Implementasi Sistem informasi Pengelolaan Donasi pada Yayasan Ilmu Tanpa Batas berbasis Odoo

Penulis

  • Nurfauziah Arafah
  • Rusmanto Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri

DOI:

https://doi.org/10.54914/dbesti.v1i1.1093

Kata Kunci:

AKU Peduli, Donasi, Odoo, Organisasi Sosial, Website

Abstrak

Alumni Kampus Ungu Peduli (AKU Peduli) adalah yayasan yang bergerak di bidang sosial dan kemanusiaan. AKU Peduli mengembangkan aktivitasnya melalui penggalangan donasi publik dan pengelolaan dana sosial pelaku usaha. Saat ini AKU Peduli memanfaatkan aplikasi terpenting dari internet yaitu website. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses analisis kebutuhan serta perancangan sistem informasi donasi untuk menghasilkan spesifikasi dan fitur sistem yang dibutuhkan pengguna, dan mengetahui proses hasil evaluasi sistem informasi donasi, mulai dari pemasangan sistem, entri data, hingga uji coba. Penelitian dilakukan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, yaitu sumber data primer berasal dari wawancara. Tahapan penelitian yaitu mulai dari studi pendahuluan, analisis kebutuhan, perancangan sistem, implementasi, dan penarikan kesimpulan dan saran. Hasil dari penelitian ini adalah website AKU Peduli yang diperbaiki dapat menjadi website yang lebih informatif dan juga fungsional sehingga memudahkan pengguna dalam mengakses website AKU Peduli. Berdasarkan output pengujian yang sudah dilakukan pemilik AKU Peduli menaruh penilaian bahwa website yg sudah dibangun telah memenuhi kriteria requirement functional. Tetapi beberapa belum terealisasikan dalam website ini. Hal tersebut karena organisasi AKU Peduli belum melakukan kerjasama menggunakan beberapa perusahaan fintech. Kemudian keterbatasan fitur website builder dalam Odoo pula sebagai alasan kekurangan dalam pengembangan website AKU Peduli.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

M. K. Yuni Sugiarti S.T., Analisis dan Perancangan UML (Unified Modeling Language) Generated VB. 6, Yogyakarta: Graha Ilmu, 2013.

I. Zufria, M. H. Azhari, “Web-Based Applications in Calculation of Family Heritage (Science of Faroidh), Jurnal Sistem Informasi, vol. 1, no.1, 2017.

H. H. A. A. P. Herna, "Strategi Komunikasi Media Sosial Untuk Mendorong Partisipasi Khalayak Pada Situs Online Kitabisa.com. Jakarta. Jurnal Komunikasi Pembangunan.," Jurnal Komunikasi Pembangunan, pp. 147-148, 2019.

R. A. S. &. S. M., Modul Pembelajaran Rekayasa Perangkat (Terstruktur dan Berorientasi Objek), Bandung: Modula, 2011.

M. Syarif, "Berkenalan Yuuk dengan Odoo ERP," 15 August 2018. [Online]. Available: https://blog.mhdsyarif.com/berkenalan-yuuk-dengan-odoo-erp/.

R. Tantra, Manajemen Proyek Sistem Informasi, Yogyakarta: Penerbit ANDI, 2012.

Saifullah, “Sistem Penggalangan Dana Menggunakan Metode Crowdfunding pada Lembaga Amil Zakat Infak dan Sedekah (Lazis) Wahdah Berbasis Website,” Skripsi S1, Fakultas Sains dan Teknologi, Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, Makassar, 2017.

Butar Butar, M., Sasmita, G., & Githa, D., “Implementasi Enterprise Resource Planning Untuk Toko Bangunan Studi Kasus UD. Mandala Jaya,” Jurnal Ilmiah Teknologi Dan Komputer, vol. 2, no.2, 383-396, 2021.

E. W. Fridayanthie, T. Mahdiati, “Rancang Bangun Sistem Informasi Permintaan ATK Berbasis Intranet (Studi Kasus: Kejaksaan Negeri Rangkasbitung), Jurnal Khatulistiwa Informatika, vol. 4, no. 2, 2016.

F. Hidayat, “Perancangan Sistem Informasi Online Shopping Bandung Book Centre Berbasis Responsive Website”, JATI, vol. 3, no. 1, pp. 79-104, Mar. 2013.

Downloads

Diterbitkan

2024-05-01

Cara Mengutip

Arafah, N., & Rusmanto, R. (2024). Implementasi Sistem informasi Pengelolaan Donasi pada Yayasan Ilmu Tanpa Batas berbasis Odoo. DBESTI: Journal of Digital Business and Technology Innovation, 1(1), 9–17. https://doi.org/10.54914/dbesti.v1i1.1093

Terbitan

Bagian

Artikel