Pengenalan Motif Kain Tenun Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) dengan Menggunakan Game Puzzle
DOI:
https://doi.org/10.54914/jtt.v3i2.83Abstrak
Game Puzzle adalah salah satu jenis permainan yang obyek utamanya adalah gambar atau citra. Obyek gambar ini yang akan dipotong, diacak kemudian pemain dituntut untuk menyusun kembali potongan gambar tersebut menjadi gambar untuh. Oleh karena obyek utama permainan ini adalah gambar maka sangat tepat jika digunakan sebagai media pembelajaran yang berbasis gambar seperti mengenalkan pola atau budaya tertentu pada pemain. Mengingat budaya motif kain tenun kabupaten TTS semakin memudar seiring perkembangan teknologi yang menggiring masyarakat kepada gaya hidup modern maka dalam penelitian ini peneliti berusaha untuk mengenalkan kembali motif kain tenun ini melalui program permainan Puzzle dengan menerapkan algoritma pencarian Hill-Climbing. Algoritma HillClimbing ini digunakan untuk melakukan penyusunan gambar secara otomatis oleh aplikasi. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara/FGD, studi pustaka dan dokumentasi. Teknik perancangan sistem yang digunakan adalah dengan menggunakan UML sedangkan teknik pengujian sistem yang digunakan adalah dengan menggunakan FGD dan Black-Box testing. Hasil yang dicapai dalam penelitian ini adalah rata-rata responden memberikan tanggapan positif terhadap program permainan Puzzle yang dibangun yaitu jumlah persentasi yang dicapai sebesar 70,47% sehingga masuk dalam kategori Layak.
Kata Kunci: : permainan, puzzle, motif kain tenun, hill-climbing, FGD
Unduhan
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2018 Donzilio Antonio Meko, Meliana O Meo
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.