Design System pada Perancangan Antarmuka Perangkat Lunak Sistem Akses Digital

Penulis

  • Apriansyah Rizqi Setiawan Universitas Catur Insan Cendekia
  • Marsani Asfi Universitas Catur Insan Cendekia
  • Agus Sevtiana Universitas Catur Insan Cendekia
  • Sudadi Pranata Universitas Catur Insan Cendekia
  • Willy Eka Septian Universitas Catur Insan Cendekia

DOI:

https://doi.org/10.54914/jtt.v9i1.619

Kata Kunci:

Design System, Efisiensi, Konsistensi, User Experience, User Interface

Abstrak

Dalam mengembangkan sistem perangkat lunak, selama ini belum ada aturan tentang pola standar interface pada perangkat lunak berbasis web. Masalah inkonsistensi pada gaya desain antar perangkat lunak dan waktu yang dibutuhkan dalam pengembangan desain interface cenderung menghabiskan waktu. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan kerangka kerja desain bernama Akses Digital Design System. Pendekatan metode perancangan desain sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah Atomic Design. Pada penelitian ini design system yang dibangun dibatasi berupa elemen product yang terdiri dari functional pattern dan perceptual pattern. Adapun hasil atau artefak keluaran menghasilkan design system yang terdiri perceptual pattern dan functional pattern dalam bentuk pattern library, style guide dan code library. Dari hasil penelitian, design system dapat meningkatkan produktivitas dalam mendesain antarmuka pengguna sehingga waktu yang diperlukan dapat dikurangi. Hal ini dikarenakan adanya dokumentasi sebagai panduan terkait komponen-komponen yang akan digunakan sebagai elemen dasar standar. Selain itu, desain user interface yang dihasilkan lebih menyatu dan konsisten.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

A. Kholmatova, “Design Systems. A practical guide to creating design languages for digital products.,” Annals of the CIRP, vol. 46, no. 1, pp. 75–80, 2017.

M. Faizal, “Perancangan Simple Design System Canvas sebagai Pedoman Antarmuka Pengguna untuk Startup Indonesia,” Serat Rupa Journal of Design, vol. 5, no. 1, pp. 108–121, Feb. 2021, doi: 10.28932/SRJD.V5I1.2100.

I. Hidayanti et al., “Analisis Usability Website Sekolah Menengah Atas,” Jurnal Ilmiah Binary STMIK Bina Nusantara Jaya Lubuklinggau, vol. 4, no. 2, pp. 86–93, Oct. 2022, doi: 10.52303/JB.V4I2.81.

D. H. Putra, M. Asfi, and R. Fahrudin, “Perancangan UI/UX Menggunakan Metode Design Thinking Berbasis Web Pada Laportea Company,” Jurnal Ilmiah Teknologi Infomasi Terapan, vol. 8, no. 1, pp. 111–117, Dec. 2021, doi: 10.33197/JITTER.VOL8.ISS1.2021.730.

D. D. Aulia, S. Aminah, and D. Sundari, “Perancangan Prototype Tampilan Antarmuka Berbasis Web Mobile Pada Toko Amira Kosmetik,” Jurnal Ilmiah ILKOMINFO - Ilmu Komputer & Informatika, vol. 5, no. 1, pp. 29–40, Jan. 2022, doi: 10.47324/ILKOMINFO.V5I1.134.

I. F. Ashari and R. R. Muharram, “Pengembangan Antarmuka Pengguna Kolepa Mobile App Menggunakan Metode Design Thinking Dan System Usability Scale,” JSiI (Jurnal Sistem Informasi), vol. 9, no. 2, pp. 168–176, Sep. 2022, doi: 10.30656/JSII.V9I2.4993.

H. Kurniawan and F. F. Adiwijaya, “Penerapan Desain Sistem Menggunakan Metode Atomic Design Di Universitas Muhammadiyah Sukabumi,” Komputa : Jurnal Ilmiah Komputer dan Informatika, vol. 10, no. 1, pp. 19–27, Apr. 2021, doi: 10.34010/KOMPUTA.V10I1.6531.

T. N. Amini, T. N. A. Amini, H. Fabroyir, and R. J. Akbar, “Desain dan Evaluasi Antarmuka Mobile App MyITS Alumni pada Platform Android dan Ios Melalui Pendekatan User-Centered Design,” Jurnal Teknik ITS, vol. 10, no. 2, pp. A133–A139, Dec. 2021, doi: 10.12962/j23373539.v10i2.63024.

A. Fauzan, Z. M. Eka, Z. F. Akbar, and K. Fathoni, “Pengembangan Aplikasi Virtual Tour sebagai Media Pengenalan Lingkungan Kampus PENS berbasis Website,” Jurnal Teknologi Terpadu, vol. 7, no. 1, pp. 23–30, Jul. 2021, doi: 10.54914/JTT.V7I1.341.

A. P. Wibiwo and F. W. Putra, “Perancangan Visualisasi ‘Driver Machine Interface Display’ pada Kereta Api berbasis ATO/ATP menggunakan Aplikasi Visual Studio,” Jurnal Teknologi Terpadu, vol. 7, no. 1, pp. 45–50, Jul. 2021, doi: 10.54914/JTT.V7I1.311.

C. Boyce and P. Neale, Conducting in-depth interviews: a guide for designing and conducting in-depth interviews for evaluation input., 2nd ed. Watertown: MA: Pathfinder international., 2006.

B. Frost, Atomic Design. Brad Frost, 2016.

F. R. Kautsar, “Rancang Bangun Sistem Informasi Agroindustri Belimbing Dewa Pemerintah Daerah Kota Depok,” S.TP. skripsi, Teknologi Industri Pertanian, IPB (Bogor Agricultural University), Bandung, Indonesia, 2011.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-04

Cara Mengutip

[1]
A. R. Setiawan, M. Asfi, A. Sevtiana, S. Pranata, dan W. E. Septian, “Design System pada Perancangan Antarmuka Perangkat Lunak Sistem Akses Digital”, j. teknologi terpadu, vol. 9, no. 1, hlm. 56–64, Jul 2023.

Terbitan

Bagian

Artikel