Pengembangan Aplikasi Permainan Pembelajaran Matematika menggunakan Model-Driven Game Development

Penulis

  • Umair STT Terpadu Nurul Fikri
  • Hilmy Abidzar Tawakal STT Terpadu Nurul Fikri

Kata Kunci:

game development, pola, matematika, model-driven

Abstrak

Permainan komputer secara empiris terbukti mampu melengkapi kemampuan metacognitive yang tidak didapatkan melalui pendidikan matematika biasa. Pembelajaran berbasis permainan juga terbukti meningkatkan keterikatan, motivasi, berfikir kritis, dan keterampilan belajar. Namun demikian proses pengembangan permainan untuk pembelajaran membutuhkan kolaborasi dengan berbagai pihak yang memiliki latar belakang yang berbeda. Pendekatan model-driven game development mempermudah proses komunikasi dan kolaborasi antar pihak dengan latar belakang yang berbeda karena menggunakan bahasa pemodelan yang mudah difahami berbagai pihak. Hasil dari Usability Testing yang didapatkan melaui kuesioner menunjukkan bahwa aplikasi permainan yang dihasilkan memiliki nilai usability 87,22%. Hasil pengujian juga menunjukkan bahwa permainan edukasi dengan jenis platformer mampu mendorong minat pemain untuk belajar.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

MoboMarket, “Q1 2015 Indonesia Mobile Data Report Based on MoboMarket Users Data Research,” 2015.

S. Viswanathan and B. Radhakrishnan, “A Novel Game Design Methodology for STEM Program,” International Journal of Game-Based Learning (IJGBL), Vol. 8, No. 4, pp. 1-17, 2018.

S. S. Smith, “Early Childhood Mathematics,” 2009.

S. Tang and M. Hanneghan, “State-of-The-Art Model Driven Game Development: A Survey of Technological Solutions for Game-Based Learning,” Journal of Interactive Learning Research, Vol. 22, No. 4, pp. 551-605, 2011.

B. Schmitz, R. Klemke, M. Specht, M. Hoffmann, R. Klamma, “Developing a Mobile Game Environment to Support Disadvantaged Learners,” In 2012 IEEE 12th International Conference on Advanced Learning Technologies, pp. 223-227, 2012

U. Ritterfeld, M. Cody, P. Vorderer (Eds.), “Serious Games: Mechanisms and Effects,” Routledge, 2009

S. T. Yong, P. Gates, A. T. Y. Chan, “Similarities and Differences in Learning of Metacognitive Skills: Computer Games Versus Mathematics Education,” International Journal of Game-Based Learning (IJGBL), Vol. 9, No. 1, pp. 1-14, 2019.

E. M. Reyno, J. Á. C. Cubel, “Model Driven Game Development: 2D Platform Game Prototyping,” In GAMEON, pp. 5-7, 2008.

D. T. Dodge, L. J. Colker, C. Heroman, “The Creative Curriculum [R] for Preschool,” Fourth Edition, 2001.

Rosi L. Simamora (Penterjemah), “Mahkota Permata yang Hilang (Seri Genius Matematika, #2, Pola),” Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama, 2010.

M. Klappenbach, “Lifewire,” dotdash, 27 November 2019. [Online]. Available: https://www.lifewire.com/what-is-a-platform-game-812371. [Diakses 25 January 2020].

B. Selic, “The Pragmatic of Model-Driven Development,” IEEE Computer Society, 2003.

Diterbitkan

2021-07-16

Cara Mengutip

Umair, U., & Tawakal, H. A. (2021). Pengembangan Aplikasi Permainan Pembelajaran Matematika menggunakan Model-Driven Game Development. Jurnal Teknologi Terpadu, 7(1), 39-44. Diambil dari https://journal.nurulfikri.ac.id/index.php/jtt/article/view/346

Terbitan

Bagian

Artikel