Penerapan Algoritma C4.5 untuk Analisis Tingkat Kepuasan Santriwan Santriwati Pesantren Darul Ulum Mambaul Huda
DOI:
https://doi.org/10.54914/jtt.v11i2.2636Kata Kunci:
Algoritma C4.5, Data Mining, Kepuasan Santri, Pesantren Darul Ulum Mambaul Huda, Pohon KeputusanAbstrak
Kepuasan para santri adalah salah satu hal penting untuk menilai bagaimana baiknya pelayanan pendidikan di pesantren. Karena itu, dibutuhkan cara analisis yang mampu menemukan faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan santri secara tepat. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan para santriwan dan santriwati di Pesantren Darul Ulum Mambaul Huda dengan menggunakan algoritma C4.5. Algoritma C4.5 digunakan untuk membuat model klasifikasi dengan menghitung entropi dan information gain untuk mengetahui atribut apa yang paling berpengaruh terhadap tingkat kepuasan. Data yang digunakan didapat dari penyebaran kuesioner yang mencakup beberapa variabel penilaian seperti kualitas pengajaran, fasilitas, pelayanan, dan kedisiplinan. Proses analisis dilakukan dengan beberapa tahap seperti pembersihan data, menghitung nilai entropi dan information gain, membuat pohon keputusan, serta menguji kinerja model menggunakan confusion matrix. Hasil penelitian menunjukkan bahwa algoritma C4.5 mampu menghasilkan akurasi yang baik dalam mengklasifikasikan tingkat kepuasan santri serta menemukan bahwa kualitas pengajaran dan fasilitas pesantren adalah faktor yang paling berpengaruh. Dengan demikian, algoritma C4.5 dapat menjadi alat bantu efektif bagi pihak pesantren dalam meningkatkan kualitas pelayanan pendidikan dan pengelolaan lingkungan belajar santri.
Unduhan
Referensi
D. P. Juita, Priya, M. Azwardi, and A. Amra, “Pentingnya Pengembangan Sumber Daya Manusia Pada Lembaga Pendidikan,” Indo-MathEdu Intelectual Journal, vol. 5, Jun. 2024.
I. Syafe’i, “Pondok Pesantren : Lembaga Pendidikan Pembentukan Karakter,” Jurnal Pendidikan Islam, vol. 8, 2022.
H. N Ridwan, D. Sofyan, and F. N. Purnama, “Transformasi Pendidikan Pesantren di Era Modern,” Aliansi: Jurnal Hukum, Pendidikan dan Sosial Humaniora, vol. 2, no. 3, pp. 163–186, May 2025, doi: 10.62383/aliansi.v2i3.909.
P. Nurafifah, P. R. Mianti, N. N. Zahrania, and A. Azis, “Peran Pendidikan Islam dalam Mendorong Kemajuan Sains dan Teknologi (IPTEK) di Era Globalisasi,” HIKMAH: Jurnal Studi Pendidikan Islam, vol. 2, pp. 118–130, Jun. 2025, doi: 10.61132/hikmah.v2i2.894.
Ramdani, A. Rukajat, and Y. Herdiana, “Peran Pesantren Dalam Pembentukan Karakter Santri Pada Masa Pandemi Covid-19,” Journal Ekonomi UNMUL, vol. 18, no. 3, pp. 2021–483, 2021, [Online]. Available: http://journal.feb.unmul.ac.id/index.php/KINERJA
M. N. T. Arkan, M. Mukhsin, and M. Fakhrudin, “Pengaruh Kepemimpinan Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Santri Di Pondok Pesantren Ibnu Syam Dalam Perspektif Islam,” Jurnal Masharif al-Syariah: Jurnal Ekonomi dan Perbankan Syariah, vol. 9, Aug. 2024, doi: 10.30651/jms.v9i5.24625.
A. L. Sebayang, M. Noor, and S. Andayani, “Analisis Kepuasan Santri Terhadap Manajemen Sarana Dan Prasarana Di Pondok Modern Daarul Ikrom Kedondong Pesawaran Lampung,” POACE: Jurnal Program Studi Adminitrasi Pendidikan, vol. 3, no. 2, pp. 107–116, Aug. 2023, doi: 10.24127/poace.v3i2.2238.
F. Amalia, Amanda, and M. A. Purnama, “Klasifikasi Peserta Didik Menggunakan Algoritma C4.5,” Jurnal Citra Widya Edukasi, vol. 15, no. 3, 2023.
M. Arroyan, Muhlisin, and M. Nasrudin, “Kebijakan Pendidikan Dan Masa Depan Pondok Pesantren Dalam Era Revolusi Industri 4.0,” JICN: Jurnal Intelek dan Cendikiawan Nusantara, vol. 1, Dec. 2025, [Online]. Available: https://jicnusantara.com/index.php/jicn
R. Kurniah, D. Y. S. Putra, and E. Diana, “Penerapan Data Mining Decission Tree Algoritma C4.5 Untuk Mengetahui Tingkat Kepuasan Mahasiswa Terhadap Layanan Akademik Dan Kemahasiswaan (Studi Kasus Universitas.Prof.Dr. Hazairin,SH),” Infotek: Jurnal Informatika dan Teknologi, vol. 5, no. 2, pp. 316–326, Jul. 2022, doi: 10.29408/jit.v5i2.5910.
I. A. Subekti, C. B. Andriano, D. Nurdiansyah, and R. Hidayat, “Penerapan Algoritma C4.5 Untuk Memprediksi Harga Rumah,” Just IT : Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Komputer, vol. 15, no. 2, Jan. 2025.
J. Ani, B. Lumanauw, and J. L. A. Tampenawas, “Pengaruh Citra Merek, Promosi, Dan Kualitas Layanan Terhadap Keputusan Pembelian Konsumen Pada E-Commerce Tokopedia Di Kota Manado,” 663 Jurnal EMBA, vol. 9, no. 2, pp. 663–674, 2021.
B. Sinaga, J. Manurung, N. M. B. Tarigan, S. F. B. Sitepu, and N. Barus, “Application of with C4.5 algorithm to measure the level of student satisfaction with student services,” Jurnal dan Penelitian Teknik Informatika, vol. 6, no. 3, Jul. 2022, doi: 10.33395/sinkron.v7i3.11774.
A. Nurjana, A. P. Windarto, and H. Qurniawan, “Implementasi Data Mining Dalam Memprediksi Prestasi Siswa Dengan Algoritma C4.5,” SMARTEDU Journal, vol. 1, pp. 171–180, Dec. 2022, [Online]. Available: https://ejournal.abivasi.id/index.php/SmartEDU
A. Sugarda, Saifullah, Jalaluddin, A. P. Windarto, and W. Robiansyah, “Penerapan Metode Data Mining C4.5 dalam Penentuan Kelayakan Rehabilitas Rumah Warga,” Journal of Computing and Informatics Research, vol. 1, no. 3, pp. 56–64, Jul. 2022, doi: 10.47065/comforch.v1i3.321.
I. Fauji, I. Sibaweh, I. Destian, and Supiana, “Implementasi pelajaran pendidikan agama Islam di Pesantren Asy-Syuhada Cirebon,” Jurnal MUDARRISUNA : Media Kajian Pendidikan Islam, vol. 15, no. 2, Apr. 2025.
A. Hudawi et al., “Klasifikasi Pemahaman Santri Dalam Pembelajaran Kitab Kuning Menggunakan Algoritma C4.5: Analisis Pohon Keputusan Di Pesantren,” Jurnal TRILOGI, vol. 2, Dec. 2021.
B. Angkoso and Irmayansyah, “Penerapan Algoritma C4.5 Untuk Prediksi Keterlambatan Pembayaran Sumbangan Pembinaan Pendidikan (SPP) Santri,” Jurnal Ilmiah Teknologi TEKNOIS, vol. 13, Jan. 2023.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Muhammad Ikhsan Aji, Rakhmat Kurniawan

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










