Pengaruh Pemasaran Media Sosial terhadap Keterlibatan Pelanggan (Survei pada Pengguna Halodoc di Indonesia)
DOI:
https://doi.org/10.54914/jtt.v9i1.622Kata Kunci:
E-health, Halodoc, Keterlibatan Pelanggan, Pemasaran Media Sosial, Structural Equation ModelingAbstrak
Studi ini dilakukan agar memperoleh informasi mengenai besaran pengaruh pemasaran media sosial terhadap keterlibatan pelanggan. Pemasaran media sosial (X) merupakan variabel bebas dan keterlibatan pelanggan (Y) menjadi variabel terikat pada penelitian ini. Followers pada akun Instagram Halodoc dipilih untuk menjadi populasi pada penelitian ini dan sampelnya diambil secara acak (simple random sampling) dengan berhasil diperoleh sebanyak 120 responden. Metode SEM digunakan untuk menganalisis data dengan bantuan perangkat lunak IBM SPSS AMOS 21 untuk Windows dalam proses olah datanya. Hasil olah data menggambarkan adanya pengaruh pemasaran media sosial terhadap keterlibatan pelanggan sebesar (0,931) dengan nilai p (0,002) < 0,05. Artificial Intelligence-Analitycs untuk media sosial menjadi alat upaya peningkatan daya saing pengelola Instagram resmi untuk suatu bisnis terhadap kompetitor yang dimiliki dengan menganalisis optimasi konten melalui berbagai layanan berbentuk statistik dan metrik dari penyedia. Artificial Intelligence-Analitycs yang umumnya berbasis website. Rekomendasi penulis untuk Halodoc harus meningkatkan keeratan dengan pelanggan supaya bertambah kuat ikatannya melalui perencanaan konten yang bermanfaat bagi masyarakat dikemas secara menarik dan nantinya diharapkan akan bertambah user generate content ataupun postingan komentar rekomendasi word-of-mouth dari pelanggan ke pelanggan lainnya.
Unduhan
Referensi
V. Kumar and P. Nanda, “Social media in higher education: A framework for continuous engagement,†Int. J. Inf. Commun. Technol. Educ., vol. 15, no. 1, pp. 109–120, 2019, doi: 10.4018/IJICTE.2019010108.
G. Cheng et al., “The relationship between csr communication on social media, purchase intention, and e-wom in the banking sector of an emerging economy,†J. Theor. Appl. Electron. Commer. Res., vol. 16, no. 4, pp. 1025–1041, 2021, doi: 10.3390/JTAER16040058.
A. S. Ajina, “The perceived value of social media marketing: An empirical study of online word of mouth in Saudi Arabian context,†Entrep. Sustain. Issues, vol. 6, no. 3, pp. 1512–1527, 2019, doi: 10.9770/jesi.2019.6.3(32).
S. C. Chen and C. P. Lin, “Understanding the effect of social media marketing activities: The mediation of social identification, perceived value, and satisfaction,†Technol. Forecast. Soc. Change, vol. 140, no. November 2018, pp. 22–32, 2019, doi: 10.1016/j.techfore.2018.11.025.
N. Imran and M. Erjumand, “A Study of the Effectiveness of Social Media Marketing Compared to Traditional Marketing Methods,†RIMS J. Manag., vol. 4, no. 2, pp. 1–8, 2020.
F. J. González-Soriano, P. S. M. Feldman, and J. A. RodrÃguez-Camacho, “Effect of social identity on the generation of electronic word-of-mouth (eWOM) on Facebook,†Cogent Bus. Manag., vol. 7, no. 1, 2020, doi: 10.1080/23311975.2020.1738201.
J. Wang, X. Wang, and Y. Li, “A discrete electronic word-of-mouth propagation model and its application in online social networks,†Phys. A Stat. Mech. its Appl., vol. 527, p. 121172, 2019, doi: 10.1016/j.physa.2019.121172.
F. Rosado-Pinto and S. M. C. Loureiro, “The growing complexity of customer engagement: a systematic review,†EuroMed J. Bus., vol. 15, no. 2, pp. 167–203, 2020, doi: 10.1108/EMJB-10-2019-0126.
V. Unnava and A. Aravindakshan, “How does consumer engagement evolve when brands post across multiple social media?,†J. Acad. Mark. Sci., vol. 49, no. 5, pp. 864–881, 2021, doi: 10.1007/s11747-021-00785-z.
A. A. Alalwan, “Investigating the impact of social media advertising features on customer purchase intention,†Int. J. Inf. Manage., vol. 42, no. April, pp. 65–77, 2018, doi: 10.1016/j.ijinfomgt.2018.06.001.
M. Deja, D. Rak, and B. Bell, “Digital transformation readiness: perspectives on academia and library outcomes in information literacy,†J. Acad. Librariansh., vol. 47, no. 5, p. 102403, 2021, doi: 10.1016/j.acalib.2021.102403.
G. R. Utami and M. E. Saputri, “Pengaruh Social Media Marketing Terhadap Customer Engagement dan Loyalitas Merek pada Akun Instagram Tokopedia under a Creative Commons Attribution (CC-BY-NC-SA) 4.0 license CORE View metadata, citation and similar papers at core.ac.uk provided by Electro,†J. Ris. Manaj. dan Bisnis Fak. Ekon. UNIAT, vol. 5, no. 2, pp. 185–198, 2020, [Online]. Available: http://jrmb.ejournal-feuniat.net/index.php/JRMB/article/view/388.
L. Lisnawati, R. Hurriyati, and A. W. Al Qorni, “Website Quality and Risk Perception as The Influence of Purchase Intention in E-Commerce Website in Indonesia,†J. Pendidik. Manaj. Bisnis, vol. 19, no. 2, pp. 90–99, 2019.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Alif Ridha
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.