Pengukuran Tingkat Kesiapan Implementasi E-Learning di Politeknik Negeri Jakarta

Penulis

  • Bambang Warsuta Politeknik Negeri Jakarta
  • Asep Taufik Muharram Politeknik Negeri Jakarta
  • Iga Yusdisti Politeknik Negeri Jakarta
  • Syahda Afallia Jasmine Politeknik Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.54914/jtt.v7i2.434

Kata Kunci:

e-learning, tingkat kesiapan, transformasi digital, Politeknik Negeri Jakarta

Abstrak

Politeknik Negeri Jakarta (PNJ) di tahun 2024 akan menjadi Politeknik kelas Asia. Isu strategis pengembangan PNJ menuju Politeknik kelas Asia adalah melaksanakan “Digital Transformation” untuk pembelajaran dan pelayanan. Salah satu bentuk transformasi digital yang diimplementasikan adalah e-learning. Keberhasilan implementasi e-learning dipengaruhi oleh kesiapan perguruan tinggi memanfaatkan teknologi informasi tersebut dalam pelaksanaan pembelajaran. Penelitian ini merupakan penelitian action research yang menggunakan instrumen kuesioner berdasarkan model yang telah ditetapkan. Penilaian kesiapan penelitian ini menggunakan model Aydin dan Tasci yang disesuaikan untuk institusi pendidikan. Skala pengukuran yang digunakan pada model tersebut adalah skala likert (1-5). Aydin dan Tasci kemudian membagi skala tersebut menjadi 4 interval penilaian, yaitu tidak siap, membutuhkan banyak peningkatan (indeks 1-2,59); tidak siap, membutuhkan sedikit peningkatan (indeks 2,6-3,39); siap, membutuhkan sedikit peningkatan (indeks 3,4-4,19); siap, penerapan e-learning dapat dilanjutkan (indeks 4,2-5). Skor hasil penilaian kesiapan implementasi e-learning di PNJ adalah sebesar 4,16 yang menunjukkan bahwa PNJ sudah siap mengimplementasikan ­e-learning dengan sedikit peningkatan yang harus dilakukan, yaitu terkait dengan faktor pengembangan diri (self-development) dan inovasi (innovation).

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

PNJ, “Rencana Strategis (Renstra) Politeknik Negeri Jakarta 2020-2024,” pnj.ac.id, 2021. https://perencanaan.pnj.ac.id/readmore/5f7a8a7be6683574e5504542/renstra-pnj-2020-2024.

R. Faslah and H. B. Santoso, “Analisis Kesiapan Implementasi E-Learning Menggunakan E-Learning Readiness Model,” POSITIF J. Sist. dan Teknol. Inf., vol. 3, no. 2, p. 113, 2017, doi: 10.31961/positif.v3i2.431.

R. C. Clark and R. E. Mayer, E-learning and the Science of Instruction important: Fourth Edition. 2016.

C. H. Aydin and D. Tasci, “Measuring Readiness for e-Learning : Reflections from an Emerging Country,” Educ. Technol. Soc., no. January 2005, 2014.

A. Djamaris, A. Budi Priyanto, and F. Jie, “Implementation of e-learning system readiness: Indonesia context,” 2012 IEEE 6th Int. Conf. Manag. Innov. Technol. ICMIT 2012, no. June, pp. 314–319, 2012, doi: 10.1109/ICMIT.2012.6225824.

H. B. Seta, T. Wati, and N. Matondang, “Analisis Pengukuran Tingkat Kesiapan Implementasi E-Learning ( E-Learning Readiness ) Studi Kasus : Upn ‘ Veteran ’ Jakarta,” in Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Multimedia 2016, 2016, pp. 2.5-1-2.5-6.

R. I. Fariani, “Pengukuran Tingkat Kesiapan E-Learning (E-Learning Readiness),” in Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATI), 2013, pp. 1–7.

E. Firmansyah et al., “Examining readiness of e-learning implementation using Aydin and Tasci model: A rural university case study in Indonesia,” in AIP Conference Proceedings, 2021, vol. 2331, doi: 10.1063/5.0041715.

Uma Sekaran and R. Bougie, “International Standard Classification of Occupations (ISCO),” Encycl. Qual. Life Well-Being Res., pp. 3336–3336, 2014, doi: 10.1007/978-94-007-0753-5_102084.

M. N. Saunders, P. Lewis, and A. Thornhill, Research Methods for Business Students, 8th ed. New York: Pearson, 2019.

Kemendibudristek, “Pangkalan Data Pendidikan Tinggi,” 2021. https://pddikti.kemdikbud.go.id/ (accessed Sep. 13, 2021).

B. Setiaji and P. A. C. Dinata, “Analisis kesiapan mahasiswa jurusan pendidikan fisika menggunakan e-learning dalam situasi pandemi Covid-19,” J. Inov. Pendidik. IPA, vol. 6, no. 1, pp. 59–70, 2020, doi: 10.21831/jipi.v6i1.31562.

Diterbitkan

2021-12-30

Cara Mengutip

[1]
B. Warsuta, A. T. Muharram, I. Yusdisti, dan S. A. Jasmine, “Pengukuran Tingkat Kesiapan Implementasi E-Learning di Politeknik Negeri Jakarta ”, j. teknologi terpadu, vol. 7, no. 2, hlm. 93-97, Des 2021.

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama