Perancanaan UI/UX Aplikasi pada Bengkel Mobil Tarno Berbasis Android dengan Menggunakan Metode Design Thinking

Penulis

  • Wulan Julianti Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap
  • M. Noviarsyah Dasaprawira Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap
  • Lasimin Universitas Nahdlatul Ulama Al Ghazali Cilacap

DOI:

https://doi.org/10.54914/jtt.v11i2.1795

Kata Kunci:

Android, Bengkel Mobil, Design Thinking, User Experience (UX), User Interface (UI)

Abstrak

Bengkel Mobil Tarno merupakan usaha jasa perbaikan kendaraan roda empat yang berlokasikan di Desa Karangkemiri dan telah beroperasi selama lebih dari tiga tahun. Namun, dalam kegiatan operasionalnya, bengkel ini masih mengandalkan pencatatan manual untuk mengelola data pelanggan, layanan servis, penjadwalan, dan riwayat perbaikan. Praktik manual tersebut menimbulkan sejumlah permasalahan seperti ketidakefisienan dalam pengelolaan data, keterlambatan pelayanan, serta potensi kesalahan pencatatan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukan pengembangan aplikasi Bengkelin berbasis Android yang bertujuan  menyederhanakan proses layanan bengkel. Perancangan aplikasi ini menggunakan pendekatan Design Thinking terdiri dari lima tahap, yaitu empathize, define, ideate, prototype, dan test, yang menitikberatkan pada pemahaman masalah yang dihadapi oleh pengguna, dan kebutuhan pengguna, serta penciptaan solusi yang tepat guna. Hasilnya adalah rancangan sederhana aplikasi dengan fitur utama yaitu pemesanan layanan, penjadwalan servis, pencatatan riwayat perawatan, metode pembayaran, dan pengelola akun. Desain antarmuka tersebut diharapkan dapat mendukung kelancaran proses layanan serta meningkatkan efisiensi operasional Bengkel Mobil Tarno.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

M. A. Krisnanda, R. S. Sianturi, and A. P. Kharisma, “Perancangan User Experience Aplikasi Pemesanan Bengkel berbasis Mobile menggunakan Metode Design Thinking (Studi Kasus Bengkel Harto Motors),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 6, no. 11, pp. 5113–5122, 2022.

I. P. Nalendra and G. Swalaganata, “Perancangan Prototype UI/UX Aplikasi Home Service Kendaraan Berbasis Mobile dengan Pendekatan Design Thinking,” J. Inf. Syst. Appl. Dev., vol. 2, no. 1, pp. 31–41, 2024, doi: 10.26905/jisad.v2i1.11044.

A. T. B. Adifatha, L. Fanani, and R. I. Rokhmawati, “Perancangan User Experience Aplikasi Mobile MECHANIC (Vehicle Maintenance Report) Menggunakan Metode Design Thinking Studi Kasus CV. CNS (Cirebon Niaga Sejahtera),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 6, no. 10, pp. 5064–5072, 2022.

I. M. S. Wedanta, I. P. A. Swastika, and A. . I. I. Paramitha, “Prototype User Interface Aplikasi Berbasis Website Bank Sampah Menggunakan Metode Design Thinking,” Jutisi J. Ilm. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 12, no. 3, pp. 1484–1494, 2023.

M. Trifena, A. Voutama, and A. A. Ridha, “Perancangan UI/UX Aplikasi Sistem Pendaftaran Rumah Sakit Saraswati Berbasis Mobile dengan Metode Design Thinking,” Inf. Manag. Educ. Prof., vol. 7, no. 2, pp. 113–123, 2023.

R. N. Fadilah and D. Sweetania, “Perancangan Design Prototype UI/UX Aplikasi Reservasi Restoran dengan Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Ilmu Tek., vol. 2, no. 2, pp. 132–146, 2023.

F. A. Chariria, “Perancangan UI/UX Aplikasi Mobile Peta Aksesibilitas Difabel dan Edukasi Masyarakat di Kabupaten Sleman dengan Metode Design Thinking,” SKRIPSI Fak. Teknol. Ind. Univ. Islam Indones., pp. 1–133, 2025.

F. Kurniawan, M. Firmansyah, R. Rijaya, S. Y. Sutanto, and M. R. Pribadi, “Penerapan Design Thinking pada Perancangan User Interface Aplikasi Supplier Sayur,” MDP STUDENT Conf. 2022, pp. 284–289, 2022.

P. A. Rohmah, “Implementasi Metode Design Thinking Pada Perancangan UI/UX Design Aplikasi FinTrack,” J. Tek. Inform. dan Sist. Inf., vol. 11, no. 3, pp. 299–311, 2024.

C. S. Surachman, M. R. Andriyanto, C. Rahmawati, and P. Sukmasetya, “Implementasi Metode Design Thinking pada Perancangan UI/UX Design Aplikasi Dagang.in,” J. TeIKa, vol. 12, no. 2, pp. 157–169, 2019.

Muryanto and S. Wahyuni, “Penerapan Metode Design Thinking pada Perancangan Aplikasi E-Ky Berbasis Web pada PT Pantja Inti Press Industri,” J. Inf. dan Komput., vol. 11, no. 2, pp. 118–128, 2023.

K. A. Lestari and R. Hikmawan, “Pembuatan Prototype UI/UX Aplikasi Penyewaan Sepeda Motor Untuk Masyarakat,” J. Media Infotama, vol. 19, no. 2, pp. 479–486, 2023.

S. B. Kurniawati, Supartini, R. Widyaswati, and K. Darmaningrum, “Penerapan Design Thinking dalam Mengidentifikasi Potensi Desa untuk Meningkatkan Pendapatan Asli Desa,” SOLUSI J. Ilm. Bid. Ilmu Ekon., vol. 22, no. 1, pp. 68–83, 2024.

H. P. Almeyda and M. A. W. Prasetyo, “Perancangan UI/UX Aplikasi Bengkel Pitcar Service Menggunakan Prototype Method,” CENTIVE, vol. 4, no. 1, pp. 1057–1069, 2024.

H. Y. Madawara, P. F. Tanaem, and D. H. Bangkalang, “Perancangan UI/UX Aplikasi KTM Multifungsi Menggunakan Metode Design Thinking,” J. Pendidik. Teknol. Inf., vol. 5, no. 2, pp. 111–125, 2022.

Unduhan

Diterbitkan

2025-12-18

Cara Mengutip

[1]
W. Julianti, M. N. Dasaprawira, dan L. Lasimin, “Perancanaan UI/UX Aplikasi pada Bengkel Mobil Tarno Berbasis Android dengan Menggunakan Metode Design Thinking”, j. teknologi terpadu, vol. 11, no. 2, hlm. 152–158, Des 2025.

Terbitan

Bagian

Artikel