Evaluasi Penggunaan Aplikasi Ninja Driver di Ninja Xpress Jasinga Bogor Menggunakan PIECES Framework

Penulis

  • Rita Awaliyah Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri
  • Rusmanto Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri
  • Edi Wibowo Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri

DOI:

https://doi.org/10.54914/dbesti.v2i1.1634

Kata Kunci:

Aplikasi Ninja Driver, PIECES, Evaluasi Sistem Informasi, E-Commerce, Operasional Logistik

Abstrak

Pertumbuhan e-commerce di Indonesia mendorong kebutuhan akan layanan pengiriman yang cepat dan efisien, , termasuk di
Ninja Xpress, yang menggunakan aplikasi Ninja Driver untuk mendukung operasional kurir. Penelitian ini bertujuan
mengevaluasi aplikasi Ninja Driver di Ninja Xpress Jasinga menggunakan kerangka kerja PIECES (Performance,
Information, Control, Ef iciency, Service). Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif melalui kuesioner kepada
27 kurir sebagai responden, dilengkapi wawancara dengan pihak perusahaan untuk validasi hasil. Hasil penelitian
menunjukkan nilai rata-rata untuk aspek Performance (2.74), Information (3.15), Control (3.27), Ef iciency (3.10), dan
Service (3.07), dengan seluruh aspek berada pada kategori "setuju." Aplikasi mendukung efisiensi dan pelayanan, seperti
pengurangan waktu pengiriman serta peningkatan kualitas informasi. Namun, terdapat kendala pada stabilitas aplikasi saat
sinyal lemah dan kelambatan proses validasi. Secara keseluruhan, aplikasi dinilai memadai dalam mendukung operasional
kurir, tetapi membutuhkan perbaikan pada fitur stabilitas dan efisiensi. Saran yang diberikan meliputi peningkatan stabilitas
aplikasi di area dengan sinyal lemah, memperbaiki mekanisme validasi status pengiriman agar lebih cepat, dan
pengempangan fitur penanganan kesalahan pengiriman.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

[1] Z. Alamin, R. Missouri, S. Sutriawan, F. Fathir, and K. Khairunnas, “Perkembangan E-commerce: Analisis Dominasi Shopee sebagai Primadona Marketplace di Indonesia,” J-ESA (Jurnal Ekonomi Syariah), vol. 6, no. 2, pp. 120–131, Dec. 2023, doi: 10.52266/jesa.v6i2.2484.

[2] R. D. Kristy and W. A. Kusuma, “ANALISIS TINGKAT KEPUASAN DAN TINGKAT KEPENTINGAN PENERAPAN SISTEM INFORMASI UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH MALANG,” vol. 2, no. 1, pp. 17–24, 2018.

[3] H. D. Permana, A. A. Hapsari, D. Nugraha, and A. Jaenul, “Evaluasi Kinerja Sistem Aplikasi E-commerce Shopee menggunakan Metode PIECES Framework,” Jurnal ICT : Information Communication & Technology, vol. 20, no. 2, pp. 202–209, Dec. 2021, doi: 10.36054/jict-ikmi.v20i2.358.

[4] J. U. Haposan P Simanungkalit, “Konsep Dasar Sistem Informasi.” Accessed: Oct. 05, 2024. [Online]. Available: https://repository.ut.ac.id/3921/2/ADPG4442-M1.pdf

[5] [5] Yektiana Neneng, “Konsep Dasar Pengukuran, Penilaian, Dan Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam,” Feb. 2023.

[6] P. T. Atmoko et al., “The Effect of Timeliness of Delivery and Price on Consumer Satisfaction at Ninja Xpress Sampit,” vol. 3, no. 2, pp. 93–104, 2022, [Online]. Available: http://jurnal.unda.ac.id/index.php/KEIZAI/index

[7] J. Manajemen, B. Aliansi, R. Slamet dan, and S. Wahyuningsih, “VALIDITAS DAN RELIABILITAS TERHADAP INSTRUMEN KEPUASAN KERJA.”

[8] N. Miftahul Janna and D. Pembimbing, “KONSEP UJI VALIDITAS DAN RELIABILITAS DENGAN MENGGUNAKAN SPSS,” Jan. 2021.

Unduhan

Diterbitkan

04-06-2025

Cara Mengutip

Awaliyah, R., Rusmanto, & Wibowo, E. (2025). Evaluasi Penggunaan Aplikasi Ninja Driver di Ninja Xpress Jasinga Bogor Menggunakan PIECES Framework. DBESTI: Journal of Digital Business and Technology Innovation, 2(1), 103–113. https://doi.org/10.54914/dbesti.v2i1.1634

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel Serupa

1 2 3 > >> 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.