Implementasi Teknologi Augmented Reality dalam Sains berbasis Android dengan Kartu Interaktif

Penulis

  • Nur Aminudin Universitas Aisyah Pringsewu
  • Mutmainah SMP Negeri 1 Sukoharjo
  • Afnan Zalfa Salsabila A Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional (STPN) Yogyakarta

DOI:

https://doi.org/10.54914/jtt.v10i2.1478

Kata Kunci:

Android, Augmented Reality, Kartu Interaktif, n-Gain, R&D

Abstrak

Perkembangan teknologi informasi membawa perubahan signifikan dalam pendidikan, terutama dalam memfasilitasi pembelajaran sains yang abstrak. Salah satu inovasi potensial adalah teknologi Augmented Reality (AR) berbasis android dengan kartu interaktif sebagai media pembelajaran. Penelitian ini bertujuan meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa melalui visualisasi interaktif yang memungkinkan eksplorasi materi secara mendalam. Penelitian menggunakan pendekatan Research and Development (R&D) dengan model ASSURE sebagai kerangka kerja. Model ini meliputi Analyze Learners, State Objectives, Select Media and Materials, Utilize Media and Materials, Require Learner Participation, serta Evaluate and Revise, yang mengintegrasikan kebutuhan pembelajaran dengan teknologi. Data diperoleh melalui tes pretes dan postes dalam observasi empat minggu. Analisis paired sample t-test menunjukkan peningkatan signifikan pada kelas eksperimen dengan n-gain 0,71 (kategori tinggi) dibanding kelas kontrol dengan n-gain 0,47 (kategori sedang). Faktor utama perbedaan adalah keterbatasan akses perangkat AR di kelas kontrol. Hasil menunjukkan AR meningkatkan pemahaman dan keterlibatan siswa. Namun, keterbatasan sampel dan kebutuhan infrastruktur menjadi hambatan. Penelitian selanjutnya disarankan mengeksplorasi efektivitas AR dalam skala lebih besar dan dampaknya terhadap hasil belajar jangka panjang.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

Referensi

A. Junaedy, A. Huraerah, A. W. Abdullah, and A. Rivai, “Pengaruh Teknologi Informasi Dan Komunikasi Terhadap Pendidikan Indonesia,” J. Penelit. dan Kaji. Sos. Keagamaan, vol. 18, pp. 133–146, 2021, [Online]. Available: https://dx.doi.org/10.31958/jaf.v11i2.10548

eLearning Industry, “Immersive Learning: How Virtual And Augmented Reality Are Transforming Higher Education,” eLearning Industry, 2023. https://elearningindustry.com/immersive-learning-how-virtual-and-augmented-reality-transforming-higher-education (accessed Nov. 13, 2024).

Merdeka.com, “Perbedaan VR dan AR, Lengkap dengan Kelebihan Kekurangannya,” Merdeka.com, 2023. https://www.merdeka.com/jabar/perbedaan-vr-dan-ar-beserta-kelebihan-kekurangannya-kln.html?page=5 (accessed Nov. 13, 2024).

M. P. Dr. Abd. Mukhid, "Desain Teknologi dan Inovasi Pembelajaran," Pertama. Yogyakarta: Pustaka Egaliter, 2023. [Online]. Available: http://repository.iainmadura.ac.id/904/1/DESAIN TEKNOLOGI DAN INOVASI PEMBELAJARAN.pdf

A. Fitriani, S. F. Rassyi, and S. Suyanto, “Pengembangan Media Pembelajaran 3D AR Budaya Sasambo: Pemahaman Budaya Sejak Dini,” J. Obs. J. Pendidik. Anak Usia Dini, vol. 8, no. 1, pp. 189–200, 2024, doi: 10.31004/obsesi.v8i1.5392.

O. O. Rita and G. Guspatni, “Augmented Reality (AR) Technology in Chemistry Learning, Literature Review: Forms, Barriers and Utilization of Augmented Reality (AR) in Chemistry Learning,” J. Pendidik. Tambusai, vol. 8, pp. 18552–18562, 2024, [Online]. Available: https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/15094

B. M. Abdullah, F. H. Nasution, and K. M. Parapat, “Pemanfaatan Media Pembelajaran Ipa Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa DI SD Negeri 060928 Medan,” J. Ilmu Pendidik. Islam, no. 2, pp. 1–7, 2024, doi: https://doi.org/10.59059/al-tarbiyah.v2i2.972.

Z. Mufidah, M. Darmayanti, and A. Hendriani, “Implementasi Pembelajaran Augmented Reality di Sekolah Dasar : A Systematic Literature Review and Bibliometric Analysis,” J. Belantika Pendidik., vol. 7, no. 1, pp. 38–45, 2024, [Online]. Available: https://kayonmedia.com/jurnal/index.php/bp/article/download/265/143

S. A. Ashari, H. A, and A. M. Mappalotteng, “Pengembangan Media Pembelajaran Movie Learning Berbasis Augmented Reality,” Jambura J. Informatics, vol. 4, no. 2, pp. 82–93, 2022, doi: 10.37905/jji.v4i2.16448.

M. S. Rizka Mukhlisiah, S.E., Manajemen Keuangan Di Era Digital, Pertama. Serang-Banten: PT SADA KURNIA PUSTAKA, 2024. [Online]. Available: https://repository.ipmi.ac.id/2498/1/Ebook_Manajemen Keuangan Di Era Digital.pdf

A. Munandar, “Pengembangan Aplikasi Android untuk Mendukung Pembelajaran Listening Bahasa Inggris Kelas XI SMAN 1 Boyan Tanjung,” J. Penelit. Inov., vol. 2, no. 3, pp. 511–542, 2023, doi: 10.54082/jupin.111.

Monsterar, “9 Aplikasi AR untuk Pembelajaran, Tingkatkan Mutu Pendidikan,” Monsterar, 2023. https://monsterar.net/2023/07/25/aplikasi-ar-untuk-pembelajaran/ (accessed Nov. 13, 2024).

F. Desianti, “Efektivitas Penggunaan Media Augmented Reality (AR) dalam Meningkatkan Literasi Sains Siswa Kelas VI pada Pembelajaran IPA di MI NU Jatirejo Pemalang,” Universitas Islam Negeri K.H. Abdurrahman Wahid Pekalongan, 2024. [Online]. Available: http://etheses.uingusdur.ac.id/9515/1/2320073_Cover_Bab I dan Bab V.pdf

A. Priliyanti, I. W. Muderawan, and S. Maryam, “Analisis Kesulitan Belajar Siswa Dalam Mempelajari Kimia Kelas Xi,” J. Pendidik. Kim. Undiksha, vol. 5, no. 1, pp. 11–18, 2021, doi: 10.23887/jjpk.v5i1.32402.

N. Alfitriani, W. A. Maula, and A. Hadiapurwa, “Penggunaan Media Augmented Reality dalam Pembelajaran Mengenal Bentuk Rupa Bumi,” J. Penelit. Pendidik., vol. 38, no. 1, pp. 30–38, 2021, doi: 10.15294/jpp.v38i1.30698.

F. A. Nur’aini and N. Arfinanti, “Systematic Literature Review: Media Pembelajaran Berbasis Android Untuk Memfasilitasi Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis,” Griya J. Math. Educ. Appl., vol. 4, no. 2, pp. 180–189, 2024, doi: 10.29303/griya.v4i2.437.

D. Turistyanto, W. Sumarni, and K. Kasmui, “Pengembangan Media Pembelajaran Augmented Reality Book Versi Android pada Materi Hidrokarbon,” Proceeding, 2017.

K. W. Utama, M. K. Rahayu, L. F. Azizah, Winarti, J. W. Sitopu, and V. Wiliyanti, “Pengaruh Penggunaan Teknologi Augmented Reality Dalam Pembelajaran Ipa Terhadap Pemahaman Materi Pembelajaran,” J. Rev. Pendidik. dan Pengajara, vol. 6, no. 3, pp. 7813–7821, 2024, [Online]. Available: https://www.medigraphic.com/pdfs/educacion/cem-2017/cem172y.pdf

lmsspada.kemdikbud.go.id, “Literasi dan Media Pembelajaran IT,” lmsspada.kemdikbud.go.id, 2023. https://lmsspada.kemdikbud.go.id/mod/forum/discuss.php?d=10124 (accessed Nov. 13, 2023).

U. P. Sari et al., “Jawa Barat 40154 3 Program Studi Pendidikan Teknologi Informasi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan,” Jl. HR. Soebrantas No.Km, vol. 06, no. 03, pp. 17672–17679, 2024.

A. I. Nuresqi, H. Tasdiki, M. A. L. Putra, and F. P. Sopian, “Pemanfaatan Virtual Reality dan Augmented Reality dalam Bidang Pendidikan,” https://informatics.uii.ac.id/, 2023. https://informatics.uii.ac.id/2023/12/12/pemanfaatan-virtual-reality-dan-augmented-reality-dalam-bidang-pendidikan/

Zakirman and C. Rahayu, “Popularitas WhatsApp sebagai media komunikasi dan berbagi informasi akademik mahasiswa,” Shaut al-Maktabah J. Perpustakaan, Arsip dan Dokumentasi, vol. 10, no. 1, pp. 27–38, 2018, doi: 10.15548/shaut.v10i1.7.

M. R. Rachim, A. Salim, and Q. Qomario, “Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pembelajaran Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Dalam Pendidikan Modern,” J. Ris. dan Inov. Pembelajaran, vol. 4, no. 1, pp. 594–605, 2024, doi: 10.51574/jrip.v4i1.1407.

E. Y. Lorin, H. Hindarto, and C. Taurusta, “Penerapan Augmented Reality dalam Pendidikan Anatomi Manusia di Sekolah Menengah,” Indones. J. Appl. Technol., vol. 1, no. 3, p. 15, 2024, doi: 10.47134/ijat.v1i3.3067.

Y. Huda, E. Tasrif, R. E. Sari, and R. R. K. Costa, “Literature Review : Penggunaan Media Augmented Reality dalam Pendidikan Kejuruan,” JTEV (Jurnal Tek. Elektro dan Vokasional), vol. 9, no. 1, p. 27, 2023, doi: 10.24036/jtev.v9i1.121703.

D. D. A. Ridwan, M, Zulhajji, “Pengembangan Media Pembelajaran Aplikasi Augmented Reality Berbasis Android untuk Pembelajaran DNA Dan RNA,” Univ. Negeri Makassar, 2021, [Online]. Available: http://eprints.unm.ac.id/20325/

W. A. Uno, “Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Augmented Reality untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep IPA,” J. Pendidik. dan Pembelajaran, vol. 4, no. 1, pp. 28–33, 2024.

M. Munawir, A. Rofiqoh, and I. Khairani, “Peran Media Interaktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran SKI di Madrasah Ibtidaiyah,” J. AL-AZHAR Indones. SERI Hum., vol. 9, no. 1, pp. 63–71, 2024, [Online]. Available: http://dx.doi.org/10.36722/sh.v9i1.2828

Dudu Suhandi Saputra, Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality, Pertama. Jawa Barat: Perkumpulan Rumah Cemerlang Indonesia, 2021. [Online]. Available: https://www.rcipress.rcipublisher.org/index.php/rcipress/catalog/download/777/1302/2134-1?inline=1

P. G. Pamekasan, “MUBTADI : Jurnal Pendidikan Ibtidaiyah,” vol. 5, no. 2, pp. 126–135, 2024.

Reinaldi, “Pengembangan Media Simulasi Berbasis Augmented Reality pada Mata Pelajaran IPA KELAS VI MI DDI Kalukuang Makassar,” Universitas Negeri Makassar, 2020. [Online]. Available: https://eprints-unm-ac-id.webpkgcache.com/doc/-/s/eprints.unm.ac.id/23969/2/SKRIPSI.pdf

Z. Insani and F. M. Firdaus, “Pengembangan Aplikasi Bangun Ruang berbasis Augmented Reality ( AR ) untuk Meningkatkan Kecerdasan Spasial dan Self-Regulated Learning,” vol. 8, no. 5, pp. 1185–1196, 2024, doi: 10.31004/obsesi.v8i5.6141.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-24

Cara Mengutip

[1]
N. Aminudin, M. Mutmainah, dan A. Z. S. A, “Implementasi Teknologi Augmented Reality dalam Sains berbasis Android dengan Kartu Interaktif”, j. teknologi terpadu, vol. 10, no. 2, hlm. 134-`141, Des 2024.

Terbitan

Bagian

Artikel