Sistem Rekomendasi untuk Menentukan Level Kompetensi Pengajar Dengan Metode Multiple Attribute Decision Making: Studi Kasus Di Nurul Fikri Computer

Penulis

  • Nasrul Nasrul Nasrul NF COMPUTER

Abstrak

Nurul Fikri Computer yang juga dikenal dengan NF COMPUTER merupakan sebuah lembaga komputer yang melayani jasa training komputer untuk lembaga pemerintah, swasta, dan masyarakat umum. Seiring dengan banyaknya permintaan pelatihan komputer, maka pemetaan level kompetensi pengajar menjadi suatu keharusan. Kendala yang dihadapi manajemen NF COMPUTER saat ini adalah merasakan kesulitan terhadap proses penentuan level kompetensi pengajar, karena banyak begitu banyak faktor untuk menentukan level kompetensi pengajar. Tujuan penelitian ini adalah menentukan kinerja sistem informasi untuk menentukan level kompetensi pengajar secara tepat dengan pendekatan metode Multiple Attribute Decision Making (MADM) yang merupakan sebuah metode untuk menentukan sebuah keputusan dengan banyaknya kriteria. Penelitian ini membandingankan beberapa metode yang termasuk metode MADM dan selanjutnya dibandingkan dengan pendapat para pakar. Hasil perbandingannya adalah 80% sama pada lima peringkat teratas dan 100% sama pada lima peringkat terbawah. Setelah aplikasi selesai dibuat, penulis melakukan pengujian sistem tersebut dengan mengunakan metode User Acceptance Test (UAT) dengan hasil 81%. Hasil pengujian ini dapat dikatakan baik dan bisa diaplikasikan ke dalam sebuah sistem informasi untuk menentukan level kompetensi pengajar dengan tepat.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Nasrul Nasrul Nasrul, NF COMPUTER

Instruktur

Referensi

Poerwadarminta, Kamus Besar Bahasa Indonesia. Bandung: Hasta, 1999.

S. Sagala, Kemampuan Professional Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta, 2009.

Uno, Model Pembelajaran Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara, 2007.

Palan, Teknis Mengimplementasikan Manajemen SDM Berbasis Kompetensi untuk Meningkatkan Daya Saing Organisasi. Jakarta: PPM, 2007.

Mulyasa, Implementasi Kurikulum 2004 Panduan Pembelajaran KBK. Remaja Rosda Karya, 2004.

Z. Asril, Microteaching. Jakarta: Rajawali Pers, 2010.

Trianto, Yuridis Hak Serta Kewajiban Pendidik Menurut Uu Guru Dan Dosen. Jakarta: Prestasi Pustaka, 2006.

W. Kusumadewi, Hartati, Harjoko, Fuzzy Multi Attribute Decision Making (Fuzzy MADM). Yogyakarta: Graha Ilmu, 2006.

P. S. Hasugian, H. D. Hutahaean, and H. T. Sihotang, “Sistem Pendukung Keputusan Penentuan Guru Wali Kelas Pada SMP Negeri 19 Medan Dengan Menggunakan Metode Simple Additive Weighting” J. Inform. Pelita Nusant., vol. 2, no. 1, pp. 32–39, 2017.

[Moleng, Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2002.

Diterbitkan

2019-12-29

Cara Mengutip

Nasrul, N. N. (2019). Sistem Rekomendasi untuk Menentukan Level Kompetensi Pengajar Dengan Metode Multiple Attribute Decision Making: Studi Kasus Di Nurul Fikri Computer. Jurnal Teknologi Terpadu, 5(2). Diambil dari https://journal.nurulfikri.ac.id/index.php/jtt/article/view/228

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel Serupa

Anda juga bisa Mulai pencarian similarity tingkat lanjut untuk artikel ini.