinkan penjual untuk mempromosikan produk mereka kepada calon pembeli. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan analisis data sekunder berdasarkan data penjualan Toko Obayito Group sebelum dan sesudah implementasi Shopee Ads. Penelitian ini menyajikan hasil yang menunjukkan bahwa Shopee Ads memiliki dampak positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian, kepercayaan konsumen, dan loyalitas konsumen di Toko Obayito Group. Analisis data menunjukkan bahwa konsumen yang terpapar Shopee Ads lebih cenderung melakukan pembelian, memiliki tingkat kepercayaan yang lebih tinggi terhadap toko, dan menunjukkan kecenderungan untuk tetap setia berbelanja di Toko Obayito Group. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa Shopee Ads bukan hanya efektif dalam meningkatkan penjualan, tetapi juga berperan penting dalam membangun kredibilitas dan reputasi toko, serta meningkatkan loyalitas pelanggan. Implikasi dari penelitian ini memberikan saran praktis bagi Toko Obayito Group untuk mengoptimalkan kampanye iklan Shopee Ads, sementara Shopee dapat terus meningkatkan platform Ads-nya untuk memberikan layanan yang lebih baik kepada penjual. Dengan demikian, Shopee Ads muncul sebagai alat pemasaran yang strategis untuk mencapai tujuan pemasaran Toko Obayito Group.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

[1] E. N. Satiti, “Pengaruh Media Sosial Dan Teknologi Sebagai Strategi Pemasaran Yang Efektif Dalam Menarik Minat Wisatawan Pantai Nglambor Gunung Kidul,” Pap. Knowl. . Towar. a Media Hist. Doc., pp. 12–26, 2018.

[2] M. R. Nazar, A. T. Oloando, M. A. Putri, C. Berri, and M. Tazkia, “Pengaruh Perkembangan Teknologi terhadap E-Commerce,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 7, no. 1, pp. 1817–1823, 2023, [Online]. Available: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/5492/4603.

[3] D. Y. P. Widodo and H. Prasetyani, “Pengunaan Shopee sebagai media promosi untuk meningkatkan daya jual produk sebagai narahubung sosial marketing,” J. Syst. Inf. Technol. Electron. Eng., vol. 2, no. 2, pp. 12–17, 2022, [Online]. Available: http://e-journal.ivet.ac.id/index.php/jsitee.

[4] D. Munandar, Digital Marketing. Surabaya: Cipta Media Nusantara, 2022.

[5] K. Anggraini and A. Widodo, “Peran Teknologi Komunikasi Dalam Pemasaran Produk Perbankan Pada Konsumen Di Pt Dwi Cermat Indonesia Jakarta,” J. Sekr. Adm., vol. 18, no. 1, pp. 59–72, 2020, [Online]. Available: https://journal.budiluhur.ac.id/index.php/serasi/article/view/1046.

[6] H. N. Fatimah and A. Nurtantiono, “Pengaruh Citra Merek, Promosi, Harga, dan Kualitas Pelayanan Terhadap Keputusan Pembelian (Pengguna Aplikasi Shopee),” J. Sinar Manaj., vol. 9, no. 1, pp. 106–113, 2022, doi: 10.56338/jsm.v9i1.2330.

[7] G. P. Riyanto and W. K. Pertiwi, “6 Marketplace Terbesar di Indonesia Tahun 2022, Shopee Teratas,” Kompas.com, 2023. https://tekno.kompas.com/read/2023/06/16/19300027/6-marketplace-terbesar-di-indonesia-tahun-2022-shopee-teratas.

[8] Shopee, “Pusat Edukasi Penjual,” Shopee, 2023. .

[9] M. R. Olii, M. H. Pratiknjo, and J. N. Matheosz, “Online Shop Sebagai Alternatif Berbelanja Masyarakat Kota Manado,” J. Holistik, vol. 13, no. 4, pp. 1–18, 2020.

[10] A. Putri, A. Pebriani, M. J. Rumi, and J. H. Siregar, “Pemaanfaatan Aplikasi Toko Online Terhadap Kebutuhan Konsumen Selama Pandemi Covid-19,” Semin. Nas. Pengabdi. Masy. LPPM UMJ, pp. 1–8, 2021, [Online]. Available: http://jurnal.umj.ac.id/index.php/semnaskat.

[11] Z. A. Zahra, A. Yudistira, and N. F. Alvan, “Literature Review: Peran Tujuan Perusahaan, Struktur Organisasi Perusahaan, Dan Hukum Bisnis Dalam Aktivitas Perusahaan Sebagai Organisasi Bisnis,” J. Pijar, vol. 1, no. 2, pp. 266–274, 2023.

[12] D. Pratiwi, N. Ellyawati, and I. Permatasari, “Strategi Pemasaran Digital Pada Usaha Fanny’S Food Samarinda Tahun 2021,” Educ. Stud. Conf. Ser., vol. 2, no. 1, pp. 112–124, 2022, doi: 10.30872/escs.v2i1.1204.

[13] N. S. Jatmiko, “Strategi Pemasaran Ideal di Era Digital untuk Meningkatkan Penjualan Produk UMKM,” Plakat J. Pelayanan Kpd. Masy., vol. 4, no. 2, p. 253, 2022, doi: 10.30872/plakat.v4i2.8955.

[14] S. Haryanti, B. Mursito, and Sudarwati, “Analisis Strategi Pemasaran Digital untuk Meningkatkan Penjualan Produk Batik Pada PT. Danar Hadi Surakarta,” J. STIE ASS, pp. 144–151, 2019.

[15] P. Corrot and A. Nussenbaum, The Online Marketplace Advantage: Sell More, Scale Faster, and Create a World-Class Digital Customer Experience. United Kingdom: Wiley, 2023.

[16] R. G. Ratu and C. Gunawan, “the Effect of Emotional Advertising and Environment Advertising on Purchase Decision At Shopee Marketplace,” Arika, vol. 14, no. 2, pp. 83–92, 2020, doi: 10.30598/arika.2020.14.2.83.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-30

Cara Mengutip

Amalia, D., & Dherem, I. M. (2024). Pengaruh Iklan Shopee terhadap Keputusan Pembelian di Toko Obayito Group. Jurnal Informatika Terpadu, 10(2), 139–145. https://doi.org/10.54914/jit.v10i2.1434