Pembuatan Desain UI/UX dengan Metode Prototyping pada Aplikasi Layanan Pengadilan Negeri Bale Bandung menggunakan Figma

Isi Artikel Utama

Mamok Andri Senubekti
Geovanny Lea Dajoreyta
Novita Anggraini

Abstrak

Prototyping yang dilakukan oleh seorang UI/UX Designer, merupakan elemen kritikal dalam pengembangan aplikasi. Proses ini memungkinkan perencanaan yang lebih matang terhadap tampilan aplikasi dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna, sehingga memudahkan kerja programmer. Studi kasus penelitian ini berfokus pada Pengadilan Negeri Bale Bandung, yang menginginkan pengembangan aplikasi berbasis peningkatan dari aplikasi Era-Terang. Aplikasi Era-Terang, yang dirancang untuk memudahkan masyarakat dalam pengajuan permohonan surat keterangan, masih memiliki beberapa kekurangan. Oleh karena itu, aplikasi yang dikembangkan bertujuan untuk mengeliminasi kebutuhan fisik mendatangi pengadilan untuk pengiriman berkas atau pendaftaran. Dalam penelitian ini, metode prototyping diaplikasikan menggunakan alat desain Figma. Prosesnya meliputi pengumpulan data awal, identifikasi masalah, pembuatan alur penggunaan, kerangka kerja, sketsa, dan desain antarmuka akhir. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi Layanan Pengadilan Negeri Bale Bandung, yang dikembangkan dengan metode prototyping, berhasil meningkatkan kualitas pengalaman pengguna. Hal ini dibuktikan melalui pengujian aplikasi, di mana pengguna menyatakan bahwa aplikasi tersebut mudah untuk digunakan dan dipahami. Berdasarkan umpan balik pengguna ini, dapat disimpulkan bahwa aplikasi berhasil memenuhi tujuan awalnya, yaitu untuk menciptakan solusi yang mudah, efektif, dan efisien bagi masyarakat dalam mengakses layanan pengadilan. Ini menegaskan pentingnya pendekatan berbasis prototyping dalam pengembangan aplikasi, khususnya dalam meningkatkan aksesibilitas dan kemudahan layanan publik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Rincian Artikel

Cara Mengutip
Senubekti, M. A., Dajoreyta, G. L., & Anggraini, N. (2024). Pembuatan Desain UI/UX dengan Metode Prototyping pada Aplikasi Layanan Pengadilan Negeri Bale Bandung menggunakan Figma. Jurnal Informatika Terpadu, 10(1), 1–10. https://doi.org/10.54914/jit.v10i1.1001
Bagian
Artikel

Referensi

I. R. Marbun and R. Somya, “Perancangan Data Warehouse untuk Data Transaksi Penjualan Menggunakan Schema Snowflake Studi Kasus : Online Market Dataset.,” in SEMINAR NASIONAL Dinamika Informatika, 2021, p. 87.

S. Surahman and E. B. Setiawan, “Aplikasi Mobile Driver Online Berbasis Android Untuk Perusahaan Rental Kendaraan,” Jurnal ULTIMA InfoSys, vol. 8, no. 1, pp. 35–42, Aug. 2017, doi: 10.31937/si.v8i1.554.

Mahkamah Agung, “Selamat Datang,” Website Pengadilan Negeri Bale Bandung - Depan, 2015. https://pn-balebandung.go.id (accessed May 10, 2023).

A. Naser, Syafwandi, and S. Ahdi, “Perancangan User Interface Dan User Experience Halaman Website Program Studi Desain Komunikasi Visual Universitas Negeri Padang,” 2018.

M. A. Muhyidin, M. A. Sulhan, and A. Sevtiana, “PERANCANGAN UI/UX APLIKASI MY CIC LAYANAN INFORMASI AKADEMIK MAHASISWA MENGGUNAKAN APLIKASI FIGMA,” Jurnal Digit, vol. 10, no. 2, p. 208, Dec. 2020, doi: 10.51920/jd.v10i2.171.

S. Suryaningsih, Y. Riandika, A. Hasanah, and S. Anggraito, “Aplikasi Wakaf Indonesia Berbasis Blockchain,” Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, vol. 4, no. 2, pp. 20–29, Dec. 2020, doi: 10.29408/edumatic.v4i2.2402.

A. Fikriyya and R. T. Dirgahayu, “Implementasi Prototyping dalam Perancangan Sistem Informasi Pendar Foundation Yogyakarta,” Automata, vol. 1, no. 2, 2020.

S. Suryaningsih, Y. Riandika, A. Hasanah, and S. Anggraito, “Aplikasi Wakaf Indonesia Berbasis Blockchain,” Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, vol. 4, no. 2, pp. 20–29, Dec. 2020, doi: 10.29408/edumatic.v4i2.2402.

R. P. Sutanto, “Studi Kasus Website Gramedia sebagai Media Online untuk Membeli Buku,” Nirmana, vol. 17, no. 1, p. 37, Oct. 2018, doi: 10.9744/nirmana.17.1.37-41.

B. Abdullah, “Makna Warna Dalam Desain,” 2015.

A. Segara, “Penerapan Pola Tata Letak (Layout Pattern) pada Wireframing Halaman Situs Web,” Magenta | Official Journal STMK Trisakti, vol. 3, no. 01, pp. 452–464, Feb. 2019, doi: 10.61344/magenta.v3i01.45.

A. H. A. Pratama and A. G. Persada, “Perancangan UI/UX Aplikasi Crowdfunding UMKM berbasis mobile Menggunakan Pendekatan HCD (Human Centered Design)(Studi Kasus: UMKM Mahasiswa UII),” Jurnal Nuansa Informatika, vol. 17, no. 1, pp. 99–110, Jan. 2023, doi: https://doi.org/10.25134/nuansa.