Analisis dan Perancangan Antarmuka Aplikasi Wisata Menggunakan Metode User Centered Design (UCD)
DOI:
https://doi.org/10.54914/jtt.v9i2.977Kata Kunci:
Figma, Pariwisata, System Usability Scale(SUS), UI/UX, User-Centered DesignAbstrak
Lampung memiliki banyak tempat wisata dan kawasan alam yang menarik perhatian para wisatawan, baik dalam maupun dari luar negeri. Namun, masih ada tantangan dalam mengoptimalkan potensi pariwisata Lampung. Salah satu tantangannya adalah akses informasi yang terbatas mengenai destinasi wisata, akomodasi, dan kegiatan yang tersedia. Selain itu, koordinasi antara wisatawan dan pihak terkait seperti pengelola destinasi dan pelayanan pariwisata juga perlu ditingkatkan. Untuk mengatasi masalah ini, dirancanglah prototipe aplikasi VACALAM (Vacation Lampung) menggunakan Figma dengan metode User-Centered Design (UCD). Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kenyamanan dan kepuasan pengguna dalam menggunakan aplikasi Vacalam dan mendorong wisatawan untuk mengunjungi Lampung. Dalam aplikasi ini terdapat beberapa fitur di antaranya fitur pemesanan tiket, daftar wisata, wisata yang sedang trending, dan daftar acara di Lampung. Hasil dari penelitian ini berupa perancangan antarmuka pengguna yang mengikuti prinsip desain yang baik, termasuk kesederhanaan, konsistensi, dan keterbacaan. Penggunaan warna, tipografi, dan ikon juga dipertimbangkan untuk meningkatkan kejelasan dan tampilan visual aplikasi. Perancangan antarmuka pengguna dan pengalaman pengguna yang sudah baik telah diuji menggunakan System Usability Scale (SUS), dengan skor akhir sebesar 71,75. Hasil ini memberikan panduan bagi pengembang aplikasi lain dalam merancang antarmuka pengguna dan pengalaman pengguna yang menarik dan responsif menggunakan Figma.
Unduhan
Referensi
M. Tinambunan And S. Sintaro, “Aplikasi Restfull Pada Sistem Informasi Geografis Pariwisata Kota Bandar Lampung,†J. Inform. Dan Rekayasa Perangkat Lunak, Vol. 2, No. 3, Pp. 312–323, 2021, Doi: 10.33365/Jatika.V2i3.1230.
M. N. M. Al-Faruq, S. Nur’aini, And M. H. Aufan, “Perancangan Ui/Ux Semarang Virtual Tourism Dengan Figma,†Walisongo J. Inf. Technol., Vol. 4, No. 1, Pp. 43–52, 2022, Doi: 10.21580/Wjit.2022.4.1.12079.
A. Qausar, “Perancangan Ui Ux Desigen Aplikasi Peminjaman Buku Perpustakaan Berbasis Mobile Pada Sma Negeri 31 Jakarta,†J. Pariwisata Bisnis Digit. Dan Manaj., Vol. 1, No. 2, Pp. 78–86, 2022, Doi: 10.33480/Jasdim.V1i2.3720.
Y. Mukti, “Rancang Bangun Website Sekolah Dengan Metode User Centered Design (Ucd),†J. Ilm. Betrik, Vol. 9, No. 02, Pp. 84–95, 2018, Doi: 10.36050/Betrik.V9i02.34.
R. Setiawan And P. E. Mountaines, “Perancangan Tampilan Antarmuka Website Program Umkm Tupai Tech Menggunakan Figma,†J. Tek. Komput., Vol. 1, No. 3, Pp. 132–140, 2022, Doi: 10.14710/Jtk.V1i3.37608.
A. Herlambang, A. S. R. Ansori, And M. H. Syahbani, “Tempat Kuliner Berbasis Android Menggunakan Metode User-Centered Design Ui / Ux Design Of Tourism Destination And Culinary Places Application Based On Android Using User-Centered Design,†E-Proceeding Eng., Vol. 8, No. 5, Pp. 6574–6582, 2021.
I. N. Arifin, H. Tolle, And R. I. Rokhmawati, “Evaluasi Dan Perancangan User Interface Untuk Meningkatkan User Experience Menggunakan Metode Human-Centered Design Dan Heuristic Evaluation Pada Aplikasi Ezyschool,†J. Pengemb. Teknlogi Inf. Dan Ilmu Komput., Vol. 3, No. 2, Pp. 1725–1732, 2019.
I. K. Wardani, P. Utomo, And A. Budiman, “Pemanfaatan Metode Design Thinking Dan Pengujian Sus Untuk Ui / Ux Aplikasi Home Care Madiun Berbasis Android,†Vol. 4, No. 2, Pp. 106–125, 2023.
Z. A. Achmad And R. Ida, “Etnografi Virtual Sebagai Teknik Pengumpulan Data Dan Metode Penelitian,†J. Soc. Media, Vol. 2, No. 2, P. 130, 2018, Doi: 10.26740/Jsm.V2n2.P130-145.
D. L. Kaligis And R. R. Fatri, “Pengembangan Tampilan Antarmuka Aplikasi Survei Berbasis Web Dengan Metode User Centered Design. Just It : Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi Dan Komputer, 10(2), 106. Https://Doi.Org/10.24853/Justit.10,†Just It J. Sist. Informasi, Teknol. Inf. Dan Komput., Vol. 10, No. 2, P. 106, 2020.
A. E. Ifurnholic Et Al., “Analisis Perbandingan User Flow Dari.â€
J. Santoso, “Usability User Interface Dan User Experience Media Pembelajaran Kamus Kolok Bengkala Berbasis Android,†J. Sist. Dan Inform., Vol. 12, No. 2, Pp. 174–181, 2018.
I. B. Gede Sarasvananda, C. Anwar, D. Pasha, And S. Styawati, “Analisis Survei Kepuasan Masyarakat Menggunkan Pendekatan E-Crm (Studi Kasus : Bp3tki Lampung),†J. Data Min. Dan Sist. Inf., Vol. 2, No. 1, P. 1, 2021, Doi: 10.33365/Jdmsi.V2i1.1026.
I. P. Sari, A. H. Kartina, A. M. Pratiwi, F. Oktariana, M. F. Nasrulloh, And S. A. Zain, “Implementasi Metode Pendekatan Design Thinking Dalam Pembuatan Aplikasi Happy Class Di Kampus Upi Cibiru,†Edsence J. Pendidik. Multimed., Vol. 2, No. 1, Pp. 45–55, 2020, Doi: 10.17509/Edsence.V2i1.25131.
A. Aleryani And A. Y. Aleryani, “Comparative Study Between Data Flow Diagram And Use Case Diagram Some Of The Authors Of This Publication Are Also Working On These Related Projects: 1000 Researchers Fcit View Project A Model To Measure The Impact Of Culture On E-Readiness For E-Governmen,†Int. J. Sci. Res. Publ., Vol. 6, No. 3, P. 124, 2016.
O. Yuliani And J. Prasojo, “Rancang Bangun Sistem Informasi Obyek Wisata Berbasis Web Menggunakan Metode User Centered Design (Ucd),†Angkasa J. Ilm. Bid. Teknol., Vol. 7, No. 2, P. 149, 2017, Doi: 10.28989/Angkasa.V7i2.158.
E. Siswanto And F. Rira Cipty, “Perancangan Sistem Informasi Pengelolaan Bank Sampah Guyub Rukun Berbasis Web Dengan Metode Ucd,†J. Tek. Inform. Dan Multimed., Vol. 2, No. 1, Pp. 52–61, 2022.
I. H. N. Aprilia, P. I. Santosa, And R. Ferdiana, “Pengujian Usability Website Menggunakan System Usability Scale Website Usability Testing Using System Usability Scale,†J. Iptek-Kom, Vol. 17, No. 1, Pp. 31–38, 2015.
G. Gronier And A. Baudet, “Psychometric Evaluation Of The F-Sus: Creation And Validation Of The French Version Of The System Usability Scale,†Int. J. Hum. Comput. Interact., Vol. 37, No. 16, Pp. 1571–1582, 2021, Doi: 10.1080/10447318.2021.1898828.
D. H. Hariri, H. Hannie, I. Purnamasari, And U. Singaperbangsa Karawang Abstract, “Analisis User Experience Pada Website Waste4change Menggunakan Metode Single Ease Question,†J. Ilm. Wahana Pendidik., Vol. 8, No. 13, Pp. 95–108, 2022.
Aisyah Zarya Ramadhianputri - Komisi 2 - B2024, “Apa Itu Figma?,†student-activity.binus.ac.id, 2021.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Yevi Septiray Purbo, Fandy Setyo Utomo, Yuli Purwati
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.