Penerapan Metode Multi-Factor Evaluation Process dalam Penilaian Dosen

Penulis

  • Ahmad Jurnaidi Wahidin Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.54914/jit.v10i2.1275

Kata Kunci:

Evaluasi Kinerja Dosen, Multi-Factor Evaluation Process (MFEP), Perspektif Mahasiswa, Sistem Pendukung Keputusan, Umpan Balik Mahasiswa

Abstrak

Penilaian kinerja dosen merupakan komponen penting dalam upaya meningkatkan kualitas pendidikan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji penerapan metode Multi-Factor Evaluation Process (MFEP) dalam mengevaluasi kinerja dosen di Universitas Bina Sarana Informatika. Aspek yang dievaluasi mencakup pedagogik, profesional, kepribadian, dan sosial. Data dikumpulkan melalui kuesioner berbasis skala Likert yang disebarkan kepada mahasiswa. Metode MFEP digunakan untuk mengolah data penilaian ini, dengan mempertimbangkan bobot dan faktor evaluasi dari setiap aspek yang dinilai. Hasil analisis menunjukkan bahwa aspek profesional memperoleh bobot tertinggi, diikuti oleh pedagogik, kepribadian, dan sosial. Dosen dengan performa terbaik (Alternatif A2) mencatat skor evaluasi tertinggi sebesar 4,44, menandakan keunggulan dalam seluruh aspek penilaian. Penelitian ini menyimpulkan bahwa MFEP adalah metode yang efektif dalam memberikan penilaian kinerja dosen secara objektif dan holistik. Dengan demikian, metode ini dapat digunakan sebagai alat untuk memberikan umpan balik yang konstruktif kepada dosen dan meningkatkan mutu pengajaran. Penelitian ini merekomendasikan penerapan MFEP di institusi pendidikan tinggi lain untuk memastikan konsistensi dan akurasi metode ini dalam berbagai konteks pendidikan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

[1] A. Lisdiyanto, “Sistem Penilaian Kinerja Tridharma Dosen Menggunakan SAW,” J. Teknol. Dan Sist. Inf. Bisnis, vol. 5, no. 1, pp. 69–72, 2023.

[2] O. Maharani and I. Rindaningsih, “Penilaian Kinerja Sebagai Penentu Prestasi Dan Kinerja Tenaga Kependidikan: Literature Review,” MAMEN J. Manaj., vol. 2, no. 1, pp. 159–170, 2023.

[3] A. Pare and H. Sihotang, “Pendidikan Holistik untuk Mengembangkan Keterampilan Abad 21 dalam Menghadapi Tantangan Era Digital,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 7, no. 3, pp. 27778–27787, 2023.

[4] B. J. Que et al., “Decision Support System using Multi-Factor Evaluation Process Algorithm,” in Journal of Physics: Conference Series, 2021, vol. 1933, no. 1, p. 12016.

[5] D. T. Savra, N. Nabilah, I. Ramadhani, A. Syahroni, and P. H. Noprita, “Implementasi Algoritma Multi Factor Evaluation Process (MFEP) untuk Penentuan Calon Peserta Didik Baru pada Yayasan Baabussalam: Implementation of Multi Factor Evaluation Process (MFEP) for Choosing New Students in Baabussalam Foundation,” MALCOM Indones. J. Mach. Learn. Comput. Sci., vol. 2, no. 2, pp. 53–60, 2022.

[6] A. I. Warnilah, D. S. Purnia, M. F. Adiwisastra, H. Sutisna, and R. Ardianto, “The implementation of the mfep (multi factor evaluation process) method in determining the learning model,” in Journal of Physics: Conference Series, 2020, vol. 1641, no. 1, p. 12036.

[7] T. Limbong, J. Simarmata, M. Rofendi Manalu, A. Rikki, and D. M. Rajagukguk, “Implementation Of Multi Factor Evaluation Process (MFEP) In Assessment Of Employee Performance Achievement,” J. Phys. Conf. Ser., vol. 1573, no. 1, p. 012022, Jul. 2020, doi: 10.1088/1742-6596/1573/1/012022.

[8] R. R. Putra, S. Idrus, J. T. Santoso, D. Aprilman, and P. T. Nguyen, “Decision support system in selecting additional employees using multi-factor evaluation process method,” 2019.

[9] S. Hendrian, A. K. Solihin, and G. K. Dewanti, “Implementasi Metode Analitycal Hierarchy Process (AHP) Pada Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Guru SD Negeri Taruna Karya IV Bandung,” J. Ilm. Sist. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 4, no. 1, pp. 186–193, 2024.

[10] N. Asnawi, H. A. Mumtahana, and J. A. Novitasari, “Sistem pendukung keputusan penilaian dosen terbaik menggunakan Metode MOORA,” in Proceedings of the National Conference on Electrical Engineering, Informatics, Industrial Technology, and Creative Media, 2023, vol. 3, no. 1, pp. 869–875.

[11] F. T. Wulandari, A. Triayudi, M. Mesran, and K. Sussolaikah, “Sistem Pendukung Keputusan Penilaian Kinerja Dosen Menggunakan Metode (COPRAS),” J. Inf. Syst. Res., vol. 5, no. 2, pp. 592–602, 2024.

[12] C. A. Gemawaty and Y. Yuliani, “Pemilihan Dosen Terbaik dengan Metode SAW (Simple Additive Weighting),” JISAMAR (Journal Inf. Syst. Applied, Manag. Account. Res., vol. 7, no. 3, pp. 711–717, 2023.

[13] D. V. Anggraini, A. J. Wahidin, M. F. Santoso, and Y. U. Budiman, “Penentuan Dosen Favorit Berdasarkan Umpan Balik Mahasiswa Menggunakan Simple Additive Weighting,” Justek J. Sains dan Teknol., vol. 7, no. 2, pp. 154–162, 2024, doi: https://doi.org/10.31764/justek.v7i2.23552.

[14] Sugiyono, Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta, 2018.

[15] P. S. Ramadhan and S. Nurarif, “Penerapan Multi Factor Evaluation Process Dalam Penerimaan Beasiswa Dosen Institusi,” in Seminar Nasional Sains dan Teknologi Informasi (SENSASI), 2019, vol. 2, no. 1.

[16] N. Susanti, “Implementation of the Multi Factor Evaluation Process (MFEP) Method in Making Decisions on Providing Assistance to Underprivileged Students,” IJICS (International J. Informatics Comput. Sci., vol. 5, no. 3, pp. 336–343, 2021.

Unduhan

Diterbitkan

2024-10-30

Cara Mengutip

Wahidin, A. J. (2024). Penerapan Metode Multi-Factor Evaluation Process dalam Penilaian Dosen. Jurnal Informatika Terpadu, 10(2), 87–92. https://doi.org/10.54914/jit.v10i2.1275