https://journal.nurulfikri.ac.id/index.php/JIT/issue/feed Jurnal Informatika Terpadu 2024-03-27T08:52:58+00:00 LPPM STT Nurul Fikri journal@nurulfikri.ac.id Open Journal Systems <p><strong>Jurnal Informatika </strong><strong>Terpadu</strong> memuat jurnal ilmiah di bidang Ilmu Komputer, Sistem Informasi dan Teknik Informatika. Jurnal Teknologi Terpadu diterbitkan oleh <strong><span style="font-family: helvetica; font-size: small;"><span style="font-family: helvetica; font-size: medium;">LPPM STT Terpadu Nurul Fikri </span></span> </strong>dengan periode dua kali dalam setahun, yakni pada bulan Maret dan September. Jurnal Informatika Terpadu Telah terakreditasi nasional <strong>Sinta 5</strong> sesuai dengan SK <a href="https://arjuna.kemdikbud.go.id/files/info/Pemberitahuan_Hasil_Akreditasi_Jurnal_Ilmiah_Periode_I_Tahun_2022.pdf" target="_blank" rel="noopener" data-saferedirecturl="https://www.google.com/url?q=https://arjuna.kemdikbud.go.id/files/info/Pemberitahuan_Hasil_Akreditasi_Jurnal_Ilmiah_Periode_I_Tahun_2022.pdf&amp;source=gmail&amp;ust=1656648737620000&amp;usg=AOvVaw39ioQmEsKly0c61PfSzpuO">No 105/E/KPT/2022 </a>yang dikeluarkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.</p> <p>ISSN : <em><a title="2460-8998" href="http://issn.pdii.lipi.go.id/issn.cgi?daftar&amp;1441077935&amp;1&amp;&amp;">2460-8998</a> </em>(Online)</p> <p><em>E-mail</em> : <em><a href="mailto:journal@nurulfikri.ac.id">journal@nurulfikri.ac.id</a></em></p> <p><em>Website</em> : <a href="https://journal.nurulfikri.ac.id/index.php/JIT"><em>http://journal.nurulfikri.ac.id/index.php/JIT</em></a></p> <p><em>Kontak : <a href="https://wa.me/6285174443360" target="_blank" rel="noopener">+62 851 7444 3360</a> (WhatsApp)</em></p> https://journal.nurulfikri.ac.id/index.php/JIT/article/view/1001 Pembuatan Desain UI/UX dengan Metode Prototyping pada Aplikasi Layanan Pengadilan Negeri Bale Bandung menggunakan Figma 2024-02-21T03:00:05+00:00 Mamok Andri Senubekti mamokandri@digitechuniversity.ac.id Geovanny Lea Dajoreyta giovanny20360013@digitechuniversity.ac.id Novita Anggraini novitaanggraini@digitechuniversity.ac.id <p><em>Prototyping</em> yang dilakukan oleh seorang UI/UX <em>Designer</em>, merupakan elemen kritikal dalam pengembangan aplikasi. Proses ini memungkinkan perencanaan yang lebih matang terhadap tampilan aplikasi dengan mempertimbangkan kebutuhan pengguna, sehingga memudahkan kerja <em>programmer</em>. Studi kasus penelitian ini berfokus pada Pengadilan Negeri Bale Bandung, yang menginginkan pengembangan aplikasi berbasis peningkatan dari aplikasi Era-Terang. Aplikasi Era-Terang, yang dirancang untuk memudahkan masyarakat dalam pengajuan permohonan surat keterangan, masih memiliki beberapa kekurangan. Oleh karena itu, aplikasi yang dikembangkan bertujuan untuk mengeliminasi kebutuhan fisik mendatangi pengadilan untuk pengiriman berkas atau pendaftaran. Dalam penelitian ini, metode <em>prototyping</em> diaplikasikan menggunakan alat desain Figma. Prosesnya meliputi pengumpulan data awal, identifikasi masalah, pembuatan alur penggunaan, kerangka kerja, sketsa, dan desain antarmuka akhir. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi Layanan Pengadilan Negeri Bale Bandung, yang dikembangkan dengan metode <em>prototyping</em>, berhasil meningkatkan kualitas pengalaman pengguna. Hal ini dibuktikan melalui pengujian aplikasi, di mana pengguna menyatakan bahwa aplikasi tersebut mudah untuk digunakan dan dipahami. Berdasarkan umpan balik pengguna ini, dapat disimpulkan bahwa aplikasi berhasil memenuhi tujuan awalnya, yaitu untuk menciptakan solusi yang mudah, efektif, dan efisien bagi masyarakat dalam mengakses layanan pengadilan. Ini menegaskan pentingnya pendekatan berbasis <em>prototyping</em> dalam pengembangan aplikasi, khususnya dalam meningkatkan aksesibilitas dan kemudahan layanan publik.</p> 2024-03-27T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 Mamok Andri Senubekti, Geovanny Lea Dajoreyta, Novita Anggraini https://journal.nurulfikri.ac.id/index.php/JIT/article/view/1000 Aplikasi Pengukuran Kayu Berbasis Android pada SMK Kehutanan (Studi Kasus SMK Kehutanan Sobat Bumi) 2024-02-29T08:57:39+00:00 Erna Liani erna20360058@digitechuniversity.ac.id Riki Purba rikipurba@stembi.ac.id Novita Anggraini novitaanggraini@digitechuniversity.ac.id <p>Aplikasi android menjadi sistem operasi populer di seluruh dunia karena perkembangannya, aplikasi android juga berpengaruh pada dunia pendidikan sebagai penunjang media pembelajaran. Pada SMK Kehutanan Sobat Bumi diperlukan media serta alat untuk praktik pengukuran kayu. Pengolahan serta media yang masih manual mengakibatkan sering terjadinya <em>human error </em>atau media yang digunakan sering rusak dan juga menghabiskan waktu. Dalam permasalahan tersebut, dibutuhkan media dan alat ataupun aplikasi pengukuran kayu berbasis android untuk membantu dan mempermudah perhitungan, pengolahan, dan pencatatan data sehingga data yang dihasilkan lebih akurat. Penelitian ini menggunakan metode pengumpulan data dan metode <em>waterfall </em>sebagai pengembangan sistem aplikasi. Pada tahap penulisan kode, digunakan rumus baku pengukuran kayu Indonesia yaitu . Hasil penelitian menunjukkan aplikasi pengukuran kayu berbasis android membantu siswa-siswi SMK Kehutanan dalam proses hitung kubikasi kayu lebih akurat. Adapun media atau alat pencatatan dan pengolahan data akan lebih praktis dan dapat digunakan sebagai media implementasi dari pemanfaatan aplikasi android.</p> 2024-03-27T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 Erna Liani, Riki Purba, Novita Anggraini https://journal.nurulfikri.ac.id/index.php/JIT/article/view/1054 Analisis Algoritma K-Nearest Neighbor terhadap Sentimen Pengguna Aplikasi Shopee 2024-03-05T03:43:29+00:00 Muhammad Saifurridho muhammadsaifurridho17@gmail.com Martanto Martanto jawabanujianmartanto@gmail.com Umi Hayati umi.haya41@gmail.com <p>Salah satu cara untuk menguji pemikiran dan perasaan (sentimen) pengguna aplikasi terhadap suatu barang, jasa, atau subjek tertentu adalah dengan melakukan analisis sentimen terhadap ulasan yang diunggah di <em>platform</em> Google Playstore. Ada begitu banyak aplikasi yang tersedia di Google Playstore, salah satunya adalah Shopee. Karena komentar pengguna di kolom <em>review</em> sangat banyak dan tidak teratur, akan sulit untuk memahami keseluruhan informasi dengan cepat dan tepat. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui klasifikasi sentimen positif, negatif dan netral, dengan harapan aplikasi Shopee dapat berkembang lebih baik. Oleh karena itu, Algoritma <em>K-Nearest Neighbor</em> digunakan untuk melakukan analisis sentimen guna memastikan pendapat pengguna terkait interaksinya dengan program Shopee. Analisis sentimen digunakan dalam penelitian ini untuk mengategorikan ulasan ke dalam kelompok positif, netral dan negatif. 2000 data digunakan dalam pengujian ini didapat melalui <em>web scraping</em>, di mana 70% adalah data latih dan 30% adalah data uji. Hasil pengujian menunjukkan bahwa skenario pembagian data latih dan uji tersebut menghasilkan model terbaik yang menghasilkan nilai akurasi sebesar 70%, nilai presisi sebesar 50,5%, <em>recall</em> sebesar 44,8%, dan <em>f1-score</em> sebesar 48,3% untuk keseluruhan. Untuk mendapatkan hasil yang lebih maksimal, diperlukan penerapan teknik sampling data yang lebih optimal guna mencapai distribusi kelas yang lebih seimbang pada data latih dan uji.</p> 2024-03-27T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 Muhammad Saifurridho, Martanto Martanto, Umi Hayati https://journal.nurulfikri.ac.id/index.php/JIT/article/view/1060 Implementasi Keamanan Jaringan dengan Metode Security Profiles menggunakan Fortigate pada Komisi Aparatur Sipil Negara 2024-03-07T06:53:48+00:00 Fauzi Rizki Arbie fauzi.arbie@gmail.com Mugi Raharjo mugi.mou@nusamandiri.ac.id <p>Kemajuan teknologi saat ini membuat semua pekerjaan yang dilakukan tidak lepas dari penggunaan jaringan internet, baik untuk mengakses halaman situs untuk mencari informasi maupun penggunaan aplikasi sebagai media untuk bekerja. Setelah dilakukan penelitian mendalam, ditemukan bahwa manajemen dan keamanan jaringan yang digunakan pada Komisi Aparatur Sipil Negara Pancoran masih menggunakan pengaturan <em>default</em>, menyebabkan penggunaan internet yang kurang efisien ketika waktu kerja, juga rentan terhadap serangan dari luar. Keamanan jaringan sangat penting untuk melindungi data yang terkoneksi dalam jaringan baik dari sisi pengguna maupun dari <em>server</em>. Selain itu administrator kesulitan untuk mengontrol hak akses terhadap <em>web</em> dan aplikasi yang tidak berkaitan dengan kebutuhan organisasi atau instansi. Untuk memudahkan administrator mengontrol serta meningkatkan keamanan jaringan, maka optimalisasi penggunaan <em>firewall</em> fortigate 500E sangat diperlukan. Dengan mengimplementasikan metode <em>security profiles</em> pada perangkat fortigate tersebut, maka akan memudahkan untuk mengatur lalu lintas jaringan pada jam – jam yang sudah diatur serta meningkatkan keamanan jaringan terhadap serangan dari luar yang tidak bertanggung jawab. Dengan implementasi metode <em>security profiles</em> tersebut, web dan aplikasi yang tidak sesuai dengan tujuan organisasi dapat di blok secara otomatis sesuai waktu yang sudah diatur dan keamanan jaringan pada Komisi Aparatur Sipil Negara Pancoran akan terjaga. Dengan implementasi ini penggunaan internet di Komisi Aparatur Sipil Negara dapat lebih stabil dengan menentukan <em>priority</em> akses terhadap aplikasi yang sering digunakan.</p> 2024-03-27T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 Fauzi Rizki Arbie, Mugi Raharjo https://journal.nurulfikri.ac.id/index.php/JIT/article/view/1084 Analisis Model Kano pada Rancang Bangun Game Belajar Bahasa Inggris Berbasis Android pada Sekolah Dasar 2024-02-21T03:09:51+00:00 Gerson Feoh gerson.feoh@undhirabali.ac.id Komang Tri Sutrisna Agustia trisutrisna@undhirabali.ac.id Ida Bagus Neo Kurnia Amadea neokurniaamadea@undhirabali.ac.id <p>Proses belajar bahasa Inggris di SDN 5 Gulingan masih terkesan monoton dan kurang menarik, sehingga minat dan motivasi belajar siswa rendah. Hal ini mendorong upaya untuk meningkatkan keterlibatan dan partisipasi siswa melalui implementasi gamifikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengimplementasikan gamifikasi dalam proses belajar bahasa Inggris di SDN 5 Gulingan, serta mengukur tingkat kepuasan pengguna terhadap fitur-fitur gamifikasi yang diterapkan. Penelitian ini menggunakan model ADDIE dalam pengembangan gamifikasi, yang meliputi tahap analisis, desain, pengembangan, implementasi, dan evaluasi. Model Kano digunakan untuk mengukur tingkat kepuasan pengguna terhadap fitur-fitur gamifikasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa fitur-fitur gamifikasi, seperti poin, lencana, papan peringkat, dan fitur kuis, dapat meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa. Fitur-fitur ini juga membantu siswa memahami materi pembelajaran dengan lebih mudah dan menyenangkan. Implementasi gamifikasi dalam proses belajar bahasa Inggris di SDN 5 Gulingan terbukti efektif dalam meningkatkan minat, motivasi, dan efektivitas belajar siswa. Hal ini menunjukkan bahwa gamifikasi dapat menjadi solusi untuk mengatasi permasalahan pembelajaran yang monoton dan kurang menarik.</p> 2024-03-27T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 Gerson Feoh, Komang Tri Sutrisna Agustia, Ida Bagus Neo Kurnia Amadea https://journal.nurulfikri.ac.id/index.php/JIT/article/view/1085 Perancangan Website Pembelajaran Bahasa Jepang dengan Fokus Materi Klausa melalui Metode Waterfall 2024-02-29T08:57:21+00:00 Dimas Ardiansyah dimasaja2963@gmail.com Ade Irma Purnamasari irma2974@yahoo.com <p>Minat bahasa Jepang semakin meningkat di Indonesia, khususnya di LPK IHMI Cirebon, seiring dengan pertumbuhan hubungan bilateral dan teknologi informasi. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan pembelajaran bahasa Jepang khususnya materi klausa bahasa Jepang melalui perancangan <em>website</em> di LPK IHMI Cirebon. Metode konvensional yang kurang interaktif menjadi hambatan bagi partisipasi aktif pembelajar. Pendekatan inovatif diusulkan dengan memanfaatkan <em>website</em>, terutama melalui platform <em>WordPress</em>, dan mengacu pada buku <em>"Minna no Nihongo"</em> sebagai sumber materi pembelajaran yang komprehensif. Pemilihan platform <em>WordPress</em> didasarkan pada kemudahan penggunaan dan integrasinya dengan layanan lainnya. LPK IHMI Cirebon menghadapi tantangan sumber daya pembelajaran dan metode konvensional yang kurang interaktif, berdampak pada partisipasi siswa, kemajuan, motivasi, dan pemahaman. Metode penelitian <em>Waterfall</em> digunakan dengan fokus mengembangkan modul pembelajaran web, terutama pada bab 22 <em>"Minna no Nihongo"</em> tentang materi klausa bahasa Jepang yang masih dianggap materi tersulit dalam bahasa Jepang. Implementasi melibatkan integrasi teknologi pembelajaran, terutama <em>Artificial Intelligence</em>, untuk meningkatkan interaktivitas. Hasil pengujian menunjukkan <em>website</em> bekerja sesuai yang direncanakan dengan tingkat efektivitas yang sesuai sebesar 100% dan memberikan kinerja positif sebagai alat pembelajaran bahasa Jepang sebesar 95%.</p> 2024-03-27T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 Dimas Ardiansyah, Ade Irma Purnamasari https://journal.nurulfikri.ac.id/index.php/JIT/article/view/764 Implementasi Visualisasi Log Server Web dengan ELK Stack: Analisis Kasus Log Akses pada Sistem Elena di Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri 2024-03-19T04:31:44+00:00 Hera Karmila herakarmila@gmail.com Henry Saptono henry@nurulfikri.ac.id <p>Sekolah Tinggi Teknologi Terpadu Nurul Fikri (STT NF) adalah salah satu lembaga pendidikan tinggi yang berfokus pada bidang teknologi informasi. STT NF memiliki sistem pembelajaran <em>online</em> berbasis web yang bernama Elena. Sistem Elena dapat diakses secara <em>online</em> yang mana aktivitas tersebut akan terekam oleh server dalam bentuk data akses log. Pada data akses log berisi informasi <em>IP </em>pengguna, waktu akses, permintaan yang dikirim, <em>browser website</em> yang digunakan dan lainnya. Akses log memiliki informasi yang berguna untuk memantau kinerja server dan lain-lain. Namun sistem Elena memiliki kendala berupa data akses log yang bentuknya teks sehingga sulit dibaca dan jumlah data yang banyak. Berdasarkan hal tersebut penelitian ini memiliki tujuan dalam menyediakan sistem yang digunakan untuk menyimpan, mengolah dan memvisualisasikan data akses log sistem Elena STT NF secara otomatis menggunakan <em>scriptse</em>. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah metode pengembangan (<em>Development Research</em>). Hasil yang didapatkan pada penelitian ini adalah visualisasi berupa informasi penting dari data akses log sistem Elena. Pada penelitian ini melalui beberapa tahapan penelitian yakni analisis, perancangan, implementasi, dan pengujian. Pada pengujian visualisasi didapatkan hasil 100%dan pengujian mengirimkan data log ke Elasticsearch didapatkan hasil 100%, sehingga penelitian ini efektif diimplementasikan.</p> 2024-03-27T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 Hera Karmila, Henry Saptono https://journal.nurulfikri.ac.id/index.php/JIT/article/view/1086 Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Aset Berbasis Web untuk Menghitung Penyusutan Fiskal 2024-02-28T01:16:06+00:00 Nasrul Nasrul nasrul99@gmail.com Henry Saptono henry@nurulfikri.ac.id Edi Wibowo ediwibowo@nurulfikri.ac.id Amalia Amalia amalia@nurulfikri.ac.id <p>Pengelolaan aset yang efektif merupakan komponen penting dalam menjaga stabilitas keuangan dan operasional suatu lembaga. Di STT Terpadu Nurul Fikri, pengelolaan aset masih mengandalkan proses manual, yang mengakibatkan kurang efisiensi dan meningkatkan risiko terhadap kesalahan. Salah satu aspek yang krusial dalam pengelolaan aset adalah perhitungan penyusutan fiskal, sebuah proses yang mempertimbangkan pengurangan nilai aset selama masa pemakaian untuk keperluan fiskal atau perpajakan. Meskipun esensial, proses perhitungan penyusutan fiskal di STT Terpadu Nurul Fikri masih bergantung pada penggunaan <em>Spreadsheet Excel</em> secara manual. Pendekatan ini rentan terhadap kesalahan, sulit dilacak, dan memerlukan waktu yang cukup lama. Penelitian ini bertujuan untuk merancang dan mengembangkan sebuah sistem informasi manajemen aset berbasis web menggunakan <em>Framework Laravel</em>, dengan metode pengembangan perangkat lunak <em>Extreme Programming</em> (XP), yang memberikan fleksibilitas bagi pengembang untuk menyesuaikan diri dengan perubahan kebutuhan dan memastikan kualitas produk yang dihasilkan. Kesimpulan dari penelitian ini adalah dengan menggunakan pendekatan XP dan memanfaatkan <em>Framework Laravel</em>, pengembangan sistem ini diharapkan dapat memberikan solusi yang efektif dalam mengatasi tantangan yang dihadapi dalam pengelolaan aset, sehingga mempermudah pihak manajemen STT Terpadu Nurul Fikri untuk mengelola asetnya dan memudahkan dalam melakukan perhitungan penyusutan fiskal asetnya.</p> 2024-03-27T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 Nasrul, Henry Saptono, Edi Wibowo, Amalia https://journal.nurulfikri.ac.id/index.php/JIT/article/view/1099 Usability Testing pada Aplikasi Kas Berbasis Android dan Teknologi API menggunakan Metode System Usability Scale 2024-02-28T01:30:37+00:00 Nurul Ibnu Al Muharom ibnoemuharrom@gmail.com Nana Suarna nana.ikmi@gmail.com Raditya Danar Dana radith_danar@yahoo.com <p>Aplikasi manajemen kas digunakan untuk menyimpan data transaksi dan membuat laporan kas masuk dan kas keluar yang lebih efektif daripada menggunakan buku. Tetapi, saat ini belum dilakukan pengujian <em>usability</em> sehingga cukup sulit untuk menentukan langkah pengembangan aplikasi ke depannya. Tujuan penelitian ini adalah mengukur tingkat kebergunaan aplikasi manajemen kas berbasis android menggunakan metode <em>System Usability Scale </em>(SUS) yaitu 10 pertanyaan kuesioner <em>skala likert</em> yang di sebar kepada responden dengan hasil akhir berupa skor 0-100. Jumlah responden sebanyak 15 orang yang merupakan karyawan CV. Jaya Mukti. Pengujian ini dilakukan untuk mengetahui tingkat kemudahan dan kepuasan pengguna. Hasil dari penelitian memperoleh skor 84,7, skor tersebut menunjukkan tingkat persentil sebesar 96%, <em>Grade Scale </em> A, <em>Acceptability Ranges</em> masuk dalam kategori <em>Acceptable </em>artinya dapat diterima, serta <em>Adejctive Rating</em> masuk dalam kategori <em>Excellent</em>. Jika dikorelasikan dengan NPS masuk pada kategori <em>promoter </em>artinya pengguna akan merekomendasikan aplikasi. Hasil tersebut menunjukkan bahwa aplikasi dapat diterima oleh pengguna dan sudah sangat baik serta berada di atas standar nilai kegunaan yang sudah ditetapkan. Penelitian ini juga menghasilkan 4 rekomendasi perbaikan berdasarkan hasil jawaban kuesioner sehingga dapat menjadi evaluasi untuk pengembangan aplikasi ke depannya.</p> 2024-03-27T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 Nurul Ibnu Al Muharom, Nana Suarna, Raditya Danar Dana https://journal.nurulfikri.ac.id/index.php/JIT/article/view/793 Penerapan ISO 9001:2015 untuk Peningkatan Layanan Website BMKG.GO.ID dalam Mendukung Penyebaran Informasi Bencana Gempa Bumi 2024-03-23T16:00:53+00:00 Andriana Dwi Hastanto dmailxx@gmail.com April Rustianto april.rustianto@dosen.nurulfikri.ac.id <p>ISO 9001:2015 merupakan sebuah standar atau pedoman bertaraf internasional di bidang Sistem Manajemen Mutu (SMM). Penerapan SMM tidak terbatas pada industri tertentu dan dapat disesuaikan dengan sifat, jenis dan ukuran organisasi. Penelitian ini merupakan sebuah kajian akademis dari implementasi ISO 9001:2015 terhadap pelayanan yang diberikan oleh situs www.bmkg.go.id. Khususnya dalam upaya mendukung diseminasi informasi gempa bumi. Variabel penelitian ini adalah persepsi kepuasan pengguna yang dikumpulkan melalui survei oleh PUSJARKOM BMKG pada tanggal 15 Maret 2022. Terdiri dari empat pertanyaan atau instrumen penelitian, jawaban untuk setiap pertanyaan adalah dalam bentuk narasi persepsi yang kemudian dilakukan pemberian nilai atau bobot berdasarkan Skala Likert. PUSJARKOM BMKG menggunakan teknik modifikasi Skala Likert dengan menghilangkan alternatif netral, agar jawaban responden jelas. Dengan jumlah responden sebanyak 753 orang, berhasil didapat untuk nilai kepuasan layanan sebesar 94,5%, nilai kesesuaian layanan sebesar 98,4%, nilai kecepatan layanan sebesar 95,4%, dan nilai kepercayaan layanan sebesar 77,2%. Hasil dari kuesioner ini, diuji validitas dan reliabilitasnya secara statistik dengan bantuan perangkat lunak <em>Python</em>. Hasil validitas untuk setiap instrumen tersebut adalah sah, dan hasil reliabilitas untuk variabel penelitian dinyatakan andal berdasarkan nilai Cronbach’s Alpha 0,652.</p> 2024-03-27T00:00:00+00:00 Hak Cipta (c) 2024 Andriana Dwi Hastanto, April Rustianto