Perancangan UI/UX pada Website Laboratorium Energy menggunakan Aplikasi Figma

Penulis

  • Seila Tazkiyah Universitas Islam Indonesia
  • Aridhanyati Arifin Universitas Islam Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.54914/jtt.v8i2.513

Kata Kunci:

Design Thinking, User Experience, User Interface, Prototype, Website

Abstrak

Teknologi informasi merupakan teknologi yang berfungsi untuk membantu berbagai pekerjaan menjadi lebih efektif dan efisien. Pembuatan website Laboratorium Energy menjadi salah satu penerapan pada bidang teknologi informasi. Website Laboratorium Energy merupakan sebuah sistem informasi yang digunakan untuk rekapitulasi laporan dan uji banding serta menyimpan data kalibrasi alat ukur berbasis website. Antarmuka pengguna dibuat dengan tujuan agar teknologi tersebut menjadi mudah digunakan oleh pengguna. Desain antarmuka pengguna dan pengalaman pengguna yang baik pada sebuah situs web akan membuat pengunjung tetap berada di situs web tersebut. Namun disisi lain, desain antarmuka dan pengalaman pengguna yang buruk dari sebuah situs web akan membuat pengguna tidak nyaman dan meninggalkan situs web tersebut.  Dalam perancangan UI/UX website Laboratorium Energy, pembuatan desain prototype antarmuka menggunakan aplikasi Figma. Adapun metode yang digunakan dalam melakukan perancangan desain UI/UX pada website Laboratorium Energy menggunakan metode Design Thinking. Metode Design Thinking memiliki 5 tahapan yaitu empathize, define, ideate, prototype dan test. Kesimpulan yang didapatkan dari kajian ini bahwa Figma baik dan membantu dalam proses mendesain tampilan website Laboratorium Energy dengan User Interface yang menarik dan mudah digunakan.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

R. S. Naibaho, “Peranan Dan Perencanaan Teknologi Informasi Dalam Perusahaan,” Warta Dharmawangsa, no. 52, 2017.

C. A. Cholik, “Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi / Ict Dalam Berbagai Bidang,” 2021.

A. Nurlifa and S. Kusumadewi, Prosiding SNATIF Ke-1 Tahun 2014 Analisis Pengaruh User Interface Terhadap Kemudahan Penggunaan Sistem Pendukung Keputusan Seorang Dokter. 2014. [Online]. Available: www.dxmate.com

A. K. Nisah and H. Ajie, “Perancangan berbasis User Experience pada Modul Admin Sistem Informasi Akademik Universitas Negeri Jakarta,” PINTER: Jurnal Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, vol. 5, no. 2, pp. 56–64, 2021.

M. Agus Muhyidin, M. A. Sulhan, and A. Sevtiana, “Perancangan UI/UX Aplikasi My CIC Layanan Informasi Akademik Mahasiswa menggunakan Aplikasi Figma,” 2020. [Online]. Available: https://my.cic.ac.id/.

R. S. Naibaho, “Peranan Dan Perencanaan Teknologi Informasi Dalam Perusahaan,” Warta Dharmawangsa, no. 52, 2017.

C. A. Cholik, “Perkembangan Teknologi Informasi Komunikasi / Ict Dalam Berbagai Bidang,” 2021.

A. Nurlifa and S. Kusumadewi, Prosiding SNATIF Ke-1 Tahun 2014 Analisis Pengaruh User Interface Terhadap Kemudahan Penggunaan Sistem Pendukung Keputusan Seorang Dokter. 2014. [Online]. Available: www.dxmate.com

A. K. Nisah and H. Ajie, “Perancangan berbasis User Experience pada Modul Admin Sistem Informasi Akademik Universitas Negeri Jakarta,” PINTER: Jurnal Pendidikan Teknik Informatika dan Komputer, vol. 5, no. 2, pp. 56–64, 2021.

M. Agus Muhyidin, M. A. Sulhan, and A. Sevtiana, “Perancangan UI/UX Aplikasi My CIC Layanan Informasi Akademik Mahasiswa menggunakan Aplikasi Figma,” 2020. [Online]. Available: https://my.cic.ac.id/.

S. Suryaningsih, Y. A. Riandika, A. N. Hasanah, and S. Anggraito, “Aplikasi Wakaf Indonesia Berbasis Blockchain,” Edumatic: Jurnal Pendidikan Informatika, vol. 4, no. 2, pp. 20–29, 2020.

W. S. L. Nasution and P. Nusa, “UI/UX Design Web-Based Learning Application Using Design Thinking Method,” ARRUS Journal of Engineering and Technology, vol. 1, no. 1, pp. 18–27, 2021.

A. Avindra, C. Metta Cahyani, and L. R. Ningsih, “Rancangan UI/UX Aplikasi Analytics Pada Toko Online Wao.Sneakers Menggunakan Aplikasi Figma,” 2021.

J. Lie and R. Wijaya, “Pengembangan UI/UX pada Aplikasi iDompet dengan Menggunakan Metode Design Thinking,” in MDP Student Conference, 2022, vol. 1, no. 1, pp. 504–511.

D. M. A. Fitri, M. Sulistiya, N. Azizah, R. I. Setyorini, and H. Herlina, “Perancangan Aplikasi MONEY BOX Dengan Menggunakan Figma,” Jurnal Ilmiah Teknologi Informasi dan Robotika, vol. 3, no. 1, pp. 11–22, 2021.

M. A. Idris, G. P. Mahardhika, and B. Suranto, “Perancangan UI/UX Aplikasi Perangkat Bergerak Ivent Menggunakan Pendekatan HCD (Human Centered Design),” AUTOMATA, vol. 2, no. 1, 2021.

P. F. Hapsari, T. Sagirani, and J. Lemantara, “Perancangan Prototype Layanan Pada Pusat Kesehatan Masyarakat Menggunakan Metode Double Diamond,” Proceeding KONIK (Konferensi Nasional Ilmu Komputer), vol. 5, pp. 300–306, 2021.

H. Ilham, B. Wijayanto, and S. P. Rahayu, “Analysis and Design of User Interface/User Experience With the Design Thinking Method in the Academic Information System of Jenderal Soedirman University,” Jurnal Teknik Informatika (JUTIF), vol. 2, no. 1, pp. 17–26, 2021.

I. A. Juliansyah and I. V. Paputungan, “Perancangan Tampilan User Interface Dan User Experience Pada Website Penjualan Kerajinan Tangan JavaHands Dengan Metode Design Thinking,” AUTOMATA, vol. 3, no. 1, 2022.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2022-12-14

Cara Mengutip

[1]
S. Tazkiyah dan A. Arifin, “Perancangan UI/UX pada Website Laboratorium Energy menggunakan Aplikasi Figma”, j. teknologi terpadu, vol. 8, no. 2, hlm. 72–78, Des 2022.

Terbitan

Bagian

Artikel