Optimasi Hybrid Invisible Watermarking RDWT-DCT-SVD menggunakan Algoritma PSO pada Citra Digital

Penulis

  • Oki Januar Insani Universitas Budi Luhur
  • nendi - - Universitas Budiluhur
  • Indra Nugraha Abdullah

DOI:

https://doi.org/10.54914/jtt.v6i1.230

Kata Kunci:

PSO, PSO watermarking, invisible watermark, hybrid watermarking, RDWT, DCT, SVD

Abstrak

Begitu mudahnya di era digital ini dalam menduplikasi dan mendistribusi berbagai macam informasi khususnya pada data citra yang membuat sebagian orang menggunakan untuk keperluan yang negatif karena dengan melakukan penyimpangan informasi citra tentu melanggar hak cipta intelektual dari kepemilikan data. Metode watermarking merupakan salah satu pendekatan untuk perlindungan hak cipta. Dalam penerapan watermark ada beberapa cara, salah satunya adalah hybrid invisible watermark. Penelitian oleh Anu Bajaj pada tahun 2013 yang menggabungan teknik RDWT-DCT-SVD dengan membuktikan hasil efisiensinya dengan nilai PSNR terhadap serangan yang berbeda. Namun pada saran penelitian tersebut menyebutkan bahwa kombinasi hybrid watermarking tidak aman, sehingga pada penelitian selanjutnya disarankan harus menambahkan keamanan berupa optimasi dari segi penyisipan informasi ke dalam citra masukannya, agar dapat meningkatkan skema penilaian PSNR yang aman dan lebih tinggi. Tujuan dari penelitian ini adalah penulis menambahkan algoritma PSO untuk dikombinasi dengan metode hybrid tersebut dengan tujuan dapat menghasilkan keamanan dari segi penyisipan dan menghasilkan peningkatan dari skema PSNR. Berdasarkan hasil analisis, pengujian dan komparasi dapat disimpulkan bahwa hybrid invisible watermarking RDWT-DCT-SVD dengan optimasi PSO memiliki hasil yang signifikan lebih tinggi dengan rata-rata 50 dB sehingga memiliki  kualitas imperceptibility yang lebih baik.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Biografi Penulis

nendi - -, Universitas Budiluhur

Mahasiswa Universitas Budiluhur

Referensi

A. Bajaj, “Robust And Reversible Digital Image Watermarking Technique Based On RDWT-DCT-SVD,” IEEE Int. Conf., pp. 1–5, 2014.

S. Gaur and V. K. Srivastava, “A hybrid RDWT-DCT and SVD based digital image watermarking scheme using Arnold transform,” 2017 4th Int. Conf. Signal Process. Integr. Networks, SPIN 2017, pp. 399–404, 2017.

P. Singh, “Robust Digital Color Image Watermarking in Hybrid Domain,” Int. J. IJLTEM, vol. 1, no. 1, pp. 33–41, 2016.

K. Loukhaoukha, M. Nabti, and K. Zebbiche, “A robust SVD-based image watermarking using a multi-objective particle,” Opto-Electronics Rev., vol. 18, pp. 45–54, 2013.

K. Kuppusamy, K. Thamodaran, “Hybrid Optimized Image Security Scheme for Copyright Protection, Authentication and Confidentiality Using PSO,” vol. 9, no. 6, pp. 129–146, 2013.

A. O. Adesina, H. O. Nyongesa, and K. K. Agbele, “Digital Watermarking : A State-of-the-Art Review,” IST-Africa 2010 Conf. Proc., pp. 1–8, 2010.

A. I. Hammouri, B. Alrifai, and H. Al-hiary, “An Intelligent Watermarking Approach Based Particle Swarm Optimization in Discrete Wavelet Domain,” IJCSI Int. J., vol. 10, no. 2, pp. 330–338, 2013.

S. Gaur, V. Kumar, “A RDWT and Block-SVD based Dual Watermarking Scheme for Digital Images” IJACSA Int. J., vol. 8, no. 4, 2017.

H. Rassem, M. Makbol, “Performance Evaluation of RDWT-SVD and DWT-SVD Watermarking schemes”, 2016.

Y. Han, X. Cui, “Research on Color Watermarking Algorithm Based on RDWT-SVD”, JECEI, vol. 5, no. 2, 2017.

Z. Krica, “A Robust Watermarking Scheme Based on the Mean Modulation of DWT Coefficients”, 2018.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2020-07-28

Cara Mengutip

[1]
O. . Januar Insani, nendi .-. -, dan I. Nugraha Abdullah, “Optimasi Hybrid Invisible Watermarking RDWT-DCT-SVD menggunakan Algoritma PSO pada Citra Digital”, j. teknologi terpadu, vol. 6, no. 1, hlm. 1–10, Jul 2020.

Terbitan

Bagian

Artikel