Pemanfaatan Google Sheets dan Google Form untuk Layanan Administrasi Mahasiswa Menggunakan Konsep Electronic Service Quality
DOI:
https://doi.org/10.54914/jtt.v7i1.339Kata Kunci:
Google Sheets, Google Form, E-SQ, UATAbstrak
Pandemi COVID-19 berdampak pada aktivitas pendidikan perguruan tinggi, termasuk proses pelayanan administrasi Mahasiswa di BAAK STT Terpadu Nurul Fikri. Masalah yang dihadapi adalah proses pengajuan kebutuhan surat masih dilakukan manual. Akibat dari pengajuan manual ini, mahasiswa yang membutuhkan surat tidak dapat datang secara tatap muka ke kampus. Tentunya hal ini akan berdampak pada kinerja BAAK dalam melayani kebutuhan administrasi mahasiswa. Karena hal itu artikel ini kemudian memberikan solusi berupa pemanfaatan Google Sheets dan Google Form untuk proses pengajuan administrasi Mahasiswa. Google Sheets dan Google Form menjadi pilihan karena sistem penyimpanan berbasis Cloud dan dapat digunakan oleh siapa pun tanpa terbatas tempat dan waktu. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah electronic Service Quality (E-SQ) dan User Acceptance Test (UAT) sebagai pengujiannya serta kuesioner sebagai alat pengumpulan data. Dimensi yang dipakai dalam E-SQ adalah efficiency, fulfilment dan system available. Hasil penelitian didapatkan 2 kategori, yaitu hasil pengolahan data mahasiswa dan data staf BAAK. Persentase hasil mahasiswa sebagai berikut, dimensi efficiency sebesar 86%, fulfilment sebesar 82,5% dan system available sebesar 82,5%. Persentase hasil staf BAAK sebagai berikut, efficiency sebesar 86,67%, fulfilment sebesar 90% dan system available 100%.
Unduhan
Referensi
Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, “Surat Edaran No. 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan dalam Masa Darurat Penyebaran Corona Virus Disease (Covid-19),†2020.
Google, “Google Workspace: Forms,†2020. [Online]. Available: https://workspace.google.com/products/forms/ (Diakses 19 April 2021)
Google. “Google Workspace: Sheets,†2020. [Online]. Available: https://workspace.google.com/products/Sheetss/ (Diakses 19 April 2020)
W. E. Perry, “Effective Methods for Software Testing,†Third Edition, Wiley Publishing, Inc. Indiana, 2006.
B. Priyatna, et al. “Application of UAT (User Acceptance Test) Evaluation Model in Minggon E-Meeting Software Development,†Systematics, Vol 2, No. 3, 2020.
W. Budiaji, “Skala Pengukuran dan Jumlah Respon Skala Likert,†Jurnal Ilmu Pertanian dan Perikanan Vol. 2, No. 2, hal. 127-133, 2013.
M. Khosrow-pour, “Encyclopedia of E-Commerce, E-Government, and Mobile Commerce,†Idea Group Reference, USA, 2000.
I. T. I. Al-Nuaimi, A. K. B. Mahmood, and H. H. Jebur, “Proposed Conceptual Model for E-service Quality in Malaysian Universities,†International Conference on Computer and Information Sciences (ICCOINS) IEEE, 2014.
A. Rahmah, P. Sukmasetya, M. S. Romadhon, A. R. Adriansyah, “Developing Distance Learning Monitoring Dashboard with Google Sheets: An Approach for Flexible and Low-Price Solution in Pandemic Era,†IEEE 978-1-6654-0422-8, 2020.
I. Handayani, H. Kusumahati, A. N. Badriah, “Pemanfaatan Google Spreadsheets sebagai Media Pembuatan Dashboard pada Official Site iFAcility di Perguruan Tinggi,†Jurnal Ilmiah SISFOTENIKA, Vol. 7, No. 2, 2017.
N. Naik, “Connecting Google Cloud System with Organizational System for Effortless Data Analysis by Anyone, Anytime, Anywhere,†IEEE 978-1-5090-6, 2016.
D. Lestarini and K. Surendro,“Designing Kano-Based E-service Quality Model to Improve User Satisfaction†2nd International Conferences on Information Technology, Information Systems and Electrical Engineering (ICITISEE) IEEE, 2017.
I. T. I. Al-Nuaimi, A. K. B. Mahmood, L. T. Jung, and H. H. Jebur, “A Review of E-service Quality Dimention in User Satisfaction,†3rd International Conference on Research and Innovation in Information System (ICRIIS) IEEE, 2013.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2021 Misna Asqia, Tifanny Nabarian
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.