Analisis Dan Perancangan Layanan Aspirasi Dan Informasi Pada Kelurahan Oebufu

Penulis

  • Olivia Maria Inacio Tavares Program Studi Sistem Informasi STIKOM Uyelindo Kupang

Abstrak

Saat ini peranan teknologi informasi dalam membantu memajukan efisiensi kerja lembaga pemerintahan sudah sangat berkembang pesat mulai dari kantor pemerintahan di daerah perkotaan hingga pada pelosok–pelosok daerah kecil. Setiap instansi pemerintah dituntut untuk dapat mengelola dengan baik sistem kerja yang dijalankan, terutama dalam pengelolaan sistem informasi secara lengkap, terstruktur, serta transparan kepada masyarakat sehingga kebutuhan akan informasi oleh setiap pihak yang berkepentingan dapat terpenuhi dengan baik, lengkap, cepat serta bisa ditemukan dimana saja dan kapan saja. Dalam menanggapi hal ini, di Kelurahan Oebufu, Kota Kupang, Nusa Tenggara Timur belum terdapat sarana yang dapat menginformasikan berbagai bentuk layanan, program serta informasi terkait kelurahan sehingga masyarakat masih kesulitan dalam mengetahui berbagai informasi–informasi penting terkait kelurahan. Selain masalah penyebaran informasi di kelurahan, masyarakat juga kesulitan dalam menyampaikan berbagai bentuk aspirasi ataupun keluhan tentang berbagai masalah, baik masalah sampah, kondisi sosial masyarakat dan lain sebagainya. Dikarenakan hal tersebut maka akan dirancang sebuah sistem yang berbasis Android dan SMS gateway dengan memanfaatkan web service sebagai sarana penyampaian aspirasi dan informasi guna memudahkan pihak kelurahan maupun masyarakat Kelurahan Oebufu dalam hal penyebaran dan pengaksesan informasi serta penyampaian dan penanggapan aspirasi.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

Olivia Maria Inacio Tavares, Program Studi Sistem Informasi STIKOM Uyelindo Kupang

Program Studi Sistem Informasi Strata Satu STIKOM Uyelindo Kupang.

Referensi

A. Sujata, B. Masthuri, Winarso, DD. Fernandes & S. Widyawati, Ombudsman Indonesia Masa Lalu, Sekarang, dan Masa Mendatang, Komisi Ombudsman Nasional, Jakarta, 2002.

FMH. Tjiptabudi, “Perencanaan Arsitektur Sistem Informasi Keimigrasian Pada PLBN Terpadu Di NTT”, Journal Informatic Technology And Communication (JITU), vol. 3, no. 1, pp. 11-19, 2019.

Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Balai Pustaka, Jakarta, 2003.

B. Istariyani, Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan PT. TELKOM Cabang Sragen. FE UMS, Sragen, 2002.

MA. Hoetomo, Kamus Lengkap Bahasa Indonesia, Mitra Pelajar, Surabaya, 2005.

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, Rineka Cipta, Jakarta, 2003.

E. Turban, Decision Support Systems and Intelligent Systems, Edisi 7, Andi, Yogyakarta, 2005.

R. McLeod & HT. Schell, Sistem Informasi Manajemen, Edisi 8. PT. Indeks, Jakarta, 2004.

N. Safaat, Pemrograman Aplikasi Mobile Smartphone Dan Tablet PC Berbasis Android, Informatika, Bandung, 2015

PA. Merditawati, MM. Hidayat & RF. Tias, “Decision Support System For Selecting Tourism Object In Surabaya City Using Simple Additive Weighting Based On Android”, Journal of Electrical Engineering and Computer Sciences, vol. 3, no. 1, 2018.

M. Sadeli, Aplikasi SMS dengan Visual Basic 6.0 dan Visual Basic 2010, Maxikom, Palembang, 2012.

A. Saputra, Membangun Aplikasi Bioskop Dan SMS Untuk Panduan Skripsi. PT. Elex Media Komputindo, Jakarta, 2013.

S. Pramsane & R. Sanjaya “Mobile Education Services Based on SMS and Their Architecture Comparison”, Proceeding of Third International Conference on eLearning for Knowledge-Based Society, pp. 49.1-49.9, 2006.

DE Tarigan, Membangun SMS Gateway Berbasis Web Dengan Codeigniter, Lokomedia, Yogyakarta, 2012.

L. Wulandari & IWS. Wicaksana, “Toward Web Service”, Prosiding Seminar Ilmiah Nasional Komputer dan Sistem Intelijen 2006, pp. 1-6, 2006.

MC. Daconta, The Semantic Web Technologies: A Guide To The Future of XML, Web Services and Knowledge Management, Edisi 1, Wiley Publishing, Canda, 2003.

R. Hartono, Rancang Bangun Rest Web Service Untuk Sistem Informasi Pengisian Kartu Rencana Studi Berbasis Android, Universitas Muhammadiyah, Purwokerto, 2013.

J. Pardede, U. Ungkawa, & AK. Ramdan, “Implementasi Web Service Composite (Studi Kasus Aplikasi Pariwisata)”, Prosiding Konferensi Nasional Sistem Informasi 2013, pp. 389-393, 2013.

R. Ferdiana, Rekayasa Perangkat Lunak yang Dinamis dengan Global eXtreme Programming, Andi Offset, Yogyakarta, 2012.

F. Tjiptabudi, “Pembangunan e-Business Berbasis Website Berdasarkan Kerangka PIECES (Studi Kasus: Aspin Photography & Video Pro)”, Jurnal Teknologi Terpadu (JTT), vol. 3, no. 2, pp. 24-34, 2017.

Munawar, Pemodelan Visual dengan UML, Graha Ilmu, Yogyakarta, 2008.

Diterbitkan

2019-12-31

Cara Mengutip

Tavares, O. M. I. (2019). Analisis Dan Perancangan Layanan Aspirasi Dan Informasi Pada Kelurahan Oebufu. Jurnal Teknologi Terpadu, 5(2). Diambil dari https://journal.nurulfikri.ac.id/index.php/jtt/article/view/226

Terbitan

Bagian

Artikel

Artikel paling banyak dibaca berdasarkan penulis yang sama