Perancangan Mesin Abstrak Finite State Automata Untuk Aplikasi Sewa Tanah Desa

Penulis

  • Diny Syarifah Sany Universitas Suryakancana
  • Suwandi Universitas Suryakancana

DOI:

https://doi.org/10.54914/jtt.v8i1.448

Kata Kunci:

Finite State Otomata, FSA, Mesin Abstrak, PHP, Sewa Tanah Desa

Abstrak

Sewa tanah desa merupakan suatu program pemerintah, dengan ketentuan tertentu untuk dapat memaksimalkan manfaat dari aset desa. Untuk memudahkan kegiatan sewa tanah desa dapat dikembangkan sebuah aplikasi sewa tanah desa, namun belum ada model rancangan yang sesuai untuk membangun aplikasi sejenis ini. Model rancangan untuk aplikasi sewa tanah desa dapat memudahkan pengembang untuk membuat aplikasi sewa tanah. Aplikasi yang dihasilkan dari model sewa tanah yang tepat akan memaksimalkan kinerja dari kegiatan sewa tanah desa. Finite state automata  (FSA) merupakan sebuah mesin abstrak yang dapat digunakan dan diimplementasikan ke dalam bahasa pemrograman. Model FSA yang diusulkan disesuaikan dengan kegiatan sewa tanah desa. Pengumpulan data untuk bahan penelitian diambil dari Desa Girijaya Kabupaten Cianjur. Pengujian model ini dilakukan dengan dua cara yaitu pengujian skenario membandingkan hasil dari FSA dan kegiatan nyata, sedangkan pengujian kedua dengan mengimplementasikan FSA yang diusulkan kedalam bahasa pemrograman PHP kemudian dilakukan pengujian feedback dari responden untuk menilai ketepatan FSA yang diusulkan. Pengujian pertama dengan membandingkan hasil FSA dengan kegiatan nyata di dapat bahwa FSA yang dirancang sesuai dengan kegiatan nyata. Untuk pengujian feedback dilakukan dengan kuisioner dengan 10 responden mendapatkan nilai 4.7 atau setara dengan sesuai cenderung ke sangat sesuai untuk dapat dijadikan acuan dalam mengembangkan aplikasi sewa tanah desa.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

A. Nurromah, “Analisis Sewa Menyewa Tanah Desa dengan Sistim Bergilir sebagai Upaya Pemberdayaan Masyarakat (Studi Kasus di Desa Pagu Kabupaten Kediri),” J. Econ. Syaria Law, vol. 1, no. 2, 2017.

Z. Noer and M. Muchyidin, “Pemanfaatan Tanah Kas Desa Dalam Bentuk Perjanjian Sewa Menyewa,” J. Pro Huk. Fak. Huk. Univ. Gresik, vol. 9, no. 2, 2020.

L. Oksafiama, S. Suparnyo, and A. Wicaksono, “Pemanfaatan Aset Desa Dalam Upaya Meningkatkan Pendapatan Desa,” J. Suara Keadilan, vol. 18, no. 2, 2017.

A. Muttaqin and L. Mustafida, “Perjanjian Sewa Menyewa Tanah Kas Desa Antara Pemerintah Kelurahan Condongcatur Dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Sleman Di Daerah Istimewa Yogyakarta Perspektif Hukum Perdata (Studi Kasus Taman Kuliner Condongcatur),” Fortiori Law J., 2021.

D. S. Sany and F. Zikri, “Perancangan Skenario Adaptif untuk Reward pada Gamifikasi Reseller Penjualan Daring menggunakan Finite State Machine,” Media J. Inform., vol. 13, no. 1, p. 12, 2021, doi: 10.35194/mji.v13i1.1485.

D. D. A. Suprapto and F. Fauziah, “Implementasi Finite State Automata Pada Mesin Abstrak DFA Dan NFA Berbasis Android,” STRING (Satuan Tulisan Ris. dan Inov. Teknol., vol. 5, no. 1, 2020.

Sugiyanto, Hamdan, E. Hermaliani, T. Haryanti, and W. Gata, “Penerapan Finite State Automata Pada Vending Machine Sistem Parkir Kendaraan Motor,” J. Ilm. Betrik, vol. 12, no. 2, 2021.

D. D. A. Suprapto and Fauziah, “Implementasi Finite State Automata Pada Mesin Abstrak DFA Dan NFA Berbasis Android,” STRING (Satuan Tulisan Ris. dan Inov. Teknol., vol. 5, no. 1, 2020.

Yanto, D. Ismunandar, Erni, S. Setiawan, and M. I. R. Ihsan, “Desain Game Edukasi Ilmu Tajwid Bagi Anak Usia Dini menggunakan Pemodelan Finite State Automata,” EDUMATIC, vol. 5, no. 1, 2021.

T. Rivanie, “Implementasi Finite State Automata dalam Proses Registrasi Workout Plan pada Pusat Kebugaran,” Matics, vol. 12, no. 1, p. 94, 2020, doi: 10.18860/mat.v12i1.8573.

Diterbitkan

2022-07-28

Cara Mengutip

[1]
D. S. Sany dan S. Suwandi, “Perancangan Mesin Abstrak Finite State Automata Untuk Aplikasi Sewa Tanah Desa”, j. teknologi terpadu, vol. 8, no. 1, hlm. 66-71, Jul 2022.

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama