Rancang Bangun Sistem Pendeteksi dan Pengenalan Angka Pada Meteran Air PDAM Menggunakan Metode Template Matching Correlation

Penulis

  • Indra Hermawan

DOI:

https://doi.org/10.54914/jtt.v1i2.39

Abstrak

Pada penelitian ini akan dijelaskan mengenai sistem pendeteksi dan pengenalan angka pada meteran PDAM menggunakan metode template matching correlation. Tujuan dari pengembangan sistem ini adalah untuk meningkatkan akurasi pencatatan penggunaan air bersih. Secara garis besar sistem ini dibagi menjadi tiga tahapan yaitu pengolahan awal citra, pendeteksian dan pengenalan. Pada tahapan pengolahan awal citra terdiri dari konversi citra, penajaman citra, denoising citra, dan binerisasi citra. Pada tahapan pendeteksian, proses diawali dengan segmentasi citra menggunakan bounding box kemudian dilanjutkan dengan normalisasi citra. Setelah objek angka dideteksi maka dilakukan proses pengenalan menggunakan metode template matching correlation. Pada proses ini suatu citra input akan dibandingkan dengan citra dalam database dengan cara menghitung nilai korelasi. Berdasarkan hasil pengujian, sistem pendeteksian dan pengenalan menggunakan template matching correlation memiliki tingkat akurasi pengenalan baik dengan akurasi pengenalan 98,86%.

Unduhan

Data unduhan belum tersedia.

##submission.downloads##

Diterbitkan

2015-12-20

Cara Mengutip

[1]
I. Hermawan, “Rancang Bangun Sistem Pendeteksi dan Pengenalan Angka Pada Meteran Air PDAM Menggunakan Metode Template Matching Correlation”, j. teknologi terpadu, vol. 1, no. 2, Des 2015.

Terbitan

Bagian

Artikel