Perancangan Visualisasi “Driver Machine Interface Display” pada Kereta Api berbasis ATO/ATP menggunakan Aplikasi Visual Studio

Penulis

  • Agustinus Prasetyo Wibiwo Politeknik Perkeretaapian Indonesia
  • Febi Wiratama Putra Politeknik Perkeretaapian Indonesia

Kata Kunci:

Interlocking berbasis komunikasi, gerbong kereta, tampilan visual pengemudi, desain

Abstrak

Onboard System merupakan salah satu bagian komponen dari route otomatis pada CBTC. Communication Base Interlocking (CBTC) merupakan sistem teknologi kereta yang diterapkan sekarang. Sistem teknologi kereta tersebut di indonesia diterapkan pada kereta MRT dan LRT. Pada MRT yaitu menerapkan Grade Of Automation 2 dan LRT menerapkan Grade Of Automation 1. GOA adalah sistem yang mengatur tentang otomatisasi pada sistem kontrol kereta. Pada Onboard System ini sering terjadi kendala, yaitu masinis kesulitan mengetahui kondisi kereta. Oleh sebabitu perlu adanya desain system yang membantu masinis mengetahui kondisi kereta. Metode penelitian ini terdiri dari observasi, design dan pengujian sistem. Design sistem dibuat agar masinis dapat memudahkan untuk mengetahui kondisi kereta. Pengujian dilakukan yaitu uji fungsi menerima data dari sisi Radio Blok Control dengan On-board dapat diproses sesuai dengan fungsinya. Dari hasil pengujian tersebut menunjukan bahwa fungsi menerima dan memproses data pada On-board dapat dilakukan sesuai dengan fungsinya. Dari pengujian yang telah dilakukan dengan percobaan 20 simulasi rute yang dibentuk oleh sistem seluruhnya berhasil dijalankan dengan kecepatan 70 – 90 km dan ditampilkan sesuai dengan inputan dari database  Radio Blok Control dengan mode ATO dan ATP. Dengan asumsi rangkaian 10 kereta dengan berat 38 ton, 1 lokomotif dengan berat 84 ton dan okupansi penumpang 100%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

A. P. Harianja, “Perancangan Perangkat Lunak Visualisasi Algoritma Greedy,” Jurnal Sistem Informasi Kaputama (JSIK), Vol. 3, No.1, 2019.

A. P. E. Wibowo, “Penerapan Aplikasi Simpler dalam Pembelajaran Bahasa Inggris berbasis Android bagi Taruna Politeknik Perkeretaapian Indonesia,” Jurnal AGHINYA STIESNU Bengkulu. Vol. 3, no. 1, 2020.

D. R. Aulia, “Penerapan Teknologi Virtual Reality pada Simulasi Sistem Ticketing di Stasiun Kereta Api Bogor,” Jurnal Teknologi Rekayasa, Volume 22, No. 1, 2017.

H. Haryanto and S. Hidayat, “Perancangan HMI (Human Machine Interface) untuk Pengendalian Kecepatan Motor DC,” pp. 1 – 8, 2012.

R. Rohayati and A. Irwandi, “Perancangan dan Implementasi Sistem Informasi Inventaris Laboratorium,” Jurnal Intekna. Vol. 16. No. 2, pp. 15-19, 2016.

S. D. Pratama, “Aplikasi Ilustrasi Desain pada Kereta Api Argo Parahyangan dengan Muatan Kearifan Budaya Lokal Jawa Barat,” Jurnal Sketsa, Vol. 2, No. 1, 2015.

W. Wirasta and I. Febriansyah, “Perancangan Sistem Informasi Penyewaan Alat-Alat Pesta berbasis Web di Narda Pesta,” Jurnal LPKIA. Vol. 1, No. 1, pp. 1-8, 2014.

Wahyudin, S. Wahyudi, M. I. A. Robbi, “Visualisasi Masjid Agung Rangkasbitung berbasis 3D dengan menggunakan Google Sketchup & After Effect,” Jurnal Prosisko. Vol. 2. No. 2, pp. 62-68, 2015.

U. D. Widianti, “Pembangunan Sistem Informasi Aset di PT. Industri Telekomunikasi Indonesia (Persero) berbasis Web,” Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika. Vol. 1, No. 2, pp. 57-62, 2012.

I. Widiyanah, “Glossary for Railway Terms,” Yogyakarta: PT. Naila Pustaka, 2016.

Diterbitkan

2021-07-16

Cara Mengutip

Wibiwo, A. P., & Putra, F. W. (2021). Perancangan Visualisasi “Driver Machine Interface Display” pada Kereta Api berbasis ATO/ATP menggunakan Aplikasi Visual Studio. Jurnal Teknologi Terpadu, 7(1), 45-50. Diambil dari https://journal.nurulfikri.ac.id/index.php/jtt/article/view/311

Terbitan

Bagian

Artikel