Penggunaan Social Network Analysis Untuk Mencari Calon Pemimpin (Studi Kasus pada STIKOM Uyelindo Kupang)

Penulis

  • Semlinda Juszandri Bulan

DOI:

https://doi.org/10.54914/jtt.v6i2.267

Kata Kunci:

pemimpin, social network analysis, nodeXL

Abstrak

Keberhasilan.suatu.organisasi.ditentukan.oleh.banyak faktor,.salah.satu.faktor.yang.utama adalah.kepemimpinan. Pemimpin memegang peranan yang sangat penting dalam keberhasilan dari suatu organisasi. Penelitian ini bertujuan untuk menemukan calon pemimpin di STIKOM Uyelindo Kupang. Dalam penelitian ini, sampel yang digunakan berjumlah 53 orang. Data dikumpulkan dengan menyebarkan kuesioner kepada semua staf yang ada di STIKOM Uyelindo Kupang. Metode yang digunakan untuk menganalisis data adalah Social Network Analysis (SNA), SNA dapat digunakan untuk mempelajari hubungan atau interaksi sosial antar anggota dari sebuah kelompok individu. Software yang digunakan untuk menganalisis jaringan sosial adalah NodeXL. Hasil penelitian menyatakan bahwa node V15, V7 dan V25  memiliki perhitungan in-degree tertinggi sehingga dapat disimpulkan bahwa ketiga aktor tersebut merupakan calon pemimpin yang potensial di masa yang akan datang.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Robbins, S.P., 2011, Perilaku Organisasi, Jakarta, Indeks Gramedia.

Marjaya, I. dan Pasaribu, F., 2019, “Pengaruh Kepemimpinan, Motivasi, dan Pelatihan Terhadap Kinerja Pegawai”, Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, Vol 2, No. 1, pp. 129-147.

Andayani, I. dan Tirtayasa, S., 2019, “Pengaruh Kepemimpinan, Budaya Organisasi, Dan Motivasi Terhadap Kinerja Pegawai”, Jurnal Ilmiah Magister Manajemen, Vol 2, No. 1, pp. 45-54.

Abbas, W. dan Asghar, I., 2010, The Role of Leadership in Organizational Change Relating the Successful Organizational Change to Visionary and Innovative Leadership, Master Thesis, University of Gavle.

Siang, J. J., 2009, Matematika Diskrit dan Aplikasinya pada Ilmu Komputer, Yogyakarta, Andi.

Monclar, R.S., Oliveira, J., de Faria, F.F., Ventura, L., de Souza, J.M., dan Campos, M.L.M., 2011, “Using Social Networks Analysis for Collaboration and Team Formation Identification”, Proceedings of the 2011 15th International Conference on Computer Supported Cooperative Work in Design, IEEE, pp. 562-569.

Ding, L. dan Shi, P., 2011, “Social Network Analysis Application in Bulletin Board Systems, International Conference on Intelligence Science and Information Engineering”, IEEE, pp. 317-320.

Remko, H. dan Kees, B., 2006, Application of Knowledge Network Analysis to Identify Knowledge Sharing Bottleneks at an Engineering Firm, Proceeding of 14th European Conference on Information System, Goteborg, Sweden.

Heninggar, Anggia, P., dan Alfian, R., 2012, Menemukan Pemimpin dan Pemimpin Potensial dengan Social Network Analysis (SNA) Studi Kasus FUKI Fasilkom UI, Depok, tidak dipublikasikan.

Insani, N. dan Waryanto, N.H., 2012, “Penerapan Teori Graf pada Analisis Jejaring Sosial dengan Menggunakan Microsoft NodeXL”, Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematikav Pythagoras, Vol. 7, No. 1, pp. 83-99.

Soumokil, O.V., Manongga, D. dan Hendry, 2013, “Pengaruh Sentralitas Aktor dalam Jaringan Sosial Game Online Massive Multiplayer Online Role Playing Game Menggunakan Social Network Analysis”, Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (SENTIKA), pp. 129-137.

Yuliana, I., Santosa, P.I., dan Setiawan, N.A., 2015, Analisis Jejaring Media Sosial untuk Pemetaan pada Komunitas Online, Seminar Nasional Aplikasi Teknologi Informasi (SNATi), pp. 14-17.

Yikwa, S., Nugroho, A., dan Sitokdana, M.N.N., 2019, Analisis Hubungan Sosial Anggota Himppar Salatiga di Media Facebook Menggunakan Social Network Analysis, Seminar Nasional Inovasi dan Aplikasi Teknologi di Industri (SENIATI), pp. 70-79.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-12-30

Cara Mengutip

[1]
S. J. Bulan, “Penggunaan Social Network Analysis Untuk Mencari Calon Pemimpin (Studi Kasus pada STIKOM Uyelindo Kupang)”, j. teknologi terpadu, vol. 6, no. 2, hlm. 53–57, Des 2020.

Terbitan

Bagian

Artikel