Memanfaatkan Digital Marketing bagi Usaha Rumahan Sayuran Hidroponik dengan E-Commerce sebagai Media Promosi

Penulis

  • Sarwindah ISB Atma Luhur
  • Laurentinus ISB Atma Luhur
  • Okkita Rizan ISB Atma Luhur
  • Hamidah ISB Atma Luhur

DOI:

https://doi.org/10.54914/jtt.v7i2.338

Kata Kunci:

Hidroponik, Promosi, Digital Marketing, Usaha Rumahan, E-commerce

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menggunakan strategi digital marketing menggunakan e-commerce sebagai sarana promosi dimana budidaya sayur dan buah saat ini sedang dikembangkan dan dibudidayakan di industri. Alat-alat pertanian berlomba-lomba bagi petani untuk menanam di ladang - ladang kebun sayur. Salah satu metode yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model FAST dan memanfaatkan digital marketing e-commerce pada sayuran  hidroponik. Oleh karena itu daya tarik setiap sayuran mempengaruhi penjualan dengan menggunakan strategi digital marketing dengan e-commerce. Sulitnya dan  minimnya penjualan materi iklan di sentra atau bidang  hidroponik menjadi dasar dibangunnya sistem informasi hidroponik yang dapat memanfaatkan digital marketing untuk meningkatkan periklanan promosi  dan meningkatkan kinerja penjualan. Metode pencarian yang digunakan adalah model FAST, aplikasi dikembangkan menggunakan PHP, database yang digunakan MySQL, dan script dikembangkan menggunakan Sublime Text. Tujuan dari penelitian ini adalah memanfaatkan e-commerce untuk membuat sistem yang memberikan kemudahan promosi dan penjualan, sehingga memudahkan pemilik kebun atau pemilik usaha rumahan ini untuk melihat laporan transaksi dan penjualan lebih mudah. Dengan demikian, semua pengelolaan data yang ada dapat dipantau melalui sistem sebagai proses yang lebih sederhana.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

M. R. Arief, “Pemrograman Web Dinamis Menggunakan PHP dan MySQL,†CV Andi, Yogyakarta, 2011.

E. Trianto & W. Revina, “Perancangan Sistem Iinformasi Pencatatan Pengiriman Barang di PT. TIKI Jalur Nugraha Ekakurir Cabang Bandung.â€

S. Handayani, “Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berbasis E-Commerce Studi Kasus Toko Kun Jakarta,†J. Ilk. Vol. 10 No 2 Agustus 2018, vol. 10, pp. 182–189, 2018.

I. P. M. Ika Yuniva, Andriansah, “Perancangan Web E-Commerce Pada Toko Helmet Fullface,†Inti Nusa Mandiri Vol. 13. NO. 2 Februari 2019 ISSN 0216-6933, vol. 13, no. 2, pp. 9–14, 2019.

V. Riyanto, “Implementasi Metode Rapid Application Development dalam Membangun E-Commerce di Bidang UKM,†J. Pilar Nusa Mandiri Vol. 13 N0.1, Maret 2017, vol. 13, no. 1, pp. 122–127, 2017.

D. S. dan Lutfi, “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi E-Commerce Berbasis Web pada UMKM Batik Rindani Jambi,†J. Sains Sosio Hum. Vol. 2 Nomor 1 Januari-Juni 2018, vol. 2, pp. 69–78, 2018.

F. K. S. Alexander. “Kitab Suci Web Programming,†MediaKom, Yogyakarta. 2011.

N. Bunafit, “Dasar Pemrograman Web PHP–MySQL dengan Dreamweaver,†GavaMedia, Yogyakarta, 2013.

Fanema Gabrieli M. “Analisis Strategi Pemasaran Sayuran Hidroponik Di Kota Medan,†Skripsi S1, Program Studi Agribisnis, Fakultas Pertanian, Universitas Sumatera Utara, 2017.

Kajian Usaha Tani Sayuran Hidroponik Di Kota Padang.

W. Febriantoro, “Kajian dan Strtegi Pendukung Perkembangan E-Commerce Bagi UMKM di Indonesia,†Jurnal Manajerial, Vol. 3, No. 5, Hal.2, 2018.

M. S. Maulana, “Implementasi E-Commerce sebagai Media Penjulan Online (Studi Kasus Pada TokoPastbrik Kota Malang),†Jurnal Administrasi Bisnis, Vol. 29, No. 1, 2015.

S. Sarwindah, “Prototype Sistem Pembiayaan berbasis MFINWEB pada PT. Mandala Finance,†J. Justin (Jurnal Sistem Informasi dan Teknologi Informasi), vol. 8, no. 4, p. 322-327, 2020, DOI: 10.26418/justin.v8i4.41522

T. Wahyuningrum dan D. Januarita, “Perancangan WEB E-Commerce dengan Metode Rapid Application Development (RAD) untuk Produk Unggulan Desa,†Seminar Teknologi Informasi dan Komunikasi Terapan (Semantik), Semarang, 2014.

A. Wahana & I. Purliansya. “Pembangunan E-Commerce (Penjualan Online) Pada Turpez Shop,†Jurnal Computech & Bisnis, No. 1, Vol. 6, 27-33, 2012.

R. Ricky, “Rancang Bangun E-Commerce pada Toko Madu Sport,†Jurnal Nuansa Inormatika, No. 1, Vol. 11, 1858-3911, 2016.

Unduhan

Diterbitkan

2021-12-30

Cara Mengutip

[1]
S. . Sarwindah, L. Laurentinus, O. Rizan, dan H. Hamidah, “Memanfaatkan Digital Marketing bagi Usaha Rumahan Sayuran Hidroponik dengan E-Commerce sebagai Media Promosi”, j. teknologi terpadu, vol. 7, no. 2, hlm. 65–69, Des 2021.

Terbitan

Bagian

Artikel