Sistem Informasi Pelayanan Surat Menyurat Di Kelurahan Desa Sriwijaya Lampung Tengah

Penulis

  • Andronias Siregar Universitas Bina Sarana Informatika
  • Arief Satriansyah Universitas Bina Sarana Informatika
  • Rachmat Hidayat Universitas Bina Sarana Informatika
  • Maya Septa Wijaya Universitas Bina Sarana Informatika

DOI:

https://doi.org/10.54914/jtt.v9i1.588

Kata Kunci:

aplikasi surat, sistem informasi, web desa, waterfall, website

Abstrak

Teknologi informasi sekarang ini sudah memiliki kemajuan yang cukup pesat dan semakin bertambahnya tahun semakin berkembang teknologi di dunia. Teknologi informasi memberi manfaat yang besar dalam dunia pemerintahan, sebagai contoh dalam pembuatan website desa dan pembangunan sistem informasi berbasis komputer. Dengan teknologi informasi setiap orang dapat mengolah dan mengakses data dan informasi yang ingin di ingin disampaikan kepada seluruh masyarakat melalui laman website sehingga setiap orang dapat mengaksesnya dengan sangat mudah, tanpa harus datang dan bertanya kepada staff atau orang yang bersangkutan. Permasalahan pelayanan surat menyurat di Kelurahan Desa Sriwijaya Lampung Tengah, di mana proses pembuatan surat masih dilakukan pencatatan manual, masih terdapat kesalahan tulisan. Tujuan dibuatnya sistem informasi surat menyurat ini adalah untuk mengatasi permasalahan yang ada serta membantu karyawan dan staff mempermudah untuk memperbarui informasi perkembangan desa dan masyarakat mudah dalam mengakses informasi tersebut, dengan adanya sistem ini staff juga bisa meningkatkan keterampilan dalam bidang teknologi informasi. Metode yang digunakan waterfall dalam pembuatan sistem informasi ini,  meliputi pembuatan surat menyurat dan sistem informasi yang ada di desa Sriwijaya, dengan menggunakan program PHP dan database MYSQL. Hasil dari penelitian ini yaitu, sistem informasi surat menyurat berbasis web yang sangat membantu pelayanan masyarakat dalam pembuatan surat keterangan, KK, KTP, SKU dan lebih cepat serta menghemat waktu.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

R. Abdillah, Ari;Lailiah, Badariatul;Sa’adah, Rabiatus; Pebrianto, “Sistem Informasi Pelayanan Masyarakat Secara OnlinePada Kelurahan Sungai Raya,” Inf. Manag. Educ. Prof., vol. 6, p. 21, 2021.

E. B. Pratama and A. Hendini, “Pemodelan Sistem Informasi Layanan Masyarakat (Silam) Pada Kantor Desa Untuk Meningkatkan Pelayanan,” Klik - Kumpul. J. Ilmu Komput., vol. 6, no. 1, p. 49, 2019.

Pemerintah, “Undang-undang (UU) tentang Pelayanan Publik,” Indonesia, 2009.

I. Widiastuti, “Sistem Informasi Pelayanan Desa Berbasis Web di Desa Wanajaya Jawa Barat,” Pendidik. Masy. dan Pengabdi., vol. 3, p. 887, 2022.

A. A. Wahid, “Analisis Metode Waterfall Untuk Pengembangan Sistem Informasi,” J. Ilmu-ilmu Inform. dan Manaj. STMIK, no. November, pp. 1–5, 2020.

I. Sommerville, Software engineering, 9th ed. 2011.

N. A. Rahmawati and A. C. Bachtiar, “Analisis dan perancangan sistem informasi perpustakaan sekolah berdasarkan kebutuhan sistem,” Berk. Ilmu Perpust. dan Inf., vol. 14, no. 1, p. 76, 2018.

E. Anggraeni Yunaeti, Pengantar Sistem Informasi, 1st ed. Yogyakarta: andi, 2017.

R. Pressman, Rekayasa Perangkat Lunak, Pendekatan. Yogyakarta: Andi Offset, 2015.

I. Dewi, Chrisyanti, Manajemen Kesekretariatan, Printing 1. Jawa Timur: Prestasi Pustaka, 2019.

R. L. Khasanah, C. Kesuma, and R. Wijianto, “Sistem Informasi Pelayanan Kesehatan Online Berbasis Web Pada PMI Kabupaten Purbalingga,” Evolusi J. Sains dan Manaj., vol. 6, no. 2, pp. 74–83, 2018.

A. B. Adiwisastra, M. F., & Hikmah, Web Programming Desain Halaman Web dengan CSS. Graha Ilmu., 2020.

H. Nuryansyah and E. Hermawan, “Perancangan Sistem Informasi Manajemen Ekstrakurikuler Berbasis Web Pada Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 5 Kota Bandung,” J. Sisfokom (Sistem Inf. dan Komputer), vol. 10, no. 3, pp. 298–305, 2021.

M. MF, Buku Sakti Pemrograman Web Seri PHP. Yogyakarta: Start Up, 2018.

R. Widyastuti, W. Indrarti, M. Novaliza, and Rani, “Rancang Bangun Sistem Informasi Inventory Boneka Berbasis Web Studi Kasus Di Toko Istana Boneka Cihampelas Bandung,” Prosisko, vol. 7, no. 2, pp. 96–101, 2020.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2023-07-04

Cara Mengutip

[1]
A. . Siregar, A. . Satriansyah, R. Hidayat, dan M. S. Wijaya, “Sistem Informasi Pelayanan Surat Menyurat Di Kelurahan Desa Sriwijaya Lampung Tengah”, j. teknologi terpadu, vol. 9, no. 1, hlm. 15–21, Jul 2023.

Terbitan

Bagian

Artikel