Implementasi Metode Clarke and Wright Savings dalam Penyelesaian Vehicle Routing Problem di PT. Adiguna Gasindo
DOI:
https://doi.org/10.54914/jtt.v9i2.876Kata Kunci:
Clarke and wright saving, Nearest Insert, Nearest Neighbor, Rute Pengiriman, Saving Matrix, Vehicle Routing ProblemAbstrak
Vehicle routing problem (VRP) merupakan sebuah permasalahan untuk menemukan rute paling optimal dengan tambahan sebuah batasan (constrain). PT. Adiguna Gasindo adalah salah satu agen gas LPG. Data yang digunakan pada penelitian adalah data pengiriman harian ke agen-agen disertai data jumlah muatan per kendaraan. Permasalahan pada penelitian ini adalah ketidakefektifan dalam pengiriman gas LPG ke agen-agen. Tujuan penelitian ini adalah menggunakan metode Saving Matrix untuk menyelesaikan permasalahan VRP. Metode Clarke and Wright Savings atau biasa disebut dengan Saving Matrix akan diimplementasikan untuk menyelesaikan VRP. Pada penelitian ini pendekatan jarak yang digunakan adalah nearest insert dan nearest neighbor. Skenario pengujian yang dilakukan menggunakan tiga jenis kendaraan dengan kapasitas berbeda yaitu kecil (225 kg), sedang (275 kg), dan besar (480 kg). Hasil yang diperoleh akan dibandingkan dengan hasil aktual (rute yang pernah dilakukan) sebagai hasil validasi. Perangkat yang digunakan untuk membangun metode ini menggunakan Bahasa Pemrograman Python dengan IDE Jupiter Notebook. Dari 90 hasil skenario yang berbeda hasil yang diperoleh kendaraan dengan muatan besar adalah kendaraan yang mendapat rute paling optimal baik dari jarak dan biaya. Saving Matrix akan lebih optimal jika dilakukan dengan penambahan teknik nearest insert atau nearest neighbor.
Unduhan
Referensi
R. Yuniarti and M. Astuti, “Penerapan Metode Saving Matrik Dalam Penjadwalan Dan Penentuan Rute Distribusi Premium Di SPBU Kota Malang,†Jurnal Rekayasa Mesin, vol. 4, 2013.
B. Padmanabhan, N. Huynh, W. Ferrell, and V. Badyal, “Potential benefits of carrier collaboration in vehicle routing problem with pickup and delivery,†Transportation Letters, vol. 14, no. 3, pp. 258–273, Mar. 2022, doi: 10.1080/19427867.2020.1852506.
Y. Ancele, M. H. Hà , C. Lersteau, D. Ben Matellini, and T. T. Nguyen, “Toward a more flexible VRP with pickup and delivery allowing consolidations,†Transp Res Part C Emerg Technol, vol. 128, p. 103077, 2021, doi: https://doi.org/10.1016/j.trc.2021.103077.
V. F. Yu, H. Susanto, Y.-H. Yeh, S.-W. Lin, and Y.-T. Huang, “The Vehicle Routing Problem with Simultaneous Pickup and Delivery and Parcel Lockers,†Mathematics, vol. 10, no. 6, 2022, doi: 10.3390/math10060920.
Ç. Koç, G. Laporte, and İ. Tükenmez, “A review of vehicle routing with simultaneous pickup and delivery,†Comput Oper Res, vol. 122, p. 104987, 2020, doi: https://doi.org/10.1016/j.cor.2020.104987.
I. Kucukoglu, R. Dewil, and D. Cattrysse, “The electric vehicle routing problem and its variations: A literature review,†Comput Ind Eng, vol. 161, p. 107650, 2021, doi: https://doi.org/10.1016/j.cie.2021.107650.
G. D. Konstantakopoulos, S. P. Gayialis, and E. P. Kechagias, “Vehicle routing problem and related algorithms for logistics distribution: a literature review and classification,†Operational Research, vol. 22, no. 3, pp. 2033–2062, 2022, doi: 10.1007/s12351-020-00600-7.
Q. Shang, Y. Huang, Y. Wang, M. Li, and L. Feng, “Solving vehicle routing problem by memetic search with evolutionary multitasking,†Memet Comput, vol. 14, no. 1, pp. 31–44, 2022, doi: 10.1007/s12293-021-00352-7.
M. Cengiz Toklu, “A fuzzy multi-criteria approach based on Clarke and Wright savings algorithm for vehicle routing problem in humanitarian aid distribution,†J Intell Manuf, vol. 34, no. 5, pp. 2241–2261, 2023, doi: 10.1007/s10845-022-01917-0.
B. Herdianto and Komarudin, “Guided Clarke and Wright Algorithm to Solve Large Scale of Capacitated Vehicle Routing Problem,†in 2021 IEEE 8th International Conference on Industrial Engineering and Applications (ICIEA), 2021, pp. 449–453. doi: 10.1109/ICIEA52957.2021.9436750.
M. Cengiz Toklu, “A fuzzy multi-criteria approach based on Clarke and Wright savings algorithm for vehicle routing problem in humanitarian aid distribution,†J Intell Manuf, vol. 34, no. 5, pp. 2241–2261, 2023, doi: 10.1007/s10845-022-01917-0.
Lukmandono, M. Basuki, M. J. Hidayat, and F. B. Aji, “Application of Saving Matrix Methods and Cross Entropy for Capacitated Vehicle Routing Problem (CVRP) Resolving,†IOP Conf Ser Mater Sci Eng, vol. 462, no. 1, p. 012025, 2019, doi: 10.1088/1757-899X/462/1/012025.
N. A. F. P. Adam, I. P. Sari, A. Tasya, W. Sutopo, and Yuniaristanto, “Determination of Routes for Daily Newspaper Product Distribution with Saving Matrix Methods,†IOP Conf Ser Mater Sci Eng, vol. 943, no. 1, p. 12040, Oct. 2020, doi: 10.1088/1757-899X/943/1/012040.
D. E. Febriyanti, R. Primadasa, and S. B. Sutono, “Determination of Distribution Routes Using the Saving Matrix Method to Minimize Shipping Costs at PT. SUKUN TRANSPORT LOGISTICS,†SPEKTRUM INDUSTRI, 2022, doi: 10.12198/spektrum.v20i1.18.
K. Sörensen, F. Arnold, and D. Palhazi Cuervo, “A critical analysis of the ‘improved Clarke and Wright savings algorithm,’†International Transactions in Operational Research, vol. 26, no. 1, pp. 54–63, 2019, doi: https://doi.org/10.1111/itor.12443.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Misbahul Munir, Muchamad Kurniawan, Moch. Kalam M, Indah Setyawati
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.