Sistem Klasifikasi Karakter Kepribadian Siswa Sekolah Dasar berdasarkan Tipologi Hippocrates Galenus menggunakan Metode Naïve Bayes
DOI:
https://doi.org/10.54914/jtt.v9i1.577Kata Kunci:
hippocrates-galenus, karakter, karakter siswa, klasifikasi karakter, naïve bayesAbstrak
Sekolah dituntut untuk membentuk kepribadian siswa melalui kegiatan dan program pembelajaran yang mampu menjadikan siswa menjadi manusia yang terpelajar dan berakhlak mulia sebagai generasi penerus bangsa. Penting bagi guru sebagai pendidik untuk mengenali karakter siswa untuk mengembangkan metode pengajaran yang lebih efektif. Selama ini, proses bimbingan oleh guru di SD Inpres 12/79 Palattae dilaksanakan secara tatap muka yaitu dengan berbicara langsung pada siswa dan dilakukan tanpa mengetahui karakter siswa tersebut. Akibatnya, bimbingan dan konseling yang dilaksanakan kadang-kadang tidak dipedulikan oleh siswa. Berdasarkan keadaan tersebut, penelitian ini kemudian dilaksanakan untuk membangun sistem informasi yang mengimplementasikan metode Naïve Bayes dalam sistem klasifikasi karakter kepribadian siswa sekolah dasar berdasarkan tipologi Hippocrates-Galenus dengan tujuan untuk mengetahui karakter tipe kepribadian yang dimiliki oleh siswa. Dengan adanya sistem tersebut, Guru BK dapat membantu dalam mengetahui karakter tipe kepribadian yang dimiliki oleh siswa sehingga memudahkan dalam membangun pola pikir, sikap, dan perilaku peserta didik agar menjadi pribadi yang positif, berakhlak karimah, berjiwa luhur, dan bertanggung jawab.
Unduhan
Referensi
U. Khasanah and H. Herina, “Membangun Karakter Siswa Melalui Literasi Digital Dalam Menghadapi Pendidikan Abad 21 (Revolusi Industri 4.0),†Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas Pgri PalembanG, vol. 12, no. 01, Art. no. 01, Mar. 2019, Accessed: Jun. 15, 2022. [Online]. Available: https://jurnal.univpgri-palembang.ac.id/index.php/Prosidingpps/article/view/2662
A. Harita, B. Laia, and S. F. L. Zagoto, “Peranan Guru Bimbingan Konseling Dalam Pembentukan Karakter Disiplin Siswa Smp Negeri 3 Onolalu Tahun Pelajaran 2021/2022,†Counseling For All (Jurnal Bimbingan dan Konseling), vol. 2, no. 1, Art. no. 1, Mar. 2022.
E. C. Hendriana and A. Jacobus, “Implementasi Pendidikan Karakter Di Sekolah Melalui Keteladanan Dan Pembiasaan,†JPDI (Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia), vol. 1, no. 2, pp. 25–29, Oct. 2017, doi: 10.26737/jpdi.v1i2.262.
D. Setiawan, “Pendidikan Kewarganegaraan Berbasis Karakter melalui Penerapan Pendekatan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efektif dan Menyenangkan,†JUPIIS: Jurnal Pendidikan Ilmu-Ilmu SosiaL, vol. 6, no. 2, Art. no. 2, Jan. 2015, doi: 10.24114/jupiis.v6i2.2285.
F. Robiansyah, B. Tristyanto, F. Alfarisa, A. Murdaningsih, and A. Hijratunnisa, “Pembinaan Karakter Siswa SD Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Memanah:,†Proseding Didaktis: Seminar Nasional Pendidikan Dasar, vol. 4, no. 1, Art. no. 1, Dec. 2019.
D. Wilandini and P. Purwantoro, “Penerapan Algoritma Naïve Bayes dalam mengklasifikasikan Media Sosial untuk mengamati Trend Kuliner,†Jurnal Teknologi Terpadu, vol. 8, no. 1, Art. no. 1, Jul. 2022, doi: 10.54914/jtt.v8i1.535.
E. G. Sihombing, “Klasifikasi Data Mining Pada Rumah Tangga Menurut Provinsi dan Status Kepemilikan Rumah Kontrak/Sewa Menggunakan K-Means Clustering Method,†CESS (Journal of Computer Engineering, System and Science), vol. 2, no. 2, Art. no. 2, Jul. 2017, doi: 10.24114/cess.v2i2.6347.
Z. Nabila, A. R. Isnain, P. Permata, and Z. Abidin, “Analisis Data Mining untuk Clustering Kasus Covid-19 Di Provinsi Lampung Dengan Algoritma K-Means,†Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, vol. 2, no. 2, Art. no. 2, Jul. 2021, doi: 10.33365/jtsi.v2i2.868.
T. Suprawoto, “Klasifikasi Data Mahasiswa Menggunakan Metode K-Means Untuk Menunjang Pemilihan Strategi Pemasaran,†JIKO (Jurnal Informatika dan Komputer), vol. 1, no. 1, Art. no. 1, Feb. 2016, doi: 10.26798/jiko.v1i1.9.
S. Rustam, “Analisa Clustering Phising Dengan K-Means Dalam Meningkatkan Keamanan Komputer,†ILKOM Jurnal Ilmiah, vol. 10, no. 2, Art. no. 2, Aug. 2018, doi: 10.33096/ilkom.v10i2.309.175-181.
U. Ma’rifatin, “Implementasi Algoritma K-Means untuk Pengelompokan Penyakit Pasien Pada Puskesmas Warujayeng,†Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), vol. 4, no. 1, Art. no. 1, Dec. 2020, doi: 10.29407/inotek.v4i1.211.
A. Prawito, “Klasifikasi Karakteristik Kepribadian Manusia Berdasarkan Tipologi Hippocrates–Galenus Menggunakan Metode Naïve-Bayes,†Prosiding SEMNAS INOTEK (Seminar Nasional Inovasi Teknologi), vol. 5, no. 1, Art. no. 1, Aug. 2021.
M. Meilana, Y. Astuti, I. R. Wulandari, I. Sulistyowati, and B. A. Mimartiningtyas, “Algoritma Naive Bayes untuk Mengklasifikasikan Kepribadian Siswa SMP Berdasarkan Tipologi Hippocrates-Galenus,†Sistemasi: Jurnal Sistem Informasi, vol. 10, no. 2, Art. no. 2, May 2021, doi: 10.32520/stmsi.v10i2.1339.
N. D. Azizah, “Hubungan Tipe Kepribadian Hippocrates-Galenus dengan Tingkat Kesabaran Mahasiswa dalam Sistem Kuliah Online,†Jurnal Perspektif, vol. 5, no. 1, Art. no. 1, Jun. 2021, doi: 10.15575/jp.v5i1.116.
L. Aprilla, “Klasifikasi Karakteristik Kepribadian Manusia Berdasarkan Tipologi Hippocrates-Galenus Menggunakan Metode Naïve Bayes,†undergraduate, Universitas Muhammadiyah Gresik, 2017. Accessed: Dec. 02, 2022. [Online]. Available: http://digilib.umg.ac.id/gdl.php?mod=browse&op=read&id=jipptumg--lolitaapri-2745&q=LOLITA%20APRILLA
N. nasrul, “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Pemetaan Kompetensi Pengajar LP3 STT-NF Berbasis Web Menggunakan Yii Frameworkâ€, J. Teknologi Terpadu, vol. 2, no. 2, 2017.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Suci Ramadhani Arifin
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.