Pengembangan Aplikasi Game Pengenalan Jenis-jenis Virus Berbasis RPG
DOI:
https://doi.org/10.54914/jtt.v10i2.1249Kata Kunci:
MDLC, pengenalan jenis-jenis virus, perangkat digital, remaja, role playing gameAbstrak
Masyarakat global telah terdampak secara signifikan oleh pandemi COVID-19 baik dari segi kesehatan, pendidikan, ekonomi, sosial, dan budaya. Perangkat digital semakin banyak digunakan untuk tujuan hiburan guna melawan kebosanan di tengah pembatasan aktivitas fisik. Namun, perilaku ini juga dapat mengurangi kepatuhan terhadap protokol kesehatan, yang dapat menyebabkan tingginya kasus COVID-19. Pentingnya edukasi mengenai virus semakin ditekankan, terutama bagi remaja yang merupakan kelompok kunci dalam mencegah penyebaran infeksi virus. Oleh karena itu, diperlukan media yang dapat mengenalkan berbagai jenis virus dan strategi bertahan hidup. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat aplikasi game "V-Fight" berbasis RPG untuk pengenalan jenis-jenis virus di kalangan remaja. Penelitian ini menggunakan metodologi pengembangan perangkat lunak yang menerapkan Multimedia Development Life Cycle (MDLC), yang terdiri dari Concept, Design, Material Collecting, Assembly, Testing, dan Distribution. Uji validasi yang dilakukan terhadap 35 responden memperoleh tingkat validitas sebesar 76,38%. Hal ini menunjukkan bahwa game yang diuji coba memiliki kriteria yang cukup untuk dapat dikatakan sebagai media pembelajaran yang efektif.
Unduhan
Referensi
[1] F. H. Saputri and F. Ferawati, “Development of Game Recognition Covid-19 Variants, Symptoms, and Vaccinations Based on RPG,” Sinkron, vol. 7, no. 4, pp. 2241–2247, 2022, doi: 10.33395/sinkron.v7i4.11584.
[2] D. R. A. U. Khasanah, H. Pramudibyanto, and B. Widuroyekti, “Education in the Time of the Covid-19 Pandemic,” J. Sinestesia, vol. 10, no. 1, pp. 41–48, 2020.
[3] D. Riadi, “Perancangan Game RPG (Role Playing Game) ‘SIGNA’ Berbasis Android,” Universitas Islam Riau, 2022.
[4] R. A. Tanjung, F. Damayanti, and S. Sundari, “Perancangan Aplikasi Game Edukasi Covid-19 ‘Escape From Virus,’” Snastikom, pp. 295–302, 2021.
[5] Katie Salen and E. Zimmerman, Rules of play: game design fundamentals. MIT Press, 2003.
[6] M. Yunus, I. F. Astuti, and D. M. Khairina, “Game Edukasi Matematika Untuk Sekolah Dasar,” Inform. Mulawarman J. Ilm. Ilmu Komput., vol. 10, no. 2, p. 59, 2015, doi: 10.30872/jim.v10i2.192.
[7] D. Prayoga, Lili Rusdiana, and Fenroy Yedithia, “Pengembangan Game 2D Platformer ‘Virus Must Die’ Berbasis Android Menggunakan Unity,” J. SAINTEKOM, vol. 12, no. 2, pp. 200–209, 2022, doi: 10.33020/saintekom.v12i2.340.
[8] A. V. Vitianingsih, “Game Edukasi Sebagai Media Pembelajaran PAUD,” J. Inf., vol. 1, no. 1, pp. 1–8, 2016.
[9] A. V. Vitianingsih, A. Firmansyah, A. L. Maukar, A. Choiron, and D. Cahyono, “Pengembangan Aplikasi Game Edukasi Sejarah Sunan Kalijaga Berbasis Android,” JKTP J. Kaji. Teknol. Pendidik., vol. 6, no. 1, p. 001, 2023, doi: 10.17977/um038v6i12023p001.
[10] U. Umair and H. A. Tawakal, “Pengembangan Aplikasi Permainan Pembelajaran Matematika menggunakan Model-Driven Game Development,” J. Teknol. Terpadu, vol. 7, no. 1, pp. 39–44, Jul. 2021, doi: 10.54914/jtt.v7i1.346.
[11] W. Wibawanto, Game Edukasi RPG (Role Playing Game). LPPM UNNES, 2020.
[12] S. D. Prasetyo, A. V. Vitianingsih, A. Choiron, D. Cahyono, and A. Wikaningrum, “Aplikasi Game Simulasi 3D Pencegahan Bullying Anak Remaja Berbasis Role Playing Menggunakan Metode FSM dan BT,” KLIK Kaji. Ilm. Inform. dan Kompute, vol. 4, no. 6, pp. 2803–2812, 2024, doi: 10.30865/klik.v4i6.1901.
[13] R. E. Fitriyani and S. Nita, “Implementasi Game Edukasi ‘ BaCovi ’ Basmi Covid Berbasis Android dengan RPG Maker Engine,” prosiding.unipma.ac.id, pp. 507–519, 2021.
[14] R. Arpiansah, Y. Fernando, and J. Fakhrurozi, “Game Edukasi VR Pengenalan dan Pencegahan Virus Covid-19 Menggunakan Metode MDLC untuk Anak Usia Dini,” J. Teknol. dan Sist. Inf., vol. 2, no. 2, pp. 88–93, Jul. 2021, doi: 10.33365/JTSI.V2I2.867.
[15] I. N. Sukajaya, A. V. Vitianingsih, S. N. S. Mardi, K. E. Purnama, M. Hariadi, and M. H. Purnomo, “Multi-parameter dynamic difficulty game’s scenario using Box-Muller of Gaussian distribution,” in 2012 7th International Conference on Computer Science & Education (ICCSE), 2012, pp. 1666–1671. doi: 10.1109/ICCSE.2012.6295384.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Dwifa Yuda Pradana, Anik Vega Vitianingsih, Dwi Cahyono, Anggit Wikaningrum, Seftin Fitri Ana Wati
Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.