Perancangan Website Pembelajaran Bahasa Jepang dengan Fokus Materi Klausa melalui Metode Waterfall

Isi Artikel Utama

Dimas Ardiansyah
Ade Irma Purnamasari

Abstrak

Minat bahasa Jepang semakin meningkat di Indonesia, khususnya di LPK IHMI Cirebon, seiring dengan pertumbuhan hubungan bilateral dan teknologi informasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran bahasa Jepang khususnya materi klausa bahasa Jepang melalui perancangan website di LPK IHMI Cirebon. Metode konvensional yang kurang interaktif menjadi hambatan bagi partisipasi aktif pembelajar. Pendekatan inovatif diusulkan dengan memanfaatkan website, terutama melalui platform WordPress, dan mengacu pada buku "Minna no Nihongo" sebagai sumber materi pembelajaran yang komprehensif. Pemilihan platform WordPress didasarkan pada kemudahan penggunaan dan integrasinya dengan layanan lainnya. LPK IHMI Cirebon menghadapi tantangan sumber daya pembelajaran dan metode konvensional yang kurang interaktif, berdampak pada partisipasi siswa, kemajuan, motivasi, dan pemahaman. Metode penelitian Waterfall digunakan dengan fokus mengembangkan modul pembelajaran web, terutama pada bab 22 "Minna no Nihongo" tentang materi klausa bahasa Jepang yang masih dianggap materi tersulit dalam bahasa Jepang. Implementasi melibatkan integrasi teknologi pembelajaran, terutama Artificial Intelligence, untuk meningkatkan interaktivitas. Hasil pengujian menunjukkan website bekerja sesuai yang direncanakan dengan tingkat efektivitas yang sesuai sebesar 100% dan memberikan kinerja positif sebagai alat pembelajaran bahasa Jepang sebesar 95%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Ardiansyah, D., & Purnamasari, A. I. (2024). Perancangan Website Pembelajaran Bahasa Jepang dengan Fokus Materi Klausa melalui Metode Waterfall. Jurnal Informatika Terpadu, 10(1), 49–57. https://doi.org/10.54914/jit.v10i1.1085
Bagian
Artikel

Referensi

R. Ahmad, A. Pratama, and C. Yuana, “Penggunaan kata bahasa Jepang pada iklan produk mie Jepang,” 2021.

S. Rahmalia, A. Hamidah, O. Najmudin, S. Jepang, and S. Jia, “KLAUSA RELATIF BAHASA JEPANG PADA BUKU MANABOU NIHONGO SHOCHUUKYUU,” JPBJ, vol. 9, no. 2, 2023.

Rabbani, & Fitriana, and Karyati, “Analisis Pemakaian Klausa Relatif Dalam Novel ‘ Tensei Shitara Suraimu Datta Ken ’ Jilid I Karya Fuse Kronologi Naskah Diterima : 13 Januari 2020 ;,” J. Idea Sastra Jepang, vol. 3, no. 2, pp. 96–102, 2021.

A. Muthmainnah, E. T. Rahayu, and H. Hartati, “Perbedaan Penggunaan Setsuzokushi Aida dan Aida ni,” J-Litera J. Kaji. Bahasa, Sastra dan Budaya Jepang, vol. 2, no. 1, p. 36, 2020, doi: 10.20884/1.jlitera.2020.2.1.2115.

N. M. Andini and H. Izzati, “Analisis Klausa Pada Surat Kabar Harian Media Indonesia Edisi 25-27 Oktober 2022,” Metamorf. | J. Bahasa, Sastra Indones. dan Pengajarannya, vol. 16, no. 1, pp. 46–56, 2023, doi: 10.55222/metamorfosis.v16i1.982.

F. B. H. Ekaristianto, D. Purnanto, and S. Sumarlam, “Klausa Relatif Bahasa Indonesia: Sebuah Pendekatan Tipologi Sintaksis,” Semin. Nas. Linguist. dan Sastra, pp. 216–226, 2019.

P. A. Muliani, I. N. Sedeng, and I. M. Madia, “Analisis Penggunaan Adverbia Pada Mahasiswa Program Studi Sastra Jepang Universitas Udayana,” J. Ilmu Sos. dan Hum., vol. 8, no. 2, p. 176, 2019, doi: 10.23887/jish-undiksha.v8i2.21399.

N. Jamila, “Sistem Informasi E-Kinerja Berbasis Web Pada Kantor Mahkamah Syar’Iyah Banda Aceh,” Juni, vol. 2, no. 2, pp. 23–30, 2022, [Online]. Available: https://www.ojs.serambimekkah.ac.id/KIFT/article/view/5841

T. Susilawati, F. Yuliansyah, M. Romzi, and R. Aryani, “Membangun Website Toko Online Pempek Nthree Menggunakan Php Dan Mysql,” J. Tek. Inform. Mahakarya, vol. 3, no. 1, pp. 35–44, 2020.

D. Pratiwi, G. B. Santoso, I. Mardianto, A. Sediyono, and A. Rochman, “Pengelolaan Pengelolaan Konten Web Menggunakan Wordpress, Canva dan Photoshop untuk Guru-Guru Wilayah Jakarta,” Abdihaz J. Ilm. Pengabdi. pada Masy., vol. 2, no. 1, p. 11, 2020, doi: 10.32663/abdihaz.v2i1.1093.

K. Kadarsih and S. Andrianto, “Membangun Website SMA PGRI Gunung Raya Ranau Menggunakan PHP dan MYSQL,” JTIM J. Tek. Inform. Mahakarya, vol. 03, no. 2, pp. 37–44, 2022.

H. Widianto, A. P. P. Pratama, and A. P. L. Laksmi, “Pengembangan Aplikasi COSYCALSHIP Berbasis Android untuk Pengelolaan Beasiswa Menggunakan Metode Waterfall,” J. Adv. Inf. Ind. Technol., vol. 2, no. 2, pp. 32–44, 2020, doi: 10.52435/jaiit.v2i2.69.

J. A. Ramadhan, D. T. Haniva, and A. Suharso, “Systematic Literature Review Penggunaan Metodologi Pengembangan Sistem Informasi Waterfall, Agile, dan Hybrid,” JIEET J. Inf. Eng. Educ. Technol., vol. 07, no. 01, pp. 36–42, 2023, [Online]. Available: https://journal.unesa.ac.id/index.php/jieet/article/view/21941

E. Hutabri and A. D. Putri, “Perancangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Untuk Anak Sekolah Dasar,” J. Sustain. J. Has. Penelit. dan Ind. Terap., vol. 8, no. 2, pp. 57–64, 2019, doi: 10.31629/sustainable.v8i2.1575.

A. R. Baktiar, D. Mulainsyah, C. S. Sasmoro, and E. Sumiati, “Pengujian Menggunakan Black Box Testing dengan Teknik State Transition Testing Pada Perpustakaan Yayasan Pendidikan Islam Pakualam Berbasis Web,” J. Kreat. Mhs. Inform., vol. 2, no. 1, pp. 142–145, 2021.