KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM DENGAN SECI MODEL SEBAGAI MEDIA KNOWLEDGE SHARING PADA PROSES PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK DI PUSAT KOMPUTER UNIVERSITAS TARUMANAGARA

Penulis

  • Rahmat Nurcahyo
  • Dana Indra Sensuse

DOI:

https://doi.org/10.54914/jtt.v5i2.229

Abstrak

Pengembangan perangkat lunak di Universitas Tarumanagara (UNTAR) dilaksanakan oleh bagian Pusat Komputer yang merupakan unit dibawah Direktorat Sistem Informasi dan Database. Proses pengembangan perangkat lunak dilakukan oleh tim pengembangan yang terdiri atas beberapa orang programmer senior dan junior . Di dalam tim tersebut masing-masing programmer memiliki kompetensi, latar belakang programming, coding model, serta pengalaman yang berbeda. Perbedaan inilah yang kemudian menimbulkan kesenjangan dari sisi pengetahuan dan pemahaman terhadap pekerjaan yang dilakukan, hal ini tentu dapat menghambat aktifitas pekerjaan terkait pengembangan  perangkat lunak. Di samping itu pengetahuan juga merupakan aset yang berharga bagi perusahaan atau organisasi yang harus di kelola, di simpan dan di sharing kepada orang-orang di dalam perusahaan atau organisasi tersebut. Untuk itu tujuan penelitian ini adalah membuat sebuah Knowledge Management Sytem sebagai media knowledge sharing antar programmer guna mendukung pengelolaan pengetahuan dan berbagi pengetahuan diantara programmer-programmer di dalam tim pengembangan perangkat lunak. Penelitian ini menggunakan pendekatan SECI Model. Hasil penelitian menghasilkan sebuah rancangan Knowledge Management System dengan fitur-fitur berupa collaboration project, forum online, web portal KMS, blog, knowledge repository, document management system, dan study case. Pengujian menggunakan user acceptance test, dimana diperoleh hasil bahwa sistem yang dirancang dapat berfungsi dengan baik dan sesuai kebutuhan pengguna dengan persentase rata-rata sebesar 82,6%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2019-12-29

Cara Mengutip

[1]
R. Nurcahyo dan D. I. Sensuse, “KNOWLEDGE MANAGEMENT SYSTEM DENGAN SECI MODEL SEBAGAI MEDIA KNOWLEDGE SHARING PADA PROSES PENGEMBANGAN PERANGKAT LUNAK DI PUSAT KOMPUTER UNIVERSITAS TARUMANAGARA”, j. teknologi terpadu, vol. 5, no. 2, Des 2019.

Terbitan

Bagian

Artikel