Analisis Kesiapan Teknologi Informasi UMKM Kota Madiun menuju Pasar Digital
DOI:
https://doi.org/10.54914/jtt.v8i1.514Kata Kunci:
Aydin Tasci, Cross Section, Kesiapan, Pasar Digital, UMKMAbstrak
Tujuan dari kegiatan analisis ini adalah untuk mengetahui data kesiapan pelaku UMKM di Kota Madiun menuju pasar digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian berbasis survei yang dilakukan dengan metode cross section. Pengambilan data penelitian dilakukan secara serentak dan langsung pada objek penelitian. Populasi pada penelitian adalah UMKM yang ada di kota Madiun dengan jumlah sampel 108 UMKM. Sumber data pada penelitian ini adalah data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner, dimana instrumen penelitian kuesioner di rancang dengan pendekatan model integrasi ELR (E-learning Readiness). Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kesiapan dari Aydin dan Tasci dengan mengukur kesiapan berdasarkan empat faktor yaitu teknologi, inovasi, manusia dan pengembangan diri. Kesimpulan dari penelitian ini adalah faktor teknologi tidak siap dan butuh sedikit perbaikan yaitu ketersediaan perangkat keras bagi pelaku UMKM untuk menunjang kegiatan pemasaran digital. Faktor inovasi, SDM dan pengembangan diri menunjukkan siap namun membutuhkan peningkatan agar proses pemasaran digital bisa dilaksanakan dengan baik.
Unduhan
Referensi
H. Rengganawati and Y. Taufik, “Analisis Pelaksanaan Digital Marketing pada UMKM Tahu Rohmat di Kuningan,†Komversal J. Komun. Univers., vol. 6, pp. 28–50, 2020, doi: 10.38204/komversal.v6i1.496.
R. Puspa Sari, D. Teguh Santoso, and D. Puspita, “Analisis Kesiapan Umkm Kabupaten Karawang Terhadap Adopsi Cloud Computing Dalam Konteks Industri 4.0,†J. Tek. Ind., vol. 15, no. 2, p. 63, 2020.
L. H. Adha, Z. Asyhadie, and R. Kusuma, “Indonesia Industrial Digitalization and Its Impact on Labor and,†J. Kompil. Huk., vol. V, no. 2, p. 32, 2020.
T. Pradiani, “Pengaruh Sistem Pemasaran Digital Marketing Terhadap Peningkatan Volume Penjualan Hasil Industri Rumahan,†J. Ilm. Bisnis dan Ekon. Asia, vol. 11, no. 2, pp. 46–53, 2018, doi: 10.32812/jibeka.v11i2.45.
Y. Susilo, E. Wijayanti, and S. Santoso, “Penerapan Teknologi Digital Pada Ekonomi Kreatif Pada Bisnis Minuman Boba,†J. Ekon. Manaj. Sist. Inf., vol. 2, no. 4, pp. 457–468, 2021, doi: 10.31933/jemsi.v2i4.383.
R. Riswandi, I. Permadi, and D. Z. Hamidi, “Kesiapan Teknologi Pelaku UMKM Dalam Adopsi E-Commarce: Karateristik Demografi,†vol. 5, no. 3, pp. 1488–1501, 2021.
A. Widayani and D. A. F. Yuniarti, “Kesiapan Industri Kecil Dan Menengah Dalam Menghadapi Revolusi Industri 4.0,†J. Pendidik. Dan Kewirausahaan, vol. 8, no. 2, pp. 128–137, 2021, doi: 10.47668/pkwu.v8i2.113.
R. Ratna Gumilang, “Implementasi Digital Marketing Terhadap Peningkatan Penjualan Hasil Home Industri,†Coopetition J. Ilm. Manaj., vol. 10, no. 1, pp. 9–14, 2019, doi: 10.32670/coopetition.v10i1.25.
D. Achjari, W. Abdillah, S. Suratman, and S. Suryaningsum, “Kesiapan Usaha Mikro, Kecil Dan Menengah Industri Kreatif Untuk Mengadopsi Teknologi Informasi,†J. Akunt. dan Audit. Indones., vol. 15, no. 2, pp. 143–160, 2011, [Online]. Available: https://journal.uii.ac.id/JAAI/article/view/3748.
F. Ronny and S. B. Harry, “Analisis Kesiapan Implementasi E-Learning Menggunakan E-Learning Readiness Model,†J. Positif, vol. 3, no. 2, pp. 113–120, 2017.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Sri Anardani, Andi Rahman Putera, Muh Nur Luthfi Azis, Surya Kharisma Octavian
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.