Rancang Bangun Sistem Repositori Berbasis Web Semantik Menggunakan Ontologi

Penulis

  • Prianda Dipati Bangsa Politeknik Negeri Jakarta
  • Indra Hermawan Politeknik Negeri Jakarta

DOI:

https://doi.org/10.54914/jtt.v6i2.278

Kata Kunci:

Repositori, web semantik, ontologi, RDF, SPARQL

Abstrak

Repositori adalah sebuah sistem yang digunakan untuk melakukan penyimpanan data berupa informasi seperti dokumen kearsipan, jurnal, atau karya tulis dalam sebuah lembaga institusi. Dalam penelitian kali ini akan dibuat perancangan sistem repositori untuk jurusan Teknik Informatika dan Komputer pada institusi Politeknik Negeri Jakarta dengan berbasiskan web semantik.  Teknologi semantik memungkinkan sistem dapat mengerti suatu makna pada suatu informasi. Pembuatan repositori ini menggunakan apache jena fuseki sebagai penyimpanan data dengan SPARQL yang dibuat dengan skema Resource Description Framework. Hasil akhir dari penelitian ini menjadi sebuah sistem repositori dimana telah berhasil diterapkan pada pengumpulan tugas akhir pada tahun 2020 ini dengan terdapat fitur pencarian regular dan juga spesifik dalam mempermudah pencarian suatu dokumen.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Gunawan, Fandi Halim, Penerapan Web Semantik Untuk Aplikasi Pencarian Pada Repositori Koleksi Penelitian, Studi Kasus: Program Studi Sistem Informasi STIKOM MIKROSKIL MEDAN

Hasugian, J. (2003). Pengantar kearsipan.

Amstrong, Michelle, 2013. Institutional repository management models that support faculty research dissemination.

Anwar, M. (2015). Filsafat pendidikan. Kencana.

A.Sayuti dan Kurniawati. 2013. Manajemen Sarana dan Prasarana di SMK 1 Kasihan Bantul. Jurnal Akuntabilitas Manajemen Pendidikan, Vol. 1, No. (1): 98- 108.

Wibisono, Riyan (2018) APLIKASI VIRTUAL CUSTOMER SERVICE BERBASIS SEMANTIK MENGGUNAKAN ONTOLOGI. Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.

Aminudin, 2015, Cara Efektif Belajar Framework Laravel, Lokomedia, Yogyakarta

S, Rosa A. Dan M.Shalahuddin. (2013). Rekayasa Perangkat Lunak Terstruktur dan Berorientasi Objek.Bandung:Informatika.

Mustaqbal, M. Sidi, Roero Fajri Firdus, Hendra Rahmadi 2015. Pengujian Aplikasi Menggunakan Black Box Testing Boundary Value Analysis. Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi Terapan Vol.1, No.3

Perry, William E. 2006. Effective Methods for Software Testing 3rd Edition. Wiley Publishing, Inc. Indianapolis,Indiana

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-12-30

Cara Mengutip

[1]
P. Dipati Bangsa dan I. Hermawan, “Rancang Bangun Sistem Repositori Berbasis Web Semantik Menggunakan Ontologi”, j. teknologi terpadu, vol. 6, no. 2, hlm. 58–65, Des 2020.

Terbitan

Bagian

Artikel