TRACER STUDY ALUMNI STIKOM UYELINDO KUPANG BERBASIS E-COMMUNITY

Penulis

  • Meliana O Meo

DOI:

https://doi.org/10.54914/jtt.v4i2.114

Abstrak

Salah satu point penting dalam akreditasi sebuah PTS adalah data lulusan atau alumni karena alumni merupakan cerminan keberhasilan dan mutu PTS dalam pelayanan pendidikan. Semakin mudah dan cepat alumni diserap dalam dunia kerja maka akan semakin baik. Untuk itu maka setiap kali akan melakukan re-akreditasi, STIKOM Uyelindo sebagai salah satu lembaga pendidikan tinggi di Nusa Tenggara Timur selalu melakukan tracer study alumni oleh setiap program studi yang ada.

Tracer study alumni biasanya dilakukan dengan menyebarkan kuisioner kepada setiap lulusan yang diketahui alamatnya dan didatangi untuk mengisi kuisioner yang dikeluarkan oleh STIKOM Uyelindo Kupang. Hal ini tentu membutuhkan waktu dan biaya yang besar. Untuk itu maka penelitian ini dilakukan untuk membantu proses tracer study alumni berbasis website dengan menggunakan pendekatan e-community, dimana website akan berfungsi sebagai media untuk menampung data para alumni sebagai suatu komunitas sehingga komunikasi antar pihak kampus dengan alumni dan antar alumni tetap terjaga. Selain itu website ini akan memberikan informasi up to date kepada semua lulusan berupa perkembangan teknologi terkini, termasuk informasi lowongan pekerjaan untuk menjembatani alumni dengan perusahaan-perusahaan atau instansi yang membutuhkan tenaga kerja.

Dengan media ini maka proses tracer study yang dilakukan oleh pihak lembaga akan lebih mudah dan data yang diperoleh pun up to date. Jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian studi kasus dan teknik pengumpulan data untuk mendukung penelitian ini adalah studi pustaka, observasi dan wawancara untuk menunjang hasil penelitian yang akan dicapai yaitu terciptanya sebuah website berbasis e-community sebagai media penghimpun alumni STIKOM Uyelindo Kupang

 

Kata Kunci : Alumni, e-community, Tracer Study, Website

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Delanty, Gerard. 2003. Community (Key ideas). Routledge

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan, 2012. Buku Panduan Sistem Pusat Karir. Jakarta.

Pusat Bahasa Departemen Pendidkan Nasonal, 2003. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Edisi ketiga. cetakan ketiga. Balai Pustaka.

Masria. 2003. Internet dan Web Design. Jakarta: Penerbit Graha Ilmu

Kadir, A., 2003, Pengenalan Sistem Informasi, Yogyakarta : Penerbit Andi

##submission.downloads##

Diterbitkan

2018-11-29

Cara Mengutip

[1]
M. O. Meo, “TRACER STUDY ALUMNI STIKOM UYELINDO KUPANG BERBASIS E-COMMUNITY”, j. teknologi terpadu, vol. 4, no. 2, Nov 2018.

Terbitan

Bagian

Artikel