ROBOT PEMADAM API MENGGUNAKAN METODE FUZZY LOGIC

Penulis

  • Febri Maspiyanti Teknik Informatika Universitas Pancasila
  • Nadya Hadiyanti Teknik Informatika Universitas Pancasila

Abstrak

Robot Pemadam Api adalah suatu jenis robot yang dapat melakukan salah satu tugas manusia yang berbahaya, yaitu tugas pemadam kebakaran. Sebagian kasus kebakaran yang dihadapi oleh pemadam kebakaran adalah kebakaran yang terjadi disebuah gedung. Pada penelitian ini akan membagun sebuah robot prototype yang berperan sebagai alat darurat pemadam kebakaran dalam gedung menggunakan metode Fuzzy Logic. Robot ini dibangun dengan menggunakan microcontroller ATmega328 sebagai kontrol utama, Sensor Ultrasonik sebagai pendeteksi jarak antara robot dengan halangan, Flame Sensor untuk menangkap pantulan cahaya api dari sumber apinya, and L9110 fan module sebagai alat pemadam api. Penerapan Fuzzy Logic pada robot ini adalah sebagai kendali kecepatan Motor DC robot dengan masukan jarak. Penelitian ini menghasilkan tingkat akurasi sebesar 92,63% untuk berjalan lurus, jalan berbelok 82,82%, pembacaan jarak oleh Sensor Ultrasonik 81,59%, deteksi api dengan Flame Sensor 87,25%, dan tingkat akurasi memadamkan api dengan L9110 Fan Module sebesar 52,11%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Azhar, Ari, Diah K.W., Kartina., Subagiyo, Heri. Perancangan Fuzzy Logic Model Sugeno untuk Wall Tracking pada Robot Pemadam Api. Jurnal ELEMENTER, Vol. 1, No. 1. 2015.

Noviyantono, Endyk., Muhammad. Implementasi Logika Fuzzy Sebagai Pengendali Pergerakan pada Robot Beroda. STMIK PPKIA Tarakanita Rahmawati. Tarakan.

Saelan, Athia. Logika Fuzzy. STEI ITB. Bandung. 2013.

Widiyatmoko, Ari., Arifin, Fatchul. Robot Beroda Pemadam Api Dengan Pengolahan Sensor Api Berbasis Fuzzy Logic. Prosiding Seminar Nasional Elinvo, Vol.2. 2016.

Winarno., Arifianto, Deni. Bikin Robot Itu Gampang. Kawan Pustaka. Jakarta. 2011.

Putri, Andini., Maspiyanti. Robot Line Follower Pengantar Surat Menggunakan Metode Fuzzy Logic Studi Kasus Fakultas Teknik Universitas Pancasila. Jurnal Teknoogi Terpadu STT-NF. Vol.3, No.1. 2017.

Diterbitkan

2017-12-01

Cara Mengutip

Maspiyanti, F., & Hadiyanti, N. (2017). ROBOT PEMADAM API MENGGUNAKAN METODE FUZZY LOGIC. Jurnal Teknologi Terpadu, 3(2). Diambil dari https://journal.nurulfikri.ac.id/index.php/jtt/article/view/77

Terbitan

Bagian

Artikel