Brosur Digital untuk Fitur Eksterior Produk Otomotif berbasis Markerless Augmented Reality

Penulis

  • Aries Suharso Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Jajam Haerul Jaman Universitas Singaperbangsa Karawang
  • Alex Mulyana Universitas Singaperbangsa Karawang

DOI:

https://doi.org/10.54914/jtt.v6i1.237

Kata Kunci:

Aspek Penilaian, Brosur Digital, Markerless Augmented Reality

Abstrak

Secara tradisional, brosur banyak digunakan dalam penyampaian informasi tentang suatu produk. Seiring dengan perkembangan teknologi, brosur ini dapat diubah menjadi brosur digital yang bersifat interaktif dalam bentuk aplikasi Android. Salah satunya adalah dengan mengimplementasikan augmented reality agar konten aplikasi dapat berinteraksi dengan lingkungan ketika aplikasi ini digunakan. Metode augmented reality yang digunakan disini adalah markerless augmented reality. Hasil pengujian menggunakan rating scale menunjukkan bahwa aplikasi brosur digital yang dikembangkan tergolong baik dan dapat bermanfaat baik bagi tenaga pemasaran produk mobil Suzuki Ertiga maupun bagi pelanggan

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

M. Madani, A. Setyanto, and A. F. Sofyan, “Penerapkan Augmented Reality Pada Media Promosi ( Brosur ) STMIK Bumigora Mataram Berbasis Android,†J. Teknol. Inf., vol. 13, no. 3, pp. 108–115, 2018.

A. Putra Nugraha, O. Komarudin, A. Suharso, U. S. Karawang, and J. H. S. Ronggowaluyo, “Aplikasi Brosur Virtual Universitas Singaperbangsa Karawang Menggunakan Teknologi Augmented Reality (Studi Kasus : Universitas Singaperbangsa Karawang),†vol. 6, no. 2, pp. 85–95, 2017.

S. Y. Tan, H. Arshad, and W. K. Obeidy, “Car Advertisement for Android Application in Augmented Reality,†Int. J. Inf. Syst. Eng., vol. 2, no. 1, pp. 80–91, 2014.

R. E. Saputro and D. I. S. Saputra, “Pengembangan Media Pembelajaran Mengenal Organ Pencernaan Manusia Menggunakan Teknologi Augmented Reality,†J. Buana Inform., vol. 6, no. 2, pp. 153–162, 2015.

A. Z. Prabowo, K. I. Satoto, and K. T. Martono, “Perancangan dan Implementasi Augmented Reality sebagai Media Promosi Penjualan Perumahan,†J. Teknol. dan Sist. Komput., vol. 3, no. 1, pp. 161–170, 2015.

D. Kurniawan, Aristoteles, and M. Fathan, “Implementasi Teknologi Markerless Augmented Reality Berbasis Android untuk Mendeteksi dan Mengetahui Lokasi SPBU Terdekat di Kota Bandar Lampung,†J. Komputasi, vol. 3, no. 2, pp. 136–143, 2015.

B. Arnaldi, P. Guitton, and G. Moreau, Virtual Reality and Aughmented Reality : Myths and Realities. John Wiley and Sons, 2018.

A. Pramono, “Media Pendukung Pembelajaran Rumah Adat Indonesia Menggunakan Augmented Reality,†J. ELTEK, vol. 11, no. April, pp. 122–130, 2013.

A. Hidayat and A. Mujahiduddien, “Pembelajaran Bentuk Sendi Tulang Manusia Menggunakan Konsep Augmented Reality,†J. Siliwangi, vol. 3, no. 1, pp. 204-208. ISSN 2476-9312, 2017.

A. Suharso and M. Muhaimin, “Media Belajar Kerangka Manusia 3D Berbasis Magicbook Augmented Reality (AR) (Studi Kasus SMPN 1 Kota Baru),†UNSIKA Syntax J. Inform., vol. 5, no. 1, pp. 1–15, 2016.

J. Paavilainen, H. Korhonen, K. Alha, J. Stenros, E. Koskinen, and F. Mäyrä, “The Pokémon go experience: A location-based augmented reality mobile game goes mainstream,†Conf. Hum. Factors Comput. Syst. - Proc., vol. 2017-May, no. Figure 1, pp. 2493–2498, 2017.

A. Ufkes and M. Fiala, “A markerless augmented reality system for mobile devices,†Proc. - 2013 Int. Conf. Comput. Robot Vision, CRV 2013, pp. 226–233, 2010.

A. Gankuyag, B. Xiang, and V. Bonnevie, “Augmented Reality The Current and Potential Use of Augmented Reality in B2B,†pp. 36–48, 2015.

A. I. Comport, E. Marchand, M. Pressigout, and F. Chaumette, “Real-time markerless tracking for augmented reality: The virtual visual servoing framework,†IEEE Trans. Vis. Comput. Graph., vol. 12, no. 4, pp. 615–628, 2006.

S. K. Clarke, “Markerless Augmented Reality for Visualization of 3D Object in the Real World,†Dep. od Sci. Technol. Linkoping Univ., 2014.

Unduhan

Diterbitkan

2020-07-28

Cara Mengutip

[1]
A. . Suharso, J. Haerul Jaman, dan A. Mulyana, “Brosur Digital untuk Fitur Eksterior Produk Otomotif berbasis Markerless Augmented Reality”, j. teknologi terpadu, vol. 6, no. 1, hlm. 11–16, Jul 2020.

Terbitan

Bagian

Artikel