Game Edukasi Sebagai Media Pengenalan Lingkungan dan Pembelajaran TIK Bagi Siswa Kelas I Sekolah Dasar

Penulis

  • fransiskus tjiptabudi STIKOM Uyelindo Kupang

DOI:

https://doi.org/10.54914/jtt.v2i2.52

Abstrak

Semakin dini pengenalan lingkungan sekitar untuk anak-anak semakin baik. Hal tersebut sangat
penting karena mampu menambah informasi dan pengetahuan dasar bagi anak-anak. Faktor didikan di
rumah, pergaulan, dan berbagai faktor lain mempengaruhi tingkat pengetahuan anak tentang hal-hal yang
ada di sekitarnya.
Edukasi merupakan sesuatu yang bersifat menyeluruh, yang memiliki makna lebih dalam daripada
hanya sekedar belajar mengajar. Mendidik berarti membentuk karakter dan pola pikir seseorang. Maka
dari itu, implementasi pendidikan tidak hanya mengacu pada mata pelajaran tertentu, tetapi juga
mencakup semua hal yang bersifat informatif yang dibutuhkan oleh anak dimulai dari lingkungan sekitar
seperti jenis tanaman, benda, buah, sayur, binatang, dan sebagainya.
Untuk menjawab permasalahan tersebut maka dibangun sebuah aplikasi komputer berupa game.
Mengapa game? Karena game sendiri bersifat entertain atau mengibur. Hal ini tentu sesuai dengan
psikologi manusia terutama anak-anak yang lebih suka bermain daripada belajar serius. Selain itu,
penerapan game selain untuk menjadi media pengenalan lingkungan sekitar, juga menjadi media bagi
anak dalam mengenal dan mempelajari teknologi informasi dan komunikasi (TIK). Dalam game,
pendidikan diberikan lewat praktek atau pembelajaran lewat praktek (learning by doing).

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

Kadir, Abdul, Pemrograman Dengan

Delphi 7. Andi Publisher, Yogyakarta,

Tjahyadi, M. P., Alicia S., Virginia T., &

Steven S., Prototipe Game Musik Bambu

Menggunakan Engine Unity 3D,

Universitas Sam Ratulangi. E-Journal

Teknik Informatika, Vol. 4 No.2, Manado,

Widiastuti, Nelly I., Irwan S., Membangun

Game Edukasi Sejarah Walisongo, Jurnal

Ilmiah KOMPUTA, Vol. 1, No. 2,

Bandung, 2013.

Arsyad, Azhar M.A., Media

Pembelajaran, Raja Grafindo Persada,

Jakarta, 2002.

Juhanaini, Research and Development,

Universitas Pendidikan Indonesia, Jakarta,

Kristanto, Andri, Perancangan Sistem

Informasi dan Aplikasinya, Gava Media,

Yogyakarta, 2008

##submission.downloads##

Diterbitkan

2017-01-24

Cara Mengutip

[1]
fransiskus tjiptabudi, “Game Edukasi Sebagai Media Pengenalan Lingkungan dan Pembelajaran TIK Bagi Siswa Kelas I Sekolah Dasar”, j. teknologi terpadu, vol. 2, no. 2, Jan 2017.

Terbitan

Bagian

Artikel