Metode Design Thinking pada Sistem Informasi Alat Tulis Kantor (SIATK) Instansi Penanggulangan Bencana Karawang
DOI:
https://doi.org/10.54914/jtt.v11i2.2522Kata Kunci:
Alat Tulis Kantor, Design Thinking, Sistem Informasi, User Experience, User InterfaceAbstrak
Pengelolaan Alat Tulis Kantor pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Karawang saat ini masih dilakukan dengan koordinasi langsung secara lisan antar pegawai dan pencatatannya menggunakan excel, sehingga proses ini menimbulkan masalah seperti data tidak sinkron, pencarian riwayat lama, serta tidak adanya integrasi dalam satu sistem, sehingga dianggap tidak efektif, efisien, dan perlu digitalisasi proses administrasi ATK. Penelitian ini bertujuan untuk merancang sistem informasi ATK menggunakan metode Design Thinking, yang meliputi lima tahapan: empathize, define, ideate, prototype, dan test. Metode ini digunakan untuk menggali kebutuhan nyata pengguna, merumuskan permasalahan dengan tepat, menghasilkan ide dan solusi serta merancang dan menguji desain antarmuka. Tools yang digunakan dalam perancangan adalah Google Form untuk pengumpulan data kepada 48 responden dan Figma untuk pembuatan desain User Interface dan User Experience dan prototipe sistem. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa metode design thinking efektif untuk merancang sistem informasi alat tulis kantor dengan desain User Interface dan User Experience prototipe SIATK yang dihasilkan dapat dipahami dan sesuai dengan kebutuhan pegawai sehingga mampu menjawab permasalahan utama dalam proses pengelolaan ATK dan memberikan dasar desain yang siap digunakan untuk tahap pengembangan sistem selanjutnya.
Unduhan
Referensi
H. Y. Madawara, P. F. Tanaem, and D. H. Bangkalang, “Perancangan Ui/Ux Aplikasi Ktm Multifungsi Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Pendidik. Teknol. Inf., vol. 5, no. 2, pp. 111–125, 2022, doi: 10.37792/jukanti.v5i2.560.
R. D. Arista and R. R. Putra, “BULLETIN OF COMPUTER SCIENCE RESEARCH Perancangan UI / UX Aplikasi Untuk Meningkatkan Efisiensi Pemesanan Jasa Fotografi Terhadap Maka Studio Menggunakan Metode Design Thinking,” vol. 5, no. 2, pp. 150–160, 2025, doi: 10.47065/bulletincsr.v5i2.426.
S. Tazkiyah and A. Arifin, “Perancangan UI/UX pada Website Laboratorium Energy menggunakan Aplikasi Figma,” J. Teknol. Terpadu, vol. 8, no. 2, pp. 72–78, 2022, doi: 10.54914/jtt.v8i2.513.
I. B. Karo Sekali, C. E. J. . Montolalu, and S. A. Widiana, “Perancangan UI/UX Aplikasi Mobile Produk Fashion Pria pada Toko Celcius di Kota Manado Menggunakan Design Thinking,” J. Ilm. Inform. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 2, pp. 53–64, 2023, doi: 10.58602/jima-ilkom.v2i2.17.
I. Damayanti, “Perancangan UI&UX Aplikasi Persediaan Bahan Baku Untuk Produksi Pada PT. Indomas Prima Sejati,” Informatics Comput. Eng. J., vol. 4, no. 2, pp. 93–103, 2024, [Online]. Available: https://jurnal.bsi.ac.id/index.php/ijec/
C. Nisa, R. Shatika, A. Prasetya, C. D. Rahmadewi, and M. Akbar, “Perancangan User Interface Pada Aplikasi E-Commers Petshop Happypals Dengan Metode Desain Thinking,” vol. 3, no. September, pp. 57–69, 2024.
D. Haryuda, M. Asfi, and R. Fahrudin, “Perancangan UI/UX Menggunakan Metode Design Thinking Berbasis Web Pada Laportea Company,” J. Ilm. Teknol. Infomasi Terap., vol. 8, no. 1, pp. 111–117, 2021, doi: 10.33197/jitter.vol8.iss1.2021.730.
S. Nurmaharani and Heriyanto, “Analisa dan Perancangan UI/UX Aplikasi Penjualan Menggunakan Metode Design Thinking Pada Cv. Multi Ban Oto Servis Bekasi,” INFOTECH J., vol. 9, no. 1, pp. 46–53, 2023, doi: 10.31949/infotech.v9i1.4393.
R. Wijayanti, T. Sutabri, I. Irwansyah, and I. Effendy, “Implementasi Metode Design Thinking pada Perancangan UI/UX Aplikasi Logbook Magang dalam Perspektif Sosiologi,” J. Teknol. Inform. dan Komput., vol. 9, no. 2, pp. 1020–1034, 2023, doi: 10.37012/jtik.v9i2.1735.
Muhamad Nurdin, Dian Asmarajati, and Iman Ahmad Ihsanuddin, “Penerapan Metode Design Thinking Pada Perancangan User Interface Website E-Nashat,” J. Inf. Syst. Comput., vol. 3, no. 2, pp. 6–17, 2023, doi: 10.34001/jister.v3i2.807.
D. Sanjaya and T. Ibadi, “Perancangan Desain UI/UX Aplikasi Jual Beli Hasil Pertanian Pasar Tani Ogan Ilir Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thinking,” Kesatria J. Penerapan Sist. Inf. (Komputer dan Manajemen), vol. 4, no. 3, pp. 556–565, 2023, [Online]. Available: http://www.pkm.tunasbangsa.ac.id/index.php/kesatria/article/view/204
[12] Y. Athallah Puteri, D. Aulia, and A. A. K. Sari, “Implementasi Metode Design Thinking Pada Perancangan User Interface Aplikasi Online Course,” J. Siliwangi Seri Sains dan Teknol., vol. 8, no. 2, pp. 60–65, 2022, doi: 10.37058/jssainstek.v8i2.6280.
D. Ariska and S. Nurlela, “Analisis Dan Perancangan UI/UX Aplikasi Lazada Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Infortech, vol. 4, no. 2, pp. 86–91, 2022.
F. Kurnianto, J. Informatika, F. T. Industri, E. Gustri, and W. Jurusan Informatika, “Penerapan Metode Design Thinking Dalam Perancangan UI/UX Pada Aplikasi Basis Data Sekar Kawung Untuk Pegawai Lapangan Perusahaan Sosial Sekar Kawung,” Automata, vol. 3, no. 2, pp. 1–69, 2021, [Online]. Available: https://dspace.uii.ac.id/handle/123456789/42600
S. Soedewi, “Penerapan Metode Design Thinking Pada Perancangan Website Umkm Kirihuci,” Vis. J. Online Desain Komun. Vis., vol. 10, no. 02, p. 17, 2022, doi: 10.34010/visualita.v10i02.5378.
E. R. Saputra, S. Rosyida, P. Studi, S. Informasi, T. Informasi, and N. Mandiri, “Jurnal Informatika dan Rekayasa Perangkat Lunak UI dan UX Aplikasi Peminjaman Kendaraan Dinas Operasional pada Sudin Pusip JT,” vol. 6, no. 1, pp. 22–29, 2024.
N. N. Mazaya and S. Suliswaningsih, “Perancangan Ui/Ux Aplikasi ‘Dengerin’ Berbasis Mobile Menggunakan Metode Design Thinking,” Komputa J. Ilm. Komput. dan Inform., vol. 12, no. 2, pp. 39–49, 2023, doi: 10.34010/komputa.v12i2.10157.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Riska Mutiara, Eni Heni Hermaliani

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.










