Perancangan Prototype Aplikasi Pemesanan Makanan Sehat Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Sprint

Penulis

  • Rizky Febriana Akbar STT Terpadu Nurul Fikri
  • Henry Saptono STT Terpadu Nurul Fikri
  • April Rustianto STT Terpadu Nurul Fikri

DOI:

https://doi.org/10.54914/dbesti.v2i1.1374

Kata Kunci:

Teknologi, Pola makan sehat, Aplikasi pemesanan makanan, Design sprint, System Usability Scale

Abstrak

Dengan berkembangnya teknologi dan informasi di era digital saat ini, kesadaran masyarakat akan pentingnya pola makan sehat terus meningkat. Untuk memenuhi kebutuhan ini, penulis menggunakan desain tools Figma untuk menciptakan solusi aplikasi pemesanan makanan sehat yang mengikuti tren terbaru. Metode design sprint diterapkan sebagai pendekatan cepat dalam penyelesaian masalah dan sebagai panduan dalam proses perancangan antarmuka aplikasi. Penelitian ini melibatkan wawancara dan survei untuk memahami kebutuhan pengguna. Pengujian kegunaan dilakukan menggunakan System Usability Scale (SUS) yang menghasilkan skor 73, menunjukkan bahwa prototipe aplikasi ini layak digunakan berdasarkan penilaian objektif. Kesimpulan dari Tugas Akhir ini adalah bahwa prototipe aplikasi dirancang menggunakan metode design sprint yang mencakup lima tahap dan efektif dalam merancang tujuh belas layar aplikasi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

[1] J. Toar, A. Telew, and G. Lumenta, “HIGEIA JOURNAL OF PUBLIC HEALTH Perbedaan Tiga Kategori Aktivitas Fisik pada Status Obesitas dan Non Obesitas,” vol. 7, no. 3, pp. 458–467, 2023.

[2] K. Kesehatan, “FactSheet_Obesitas_Kit_Informasi_Obesitas.pdf.” 2018.

[3] R. O. Banjarnahor, F. F. Banurea, J. O. Panjaitan, R. S. P. Pasaribu, and I. Hafni, “Faktor-faktor risiko penyebab kelebihan berat badan dan obesitas pada anak dan remaja : Studi literatur Risk factors of overweight and obesity in childhood and adolescence : A literature review,” pp. 35–45, 2022.

[4] N. Najib and M. R. Abidin, “PERANCANGAN DESAIN ANTARMUKA APLIKASI KOMUNITAS VIRTUAL,” vol. 4, no. 3, pp. 57–63, 2023.

[5] A. K. Kadoena, S. R. U. A. Sompie, R. Sengkey, E. Engineering, S. Ratulangi, and K. B. St, “Educational Game Application the Introduction to Types of Healthy Food for Children,” vol. 16, no. 1, pp. 7–18, 2021.

[6] B. A. B. Ii and A. T. Pustaka, “No Title,” no. 41, 2021.

[7] B. A. B. Ii and L. Teori, “Peran Penggunaan Aplikasi Grab Dalam Meningkatkan Brand Awareness Konsumen Dalam Perspektif Islam (Studi Kasus Mie Abang Lambe Kota Kediri),” pp. 8–30, 2022.

[8] “Analisis dan perancangan desain antarmuka aplikasi penjualan makanan sehat pada rsi jemursari surabaya dengan metode Design Sprint,” 2019.

[9] M. U. Dari, M. Yusril, J. T. Mesin, P. Negeri, and U. Pandang, “RANCANG BANGUN PROTOTIPE SISTEM POMPA AIR MANUAL DENGAN PENGGERAK TURBIN SAVONIUS,” 2023.

[10] C. Rizal and B. Fachri, “Implementasi Model Prototyping Dalam Perancangan Sistem Informasi Desa,” vol. 3, no. 3, pp. 52–57, 2023.

[11] H. Judul, F. T. Industri, and U. I. Indonesia, “PERANCANGAN USER INTERFACE MOBILE APLIKASI JOB ORDERAPP PT . DINAMIKA MEDIAKOM MENGGUNAKAN METODE ACTIVITY CENTERED DESIGN ( TUGAS AKHIR JALUR MAGANG ) ORDERAPP PT . DINAMIKA MEDIAKOM MENGGUNAKAN,” 2023.

[12] M. Angelica, D. Hidayat, and A. R. Adriyanto, “PENERAPAN METODE DESIGN THINKING PADA PERANCANGAN UI / UX MOBILE APPS SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN MORAL UNTUK ANAK-ANAK IMPLEMENTATION OF DESIGN THINKING METHOD IN UI / UX MOBILE APPS DESIGN AS A MEDIUM OF MORAL EDUCATION,” vol. 4, no. 2, pp. 177–186.

[13] D. M. Musyarofah et al., PERANCANGAN DESIGN UI / UX APLIKASI MONITORING PERKEMBANGAN ANAK MENGGUNAKAN METODE DESIGN SPRINT SKRIPSI PERANCANGAN DESIGN UI / UX APLIKASI MONITORING. 2023.

[14] J. D. Irawan, A. Faisol, F. T. Industri, D. Sprint, and S. Informasi, “PENERAPAN LOCATION BASED SERVICE UNTUK PENCARIAN LOKASI RAPAT MENGGUNAKAN METODE DESIGN SPRINT,” vol. 4, no. 2, pp. 144–149, 2020.

[15] A. Saputra, “Penerapan Usability pada Aplikasi PENTAS Dengan Menggunakan Metode System Usability Scale ( SUS ) ( Usability Implementation in PENTAS Application Using the System Usability Scale ( SUS ) Method ),” vol. 1, no. 3, pp. 206–212, 2019.

[16] H. Judul, “IMPLEMENTASI METODE DESIGN SPRINT DALAM PERANCANGAN UI / UX APLIKASI GOLEK KOST IMPLEMENTASI METODE DESIGN SPRINT DALAM PERANCANGAN UI / UX APLIKASI GOLEK KOST BERBASIS MOBILE,” 2022.

[17] I. Mahardhika, H. Kusumawardhana, N. H. Wardani, and A. Reza, “Evaluasi Usability Pada Aplikasi BNI Mobile Banking Dengan Menggunakan Metode Usability Testing dan System Usability Scale ( SUS ),” vol. 3, no. 8, pp. 7708–7716, 2019.

[18] M. Ulfa, “Analisis Usability Sistem Komputerisasi Haji Terpadu Palembang Menggunakan Metode System Usability Scale ( SUS ),” vol. 2, no. 3, pp. 125–137, 2021.

[19] T. P. Negara, PERANCANGAN ULANG UI / UX DALAM PENGEMBANGAN SITUS WEB CROWDE . CO MENGGUNAKAN METODE DESIGN THINKING SKRIPSI Oleh : 2023.

[20] C. Damayanti, A. Triayudi, and I. D. Sholihati, “Analisis UI / UX Untuk Perancangan Website Apotek dengan Metode Human Centered Design dan System Usability Scale,” vol. 6, pp. 551–559, 2022, doi: 10.30865/mib.v6i1.3526.

[21] P. Design, P. Ui, U. X. Aplikasi, and R. Restoran, “Perancangan design prototype ui/ux aplikasi reservasi restoran dengan menggunakan metode design thinking,” vol. 2, no. 2, pp. 132–146, 2023.

Unduhan

Diterbitkan

04-06-2025

Cara Mengutip

Febriana Akbar, R., Saptono, H., & Rustianto, A. (2025). Perancangan Prototype Aplikasi Pemesanan Makanan Sehat Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Sprint. DBESTI: Journal of Digital Business and Technology Innovation, 2(1), 140–146. https://doi.org/10.54914/dbesti.v2i1.1374

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel Serupa

<< < 1 2 3 

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.